Jangan Lakukan Apa yang Orang Gagal Lakukan


By on October 5, 2009
ciri orang gagal

Anda tahu alasan mengapa banyak orang tidak sesukses seperti apa yang mereka inginkan? Rasa takut! Ya, rasa takut yang berlebihan! Takut untuk melakukan kesalahan dan takut untuk gagal.

Perbedaan antara orang yang sukses dengan orang gagal hanya ditentukan oleh cara pandang terhadap “garis finis”. Orang yang sukses, mereka tidak peduli apakah melintasi “garis finis” di tempat pertama atau terakhir.

Yang mereka pikirkan hanya bagaimana caranya melintasi “garis finis” tersebut. Orang gagal, mereka berhenti sebelum menang. Mereka lari 95 meter dari pertandingan 100 meter setiap hari dalam hidup mereka.

Dalam dunia kewirausahaan, anda harus mengalahkan rasa takut itu. Jangan menunggu segalanya berjalan sempurna. Jangan lakukan apa yang orang gagal lakukan, “menunggu semua lampu menyala hijau”.

Mereka, orang-orang yang gagal ini, tiba-tiba terlihat seperti seorang “profesional dan perfeksionis”. Menunggu tiga hal muncul secara bersamaan. Satu : menemukan orang yang tepat, dua : menemukan peluang yang tepat dan tiga : mempunyai uang yang banyak.

Masalahnya, ketiga bagian itu jarang sekali muncul pada saat yang bersamaan. Seringkali mereka, orang gagal ini masih terpaku di depan garasi mereka dengan mesin yang masih mati. Diam di tempat dan selalu berandai-andai. Tentu saja, mereka tidak akan pernah gagal karena tidak pernah mencoba.

Dan sebagai seorang entrepreneur, anda HARUS tidak peduli apakah satu, dua atau bahkan semua lampu menyala merah.

Anda harus mencari dan menggabungkan peluang, uang dan orang yang tepat, bukan menunggu seperti yang orang gagal lakukan. Lampu yang menyala merah tidak mencegah seorang entrepreneur untuk tetap menjadi seorang entrepreneur.

Berpegang teguhlah pada tujuan anda. Fokus dan konsisten. Sekali anda mengambil keputusan, kalahkan rasa takut anda. Jangan lakukan apa yang dilakukan oleh orang gagalberubah pikiran setelah mengambil keputusan dan menunggu segalanya berjalan dengan sempurna

Sukses untuk anda…

(sumber gambar : denny-draco.blogspot.com)

Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

22 Comments

  1. Jerry and T'farmer

    April 16, 2010 at 11:29

    BETUL, BETUL, BETUL kawan kamu bener 100%, tapi menurutku apa iya harus pura2 tidak mengerti itu semua, apakah baiknya kita menganilisa itu juga seperti teori SWOT (strengh,weakness, opportunity and treat). and satu lagi manusia ada 4 tipe yang tidak boleh kita pura2 ngga tau (personality plus), bravo kawan, kalo mau panjang lebar bukan diblog ini mending kita calling aja

    • Om Nip-Nip

      April 16, 2010 at 11:31

      @Jerry : betul om…analisa dan personality harus tetap dipertimbangkan…sukses buatmu kawan…

  2. anto

    February 25, 2011 at 13:28

    Om nip nip,,,gagal maning gagal maning,,saya sampai bingung gmn caranya supaya sukses.fokus sudah,,kerja keras sudah tp nasib yg tdk berpihak.sy sudah coba main valas rugi 98an juta,,usaha sapi jg rugi krn harga turun drastis,,rugi sampai berpuluh2 juta dari 20an ekor sapi,waktu beli rata2 diatas 10 juta per ekor tp waktu jual cuma 4-9 juta per ekor,,sampai akhirnya cuma sy beliin sawah,tanah,kost2 an.klo usaha laundry gmn ya prospeknya??from anto ( pembaca setia dokterbisnis.net ) thanks

    • Om Nip-Nip

      February 26, 2011 at 07:13

      @Anto : woh…sama dengan saya. Memang begitu prosesnya mas. Tapi, biasanya kegagalan itu karena business plannya nggak begitu detail. Jadi coba dibikin detail rencana bisnisnya. Kalau laundry tergantung di lokasi mas Anto. Sudah jenuh apa belum. Monggo di cek… 🙂

  3. hyden07

    December 26, 2012 at 22:00

    Ya benar sekali Gan….mengapa harus takut dengan kegagalan, semua orang yg telah sukses pasti pernah melakukan kegagalan…..Tidak ada seorangpun di dunia ini sukses tanpa melewati kegagalan….pada dasarnya berapa banyaknya jumlah kegagalan bisa terobati dengan satu kesuksesan atau garis finish….
    terima kasih

  4. usman

    July 13, 2013 at 14:10

    jgn pernah anda libatkan sedikitpun modal ada unsur riba, ingat yg mengambil riba dan yg meminjami riba g bakal berkah (tenang meskipun untung tidak seberapa, sukses), sebaliknya
    kalau ingin modal pinjam tpi yg tanpa ada unsur riba, kan bisa kerjasama(bagi hasil), atau menikmati usaha yg dari nol(awal), aku juga msh usaha seadanya, kerjasama, dan yg paling penting bagiku adalah modal jujur

  5. siti Ramsiah

    October 13, 2015 at 08:50

    I Like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *