Percayai Info Usahanya, Tapi Buktikan Kebenarannya


By on October 10, 2009

Jika anda ingin membeli sebuah barang, pasti anda selalu berusaha untuk mendapatkan merek terkenal, kualitas yang bagus, kemasan yang baik atau desain yang inovatif.

Anda akan berusaha untuk mendapatkan informasi tentang barang yang akan anda beli untuk memastikan bahwa si penjual menawarkan yang terbaik bagi anda.

Dalam dunia bisnis dan investasi, hal itu juga berlaku. Memastikan info usaha mutlak untuk kita lakukan. Kita menginginkan aset dan investasi yang dibeli adalah yang terbaik bagi kita.

Sayangnya, seringkali kita tidak begitu teliti untuk mendapatkan info usaha, setidaknya tidak seperti saat kita hendak membeli sebuah kulkas, mebel atau handphone.

Kita terlalu percaya dengan opini yang terbentuk. Jarang sekali mencari tahu detail info usaha tersebut. Apalagi jika nominal keuntungannya besar dan membutuhkan modal kecil, sesuatu yang membuat angan-angan kita terbang. Pasti kita dengan segera akan mempercayai info usaha yang datang. Anda tahu mengapa kita bersikap seperti itu? Sederhana saja, yaitu harga yang harus kita bayar.

Kita mungkin harus menyediakan waktu yang lebih untuk mempelajari sebuah info usaha. Padahal kita sangat ingin beristirahat karena lelah bekerja seharian. Atau kita harus menyisihkan sedikit uang tanpa ada keuntungan untuk mendapatkan kebenaran sebuah info usaha.

Kita dipaksa berpikir lebih keras dan berusaha dengan lebih sabar dari yang biasanya untuk benar-benar dapat mempercayai sebuah info usaha. Sesuatu yang membuat kita harus keluar dari zona kenyamanan.

Jika anda tahu Napoleon Barragan, anda pasti bisa memetik pelajaran bisnis yang berharga dari dia. Napoleon Barragan adalah chairman dan CEO 1-800-MATTRESS, seorang pedagang yang menjual kasur selama lebih dari 20 tahun.

Dia selalu berusaha merk terbaik, kualitas terbaik, dan konstruksi yang paling inovatif, untuk memastikan bahwa dia menawarkan yang terbaik kepada konsumennya.

Napoleon beruntung dapat mempekerjakan seorang “vice president of merchandising” yang memiliki resume yang luar biasa di bisnis kasur. Tidak lama setelah menduduki jabatan tersebut, vice president tersebut berkata, “Mari kita sobek dan lihat sendiri apa saja yang ada di dalam kasur yang kita jual.”

Mereka menyobek kasur-kasur yang mereka jual dan ternyata mereka menemukan bahwa kasur tersebut tidak sesuai dengan kemasan serta materi pemasarannya seperti brosur, iklan dan janji yang ditawarkan kepada konsumen.

Napoleon Barragan selama ini selalu percaya dan ingin terus menjadi seseorang yang selalu percaya kepada orang lain, tetapi hal itu tidak menyurutkannya untuk mengikuti nasihat tentang yang diberikan vice president-nya : “Pahami isinya, dan ikuti janji yang telah diterapkan Microsoft; Percayai, Tapi Buktikan”.

Anda tidak perlu se-ekstrem itu. Tapi apabila anda mendapatkan info peluang usaha apalagi info bisnis terbaru, ingatlah selalu nasihat diatas, “Pahami isinya, dan ikuti janji yang telah diterapkan Microsoft; Percayai, Tapi Buktikan”.

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *