Don't Miss

Ini Dia Faktor Kegagalan Usaha dan Penyebab Kegagalan Bisnis Baru

By on September 23, 2009
faktor-kegagalan-usaha-baru

Ini Dia Faktor Kegagalan Usaha dan Penyebab Kegagalan Bisnis BaruAnda tahu 9 dari 10 bisnis baru hancur di 5 tahun pertama? Berikutnya lebih kejam lagi. Dari yang mampu bertahan tadi, 9 dari 10 usaha tersebut luluh lantak karena berbagai sebab.

Nah, faktor kegagalan usaha atau penyebab kegagalan bisnis baru tersebut ada dua. Faktor kegagalan usaha yang pertama : Tidak adanya rencana bisnis yang memadai, dengan kata lain adalah lemahnya perencanaan bisnis.

Sering dikatakan bahwa “kegagalan merencanakan bisnis berarti merencanakan untuk gagal”. Bisnis adalah sebuah rencana, bukan produk atau prosedur.

Perencanaan yang baik memperkirakan hal-hal tak terduga, tetapi akan tetap utuh dan terus digunakan selama tahun-tahun awal yang penuh dengan tantangan dan cobaan. Bahkan menurut Robert T Kiyosaki : separuh dari pekerjaan entrepreneur adalah merencanakan (nah loh, fursing juga khan, sama, saya juga). Disinilah Anda dituntut untuk sabar, kunci sukses bisnis Anda.

Faktor kegagalan usaha yang kedua : Kebanyakan pemilik bisnis tidak menyiapkan diri untuk menghadapi dunia bisnis yang sesungguhnya. Sembilan dari sepuluh bisnis baru gagal, walaupun telah membuat perencanaan yang mempromosikan peluang-peluang besar.

Kenyataan penyebab kegagalan bisnis tersebut bukan karena  penulisan perencanaannya yang buruk, tapi ia tidak menyiapkan diri untuk menghadapi dunia bisnis yang sesungguhnya. Inilah penyebab kegagalan bisnis yang paling sering menimpa bisnis baru.

Jadi sebelum Anda memulai “bagaimana” membuat perencanaan agar penyebab kegagalan bisnis Anda bisa terkendali, penting sekali Anda untuk menjawab 2 pertanyaan berikut ini :

  1. Seberapa besar keinginan Anda untuk menang?
    Ini adalah pertanyaan pertama untuk diajukan kepada diri Anda sendiri sejalan dengan dimulainya perjalanan mengubah harapan atau impian Anda menjadi perencanaan yang bagus. Jika dorongan dari untuk memulai sebuah bisnis tidak cukup besar, unsur “bagaimana” dari sebuah perencanaan menjadi tidak berarti. Anda beresiko tidak bisa mengatasi penyebab kegagalan bisnis.
  2. Apakah Anda siap secara mental untuk memiliki bisnis Anda sendiri?
    Memulai bisnis sendiri benar-benar menyita waktu yang Anda miliki. Sebagian besar orang ingin sukses dalam bisnis, tetapi tidak bersedia pertama-tama untuk menyediakan waktunya dalam membuat perencanaan bisnis. Ini juga faktor kegagalan usaha yang paling sering menimpa jika seseorang ingin memulai usaha.

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

14 Comments

  1. tokopandawa.com

    June 5, 2012 at 13:08

    terima kasih, utnuk artikelnya,,.

    di tunggu artikel selanjutnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>