Don't Miss

Kesabaran, Kunci Sukses Bisnis Anda

By on September 30, 2009

kesabaran, kunci sukses bisnis anda

Kesabaran, Kunci Sukses Bisnis Anda

Anda pernah dengar kata-kata berikut ini?

“Kunci dari segala hal adalah kesabaran. Anda bisa mendapatkan ayam dari mengerami telur, tidak memecahkannya.” Arnolg Glasgow

Saya pernah menulis artikel ini untuk situs www.bisnisukm.com. Artikel tersebut telah menjadi hak pemiliknya. Namun akan saya ulas kembali, karena hal di atas sangat penting untuk kita pahami apabila kita ingin sukses membangun usaha.

Sadar dan tidak sadar, kita tahu bahwa perilaku setiap manusia saat ini selalu menginginkan kepuasan yang sifatnya instan, melakukan penjualan yang tidak terlalu lama, membeli makanan dengan layanan yang cepat, mengirimkan barang dengan antaran super kilat atau menarik perhatian dan bernegosiasi hanya dalam waktu sepuluh menit. Kebanyakan dari kita menginginkan segala sesuatunya terjadi dengan super cepat.

Perkembangan teknologi seperti internet, telepon seluler, mesin faks, pager, dan sebagainya, “memaksa” kita dapat memperoleh berbagai informasi hampir bersamaan dengan waktu kejadiannya. Generasi orang tua kita “tempo doeloe” harus menunggu terbitnya harian pagi atau sore untuk mendapatkan secuil berita.

Bahkan, untuk membuka situs yang terlalu lama-pun, kebanyakan dari kita tidak akan mau untuk bersabar.  Sepertinya kesabaran bukanlah nilai yang bagus pada millenium baru ini.

Tetapi dalam dunia bisnis, kesabaran masih dan akan selalu diperlukan. Kebanyakan enterpreneur sukses yang kelihatannya “tiba-tiba sukses”, sering kita dengar bahwa sebenarnya dia memerlukan waktu bertahun-tahun untuk mencapainya.

Kita bisa melihat, seorang dosen yang disebut “tiba-tiba sukses” dapat dipastikan memiliki pendidikan yang tinggi, sering melakukan riset, melanjutkan kuliah ke jenjang strata 2 dan sewaktu masih kuliah di S1, ia terus menerus mengerjakan tugas (sesuatu yang sangat berat bagi saya).

Hal serupa juga bisa terjadi kepada seorang atlet sepakbola ternama misalnya. Apa yang kita tidak tahu adalah tahun dimana waktunya dia habiskan untuk berlatih, mengikuti liga-liga kampung tanpa bayaran serta makan “nasi sayur bayem tahu krupuk” demi mengirit tetapi tetap bersemangat.

Jadi, benarlah apa yang dikatakan Arnolg Glasgow bahwa “kunci dari segala hal adalah kesabaran”. Dan berita buruknya, hal tersebut juga berlaku di dunia bisnis. Pasti dan akan selalu terus seperti itu. Tapi, hanya itulah modal utama dan kunci sukses bisnis Anda.

Dan ingatlah selalu, “…Anda bisa mendapatkan ayam dari mengerami telur, bukan dengan mengambil palu godam untuk memecahkannya…”, walaupun Anda selalu dan selalu ingin melakukan hal tersebut…

(sumber gambar : www.triratraining.com)

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

4 Comments

  1. TIANSHI Indonesia

    March 11, 2011 at 20:39

    … sabar akan membuakan hasil….

  2. erna widyawati

    September 15, 2011 at 10:27

    :))artikel bermanfaat untuk saya, begitu indah saling berbagi.
    Salam sukses selalu

  3. yoga

    June 27, 2012 at 21:32

    artikel yg sangat membantu dlm usha sy… menjadi motivasi,penyemangat dlm usha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>