Usaha Counter Pulsa Saya Tidak Berkembang, Perlukah Membuka Cabang?

Saya pernah berdiskusi dengan seorang pengusaha bisnis pulsa dan (kalau tidak salah) bisnis handphone, namanya Pak Wildan.

Diskusi itu makin lama makin mengasyikan sampai beliau menanyakan kepada saya tentang usaha counter hp beliau yang omsetnya sedikit sekali.

Kemudian beliau mengatakan seperti ini, “Kayaknya saya harus buka cabang deh mas. Omsetnya sudah mentok nih.”

Dengan hati-hati dan tanpa bermaksud menggurui, saya katakan seperti ini. “Pak, kalau bapak mau buka cabang, apakah bapak sudah memastikan apakah hal itu solusi buat masalah usaha counter pulsa yang bapak hadapi sekarang? Jangan-jangan bukan itu solusi dari masalah bapak?”, kata saya.

Sepengetahuan saya, ada 4 cara untuk mengembangkan sebuah bisnis, yaitu :

  1. Menyalin keseluruhan mekanisme bisnis, yaitu menyalin mekanisme keuangan, pemasaran, sistem, hukum dan produk dari bisnis kita yang lama ke bisnis kita yang baru. Bahasa gampangnya adalah kita buka cabang baru. Cara ini banyak digunakan oleh pedagang eceran atau restoran.
  2. Membuat waralaba, yaitu anda mem-franchise-kan usaha anda. Contohnya seperti : McDonald, KFC, Kebab Turki BabaRafi, Tela-Tela, dan sebagainya.
  3. Membuat perusahaan go pubilc lewat IPO, dengan kata lain, menawarkan saham perusahaan kepada publik / umum. Prosesnya rumit sekali dan biasanya tidak cocok untuk perusahaan skala kecil dan menengah.
  4. Licensing dan joint ventures. Maksudnya, memungkinkan bisnis lain memproduksi produk kita untuk dijual.

Tapi ingat, semua cara pengembangan bisnis di atas hanya bisa dilakukan jika dan apabila sebuah bisnis sudah berjalan dengan baik! Jika tidak, bukannya omset besar yang anda dapatkan, tetapi masalah-masalah yang baru yang akan anda peroleh.

Untuk kasus diatas, pak Wildan berniat untuk menaikan omset dengan cara yang pertama, yaitu menyalin keseluruhan mekanisme bisnis usaha counter pulsanya.

Dan omset yang sedikit itulah yang menjadi indikasi kalau sistem bisnis pada bagian pemasaran usaha counter pulsa tersebut belum berjalan dengan baik. Perlu anda ketahui, pemasaran TIDAK SAMA dengan penjualan.

Pemasaran itu kompleks. Tapi intinya adalah anda harus bisa menjawab tiga pertanyaan berikut ini jika memang masalah pemasaran yang menjadi penyebab utama tidak berjalannya sistem bisnis anda.

  1. Apa yang diinginkan oleh konsumen saya dari produk atau jasa saya?
    Apakah pelayanan yang cepat, pulsa yang murah, pulsa operator seluler yang komplit, atau pelayanan yang ramah? Tanyakan pada konsumen anda. Lakukan riset pasar!
  2. Apakah saya sudah menargetkan konsumen dengan tepat?
    Pikirkan apakah anda ingin menargetkan mahasiswa, pegawai, atau pembeli yang memperhatikan harga.
  3. Apa manfaat unik dari produk atau jasa yang tidak dapat diperoleh konsumen saya dari tempat lain?
    Lihat dengan cermat dan putuskan dengan segera, apakah counter pulsa anda terkenal karena harganya yang lebih murah, atau pelayanannya yang lebih cepat, atau tempatnya yang lebih strategis atau lebih pagi jam bukanya.

Tiga pertanyaan diatas tidak hanya bisa anda praktekkan untuk memulai usaha counter hp. Anda bisa terapkan di usaha apa saja. Camkan baik-baik, karena apabila anda tidak bisa menjawab ketiga pertanyaan diatas, bisa dipastikan berpengaruh buruk terhadap bisnis anda. Karena dengan anda bisa menjawab 3 pertanyaan di atas, kemungkinan besar usaha anda punya nilai lebih dibandingkan dengan kompetitor anda.

Sekarang saya tanyakan kembali kepada anda. Kalau menurut anda, bagaimana solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah usaha counter handphone diatas?

Advertisement

Usaha Counter Pulsa Saya Tidak Berkembang, Perlukah Membuka Cabang?

20 Comments

  1. Saya sependapat dengan Mas Arifin.Bisnis pulsa hanya untuk melengkapi bisnis toko kelontong saya saja.Saya sudah lama bisnis pulsa hanya diam ditempat saja padahal sudah jual dengan harga yang murah.Menurut saya persaingan bisnis pulsa sudah sangat ketat sekali jadi tinggal menungggu keberuntungan.

  2. dicky says:

    klo usaha ga bisa diperdebatkan tapi di lakukan
    and saya ada satu cerita 2orang pemuda yang beda pemikiran tapi satu tujuan ya itu berjualan.
    anggap aja namanya tomas dan jojo.
    mereka di suruh seseorang berjualan sendal pada orang pedalaman,
    dan tomas berkata: (itu ide yang bagus soalnya suku pedalaman belum ada yang memakai sandal jadi akan lebih banyak peluang)
    tapi jojo berkata lain
    dan jojo berkata: (bagi saya itu ide yang kurang bagus soalnya suku pedalan tidak pernah pakai sandal n sandal tidak akan di perlukan oleh suku pedalaman, itu hal yang sia2).
    dan al-hasil walaupun dengan perjuangan yang sulit tomas mampuh menjual sandal pada seluruh suku pedalaman dan mencapai kesuksesan lebih awal. n jangan mengharapkan peluang tapi kita yang harus mencari peluang….!!!!
    intinya proses menentukan hasil n tanpa ada proses tidak akan menumbuhkan hasil.. ya hanya sedikit saran dari saya lebih baik melakukan seribu kesalahan dari pada tidak melakukannya sama sekali n hidup kita terlalu berarti untuk melakukan hal2 yang sederhana…

  3. Artikel nya sangat bermanfaat trimakasih smoga bermanfaat…. izin cpoas ya mas……..

  4. shifa says:

    salam ukhuwah,,
    sangat bermanfaat,, makasih atas pendat”y,, sangat membatu..

  5. FayedFarel FalenFaren says:

    Menurut pengalaman saya,usaha apapun bisa sukses,dan untuk outlet pulsa kunci keberhasilanx ada beberapa poin
    1.konsisten,jangan buka tutup,buka jam 07.00-24.00
    2.stock pulsa wajib lengkap,agar pelanggan tidak ragu untuk datang ket4 anda
    3.perbanyak kartu perdana,kalo anda punya meja etalase 2 meter isi semuanya dengan kartu
    4.wajib pasang papan harga,papan pomosi lainnya agar terlihat ramai
    @outlet pulsa sebaiknya punya pembukuan yang baik,agar anda tahu berapa omzet anda dan keuntungan anda dan juga stock barang harus selalu dipantau agar barang selalu ada

Leave a Comment

Usaha Counter Pulsa Saya Tidak Berkembang, Perlukah Membuka Cabang?