Ingin Poster Reklame Iklan yang Anda Pasang Aman? Baca Dulu Artikel Ini!


By on October 17, 2009

Pernahkah anda melihat beberapa petugas berseragam coklat turun dari mobil dan mencopoti papan reklame yang dipasang di jalan? Alangkah sayangnya jika media reklame yang terpasang di tempat strategis itu adalah milik anda.

Selain anda rugi biaya dan waktu, hal itu juga menunjukkan ketidakprofesionalan apabila sampai poster reklame iklan anda dicopot oleh petugas yang berwenang. Apalagi jika konsumen anda sampai mengetahuinya.

Proses pemasangan poster reklame iklan sebenarnya tidaklah serumit yang dibayangkan. Pemasangan papan iklan hanya didasarkan dari kepemilikan tanah dimana lokasi poster reklame iklan anda akan dipasang.

1. Pemasangan di tanah milik pribadi.
Jika pemasangan papan iklan dilakukan pada lahan milik pribadi, pemerintah daerah tidak akan banyak menyesuaikan dengan master plan daerah dimana anda tinggal. Mereka tidak perlu melakukan survei panjang dalam memberikan izin dan prosedur pengurusannya lebih ringkas.

2. Pemasangan di tanah milik pemerintah.
Jika poster reklame iklan anda dipasang di jalan, terminal, lapangan, atau di wilayah umum, pemerintah sangat memperhitungkan master plan dari area tersebut. Proses yang dilakukan lebih panjang karena memerlukan survei dan menghitung berbagai pertimbangan kelayakan seperti keamanan, kerapian dan lain sebagainya.

Anda juga harus mengetahui macam-macam papan reklame iklan yang menjadi perhitungan pemerintah daerah setempat. Reklame iklan tersebut adalah :

  • reklame papan / billboard
  • megatron
  • baliho
  • reklame cahaya / neon box
  • reklame kain
  • reklame stiker (merekat)
  • selebaran
  • reklame berjalan, termasuk pada kendaraan
  • reklame udara
  • reklame suara
  • reklame film / slide

Kemudian untuk tahap-tahap pengurusan izinnya, ada 5 tahapan yang harus anda lakukan :

1. Permohonan tertulis.
Anda bisa mengajukan permohonan kepada Kepala Daerah Tingkat II setempat dengan menggunakan formulir yang telah disediakan.

2. Penyertaan gambar teknis dan surat yang diperlukan.
Anda diwajibkan untuk memberikan gambar teknis dimana lokasi papan iklan akan dipasang, lengkap dengan skala yang bisa membantu perbandingan ukuran poster reklame iklan anda. Hal ini untuk memudahkan instansi terkait untuk membayangkan papan iklan anda dan mempertimbangkannya.

3. Pemberian jaminan pembongkaran.

Untuk pemasangan poster reklame iklan yang mengharuskan pembongkaran seperti instalasi listrik, instalasi telepon, instalasi air atau bangunan pemerintah yang telah jadi, anda diwajibkan untuk memberikan jaminan pembongkaran. Besarnya jaminan ini akan berbeda di tiap daerah. Anda bisa tanyakan lebih lanjut di instansi terkait dimana anda tinggal.

4. Survei petugas.
Tahap ini hanya dilakukan untuk pemasangan papan iklan yang dilakukan pada lokasi tanah milik pemerintah. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan adalah apakah poster reklame iklan anda tersebut mengganggu ketertiban, keamanan, kenyamanan, rasa kesusilaan atau kesehatan umum. Selain itu akan dilihat apakah reklame iklan anda mengganggu kepentingan pemerintah daerah dalam melakukan pembangunan di daerah tersebut atau tidak.

5. Pemberian ijin.
Jika semua tahapan diatas sudah  anda laksanakan, barulah izin memasang papan iklan tersebut bisa anda dapatkan. Anda sebagai pemilik reklame iklan juga diwajibkan bertanggung jawab secara penuh untuk memelihara reklame tersebut agar selalu dalam keadaan baik, wajib menyingkirkannya jika ijin masa pemasangan sudah berakhir dan menanggung resiko jika terjadi kecelakaan yang muncul akibat poster reklame iklan tersebut.

Tapi perlu anda ingat, meskipun izin pasang reklame sudah turun, kemungkinan papan iklan anda dicabut masih ada, terutama jika pemasangan reklame anda tidak memenuhi kewajiban-kewajiban yang sudah ditentukan bersama.

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

13 Comments

  1. Pasang Iklan

    March 20, 2010 at 16:48

    Terima kasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini

  2. agustri

    September 6, 2010 at 22:52

    salam kenal juga mas,

    saya ingin bertanya,
    cara memasang sebuah pengumuman misalnya kegiatan seminar atau acara reuni semisalnya di media cetak gimana ya mas?.

    thx…

  3. lena

    March 21, 2011 at 13:24

    Halo mas, saya minta tolong di bantu kalo saya di daerah jakarta barat ke mana ya saya minta ijin utk pemasangan iklan di perusahaan saya?
    Trus kalo papan iklan saya saya pasang di atas ruko dan utk neon box nya saya pasang di halaman ruko tapi ada papan yg agak keluar jalan, apakah itu juga dikenakan ijin pasang. Thanks banget ya mas utk infonya.

    • Om Nip-Nip

      March 22, 2011 at 07:24

      @Lena : Coba hubungi aja pemda di dinas perijinan. Bisa ditanyakan di kantor pemda setempat. Biasanya ntar diberitahu kok. Trus kalo masalah papan iklan, tergantung mbak. Bisa iya bisa nggak. Nanti kalo pas di kantor pemda bisa ditanyakan dengan catatan, dikasih info papan iklannya detail ke petugas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *