Don't Miss

Cara Gampang Menulis Surat Bisnis Enquiry Bahasa Indonesia

By on October 10, 2009

Pengertian surat bisnis enquiry adalah surat bisnis yang dibuat jika anda ingin mengetahui tentang suatu barang atau produk tertentu seperti sepatu, perabotan, makanan atau produk-produk yang lainnya.

Biasanya surat bisnis ini diperuntukkan apabila anda ingin mengetahui mutu, harga atau kapan barang tersebut bisa anda terima. Anda juga bisa menanyakan kapan pelaksanaan dan persyaratan jika anda membeli barang tersebut.

Langsung saja, pertama kali yang harus anda tulis adalah nama perusahaan anda, alamat serta tanggal kapan anda menulis surat. Letakan di pojok sebelah kanan kertas surat bisnis anda.

CV. Indah Mebel
Jalan Affandi No. 24
Jogja 55000
Indonesia

8 Oktober 2009

Setelah itu tulis nama orang yang akan anda kirimi surat bisnis. Jika anda tidak mengetahui namanya, tulis jabatannya. Kemudian tulis nama perusahaan berikut alamatnya. Untuk lebih jelasnya anda lihat contoh di bawah ini :

Kepada Yth.
Manager
PT. Jepara Furniture Jaya
Jl. Affandi No. 22
Jepara 13545

Pada alinea pertama, terangkan mengapa anda menulis surat bisnis tersebut.

Minggu lalu saya mengunjungi pameran mebel khas Jepara di Auditorium UPN “Veteran” Jogja, dan saya melihat mebel produksi perusahaan anda. Saya ingin mengetahui lebih jauh tentang barang-barang tersebut.

Alinea kedua, jelaskan secara rinci apa yang ingin anda ketahui.

Saya mempunyai sebuah toko di Jogja. Saya merasa desain terbaru mebel-mebel anda sangat diminati. Saya ingin mengetahui harga berbagai macam mebel yang anda produksi. Selain itu saya juga ingin menanyakan, berapa lama saya bisa menerima mebel tersebut setelah saya memesannya.

Untuk alinea ketiga, format surat bisnisnya bisa anda tulis seperti ini :

Saya sangat mengharapkan jawaban anda. Kemudian akhiri dengan kata Hormat saya dan tulis nama beserta jabatan anda dibawahnya. Contoh penulisannya seperti ini :

Saya sangat mengharapkan jawaban anda.

Hormat saya,

Haristya Nussanda
Kepala Bagian Pengadaan Barang

Catatan : anda tidak perlu menulis surat bisnis dengan huruf miring seperti diatas. Huruf miring disini saya maksudkan agar memudahkan anda dalam membedakan mana yang contoh surat bisnis dan mana penjelasannya. Untuk surat bisnis berbahasa Inggris, silahkan anda tunggu artikel selanjutnya.

Bagaimana sekarang? Anda sudah paham? Kalau ada yang menambahi, terutama tentang surat bisnis bahasa indonesia, silahkan. Saya tunggu respon anda.

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>