Jika Anda Sering Berbisnis Melalui Internet, Berhati-hatilah Terhadap Phising (Bagian 1)


By on November 18, 2009

Apakah anda adalah seorang pebisnis yang sering menggunakan internet untuk memasarkan produk anda? Atau anda sering melakukan proses jual beli menggunakan teknologi internet?

Mencari barang atau browsing situs tertentu mungkin? Atau anda mendapat pesan tertentu tentang penawaran produk? Hati-hati, jangan-jangan anda terkena phising.

Apa itu phising? Phising adalah kata plesetan dari bahasa Inggris yang berarti memancing. Dalam dunia yang serba terhubung secara elektronik saat ini, istilah phising banyak diartikan sebagai suatu cara untuk memancing seseorang ke halaman tertentu.

Para pelaku (phisers) berusaha memancing atau memperoleh data-data pribadi orang lain dengan menggunakan email dan situs-situs tertentu sebagai umpan.

Phising juga dapat diartikan sebagai tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit anda secara tidak sah.

Informasi ini kemudian akan dimanfaatkan oleh pihak penipu untuk mengakses rekening, melakukan penipuan kartu kredit atau memandu nasabah untuk melakukan transfer ke rekening tertentu dengan iming-iming hadiah.

Pelaku biasanya mengirimkan informasi yang seakan-akan si penerima e-mail mendapatkan pesan dari sebuah situs, lalu mengundangnya untuk mendatangi sebuah situs palsu. Pesan tersebut sangat menarik, seperti iklan online.

Situs palsu dibuat sedemikian rupa yang penampilannya mirip dengan situs asli. Ketika korban mengisikan password maka pada saat itulah penjahat ini mengetahui password korban. Penggunaan situs palsu ini disebut juga dengan istilah pharming.

Dan aksi ini semakin marak terjadi. Tercatat secara global, jumlah penipuan bermodus phising selama Januari 2005 melonjak 42% dari bulan sebelumnya.

Anti-Phishing Working Group (APWG) dalam laporan bulanannya, mencatat ada 12.845 e-mail baru dan unik serta 2.560 situs palsu yang digunakan sebagai sarana phishing.

Data statistik dari analis teknologi informasi Gartner menyebutkan bahwa 3,6 juta orang kehilangan uang pada tahun 2007 akibat penipuan phising ini.

Selain terjadi peningkatan kuantitas, kualitas serangan pun juga mengalami kenaikan. Artinya, situs-situs palsu itu ditempatkan pada server yang tidak menggunakan protokol standar sehingga terhindar dari pendeteksian.

Anda ingin tahu tips bagaimana cara menghindari dan menangkal phising, baik itu phising yahoo, phising email, atau phising fb alias phising facebook? Baca kelanjutannya di postingan berikutnya tentang phising filter.

Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

3 Comments

  1. blog buat bisnis

    December 13, 2009 at 03:34

    benar sekali sobat, kita harus hati-hati dalam mengisikan data2 pada program2 yang tidak jelas / scam….

    thanks atas pencerahannya

  2. Om Nip-Nip

    December 13, 2009 at 05:33

    sama-sama mas “blog buat bisnis” 🙂

  3. oele

    January 10, 2010 at 12:51

    betul sekali mas…
    dukung lah….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *