Strategi Pemasaran Internet Untuk Mempopulerkan Bisnis Anda


By on November 5, 2009

Anda pasti sudah kenal tentang pemasaran melalui internet bukan? Sudah banyak sebenarnya yang membahas apa itu pemasaran lewat internet. Beberapa blog yang saya rekomendasikan untuk anda baca adalah blogodolar.com, mashengky.com atau blognya cosaaranda.

Nah sekarang, sudah membaca artikel saya mengenai leverage? Kalau belum silahkan baca artikel tentang usaha modal kecil. Disitu saya membahas pentingnya sebuah leverage atau daya ungkit.

Salah satu leverage pemasaran yang bisa mendongkrak secara cepat penjualan anda adalah dengan menggunakan strategi pemasaran internet. Kata lainnya adalah  anda memasarkan produk atau jasa anda secara online.

Kemudian akan muncul pertanyaan, bagaimana caranya meningkatkan popularitas web bisnis kita? Karena popularitas sebuah situs biasanya berhubungan dengan penjualan produk. Benar demikian?

Untuk meningkatkan popularitas sebuah situs bisa dengan banyak trik. Strategi pemasaran internet yang paling sering dicari adalah cara bagaimana web kita “nangkring” di halaman pertama atau kedua dari situs mesin pencari.

Beberapa caranya adalah dengan memilih keyword yang tepat yang diletakkan baik di title tag, meta description tag atau meta keyword tag.

Selain itu  anda juga harus tahu apa yang membuat situs mesin pencari “tergila-gila” dengan situs anda, layaknya anda tertarik dengan lawan jenis. Situs web anda harus mempunyai “kecantikan” yang bisa menjadi magnit bagi spider dari situs mesin pencari sehingga situs web tersebut dicari-cari oleh situs mesin pencari.

Masih banyak cara-cara yang lainnya supaya situs kita terkenal (baca populer) dan dapat “nangkring” di halaman pertama, syukur bisa di urutan pertama.

Yang jelas, semua “bahasa planet” dari strategi pemasaran internet yang saya sebutkan diatas bisa anda dapatkan atau anda praktekan dengan bantuan konsultan pemasaran internet dan web programmer yang handal, jika anda tidak mempunyai keahlian di bidang itu.

Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang strategi pemasaran internet diatas. Yang ingin saya bahas adalah trik yang saya ketahui dari “Mr Bob Onggo” untuk meningkatkan link popularity. Pertimbangan saya adalah anda bisa memahami apa yang saya tulis tanpa saya menyebutkan “bahasa-bahasa planet” yang rumit bagi orang awam.

Beberapa trik strategi pemasaran internet tersebut adalah :

  1. Usahakan situs anda berisi konten dengan kualitas isi yang baik.
    Jika orang-orang mendapatkan situs web anda dengan konten yang berkualitas, orang-orang tersebut akan memberikan komentar atau pujian sambil menaruh link di situsnya yang mengacu ke situs web anda. Ini strategi pemasaran internet yang paling mujarab, tetapi butuh waktu.
  2. Berikan kode link.
    Strategi pemasaran internet yang kedua adalah permudah jika ada yang mau menaruh link pada situs orang lain yang mengacu ke situs anda. Taruhlah kode HTML dan tombol link di situs web anda (kalau anda tidak bisa, tanyakan atau mintalah bantuan pihak ketiga untuk mengurusi web anda). Mintalah kepada pengunjung agar mereka bisa menaruh link di situsnya yang mengacu ke situs web anda.
  3. Berikan hadiah atau buatkan halaman web khusus untuk barter link.
    Berikan hadiah bagi mereka yang menaruh link situs web anda di situsnya. Jenis link lain dalam bentuk seperti reciprocal link (link bolak-balik), teks atau iklan banner atau script untuk menukar link seperti linksmanager.com dapat sangat membantu pekerjaan anda tanpa terlalu direpotkan oleh pekerjaan teknis seperti itu (ini sangat membantu strategi pemasaran internet anda, terutama jika target pasar anda dari luar negeri).
  4. Link dengan situs web sejenis.
    Lakukan riset untuk mencari web sejenis. Kemudian cari tahu situs web mana saja yang me-link kesana dan hubungi mereka agar mau menaruh link di situs mereka yang mengacu ke situs web anda. Contohnya, situs web anda berjualan ikan asin, link ke situs web yang dari dan ke situs web agribisnis. Jadi prinsipnya tetap harus bolak-balik, dan ini akan saling menguntungkan. Jangan ke situs sepak bola apalagi situs porno.
  5. Gunakan iklan berbayar.
    Sisihkan anggaran anda untuk mendapatkan link berupa teks atau banner pada situs-situs web terkenal yang setipe atau sejenis dengan situs web anda dengan cara membayarnya. Tentu saja sangat menguntungkan jika URL situs web anda ada di semua direktori web utama seperti Yahoo!, ODP, NBCi atau Looksmart. Strategi pemasaran internet ini memang membutuhkan biaya. Tapi efeknya, web anda akan cepat mendapatkan kunjungan.

Kemudian saya masih ada sedikit cara dan tips yang sedikit “berbiaya” untuk dapat meningkatkan link popularity.

  1. Menggunakan paid advertising.
    Anda bisa beriklan dan memiliki space di situs web yang memang ditujukan untuk mempromosikan usaha. Contohnya: yogyes.com atau barangjasa.com. Pada umumnya mereka tidak memperbolehkan anda untuk mencantumkan alamat situs web anda dan hanya memberikan kapasitas terbatas untuk memasang produk atau jasa kita. Namun dengan menggunakan strategi pemasaran internet ini, contact form calon pelanggan akan ditujukan langsung ke email kita. Jadi anda akan punya database pelanggan.
  2. Email marketing.
    Strategi pemasaran internet ini bisa anda gabungkan dengan strategi pemasaran internet  yang pertama tadi. Anda buat database email pelanggan anda, kemudian kirimi mereka alamat situs web anda dengan sedikit penjelasan dan tentunya berdasarkan etika. Jangan terpancing untuk menjelaskan banyak-banyak. Cukup berikan penawaran yang sensasional, kemudian promosikan alamat situs web anda.
  3. Iklan di koran-koran.
    Anda bisa pasang iklan di koran-koran alamat situs web anda. Contohnya seperti ini. Jangan nama perusahaan anda yang tulisannya besar, tapi penawaran dan alamat web anda yang lebih besar dan jelas. Lebih jelasnya anda bisa lihat artikel saya tentang kesalahan pasang iklan di koran dan di majalah.
  4. Banner berjalan.
    Kalau anda punya mobil atau motor, tempeli dengan stiker yang besar-besar tulisan alamat situs web anda.

Yang jelas saya ingatkan kembali, kalau anda bingung dengan masalah teknis pembuatan web yang handal, saya sangat sarankan untuk menggunakan jasa pihak ketiga yang terpercaya.

Selain mereka lebih menguasai, anda juga tidak perlu menghabiskan waktu terlalu banyak dengan mempelajari dan membuat situs anda. Fokus anda pada pemasaran online saja dan jadilah internet marketer yang handal.

Anda memang harus pelajari bagaimana cara membuat situs bagus, tapi ingat, hanya sebatas anda tahu saja. Tidak sampai detail. Kecuali jika itu memang hobi anda.

Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

18 Comments

  1. aank

    May 20, 2012 at 00:47

    saya peraktekan langsung boz mkasihhhhh

  2. Dhani Andrean

    April 5, 2013 at 00:09

    Usaha ternak ikan lele dumbo

  3. wawang

    May 6, 2013 at 03:07

    patut dicoba…

  4. za darmo przez caly rok w plusie

    October 9, 2014 at 02:26

    Thanks for sharing your thoughts on cara pemasaran internet.
    Regards

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *