Cara Mudah Memahami Apa Itu Laporan Neraca dan Apa Fungsi Utamanya

By on November 20, 2009

Sebagai seorang pengusaha, anda diharuskan untuk mengetahui apa itu laporan neraca, satu dari sekian laporan keuangan.

Begitu pentingnya laporan ini sampai-sampai laporan keuangan perusahaan yang satu ini, ada yang mengistilahkan balance sheet, adalah laporan yang bisa digunakan untuk menunjukkan kekayaan dan kemiskinan perusahaan.

Saya tidak begitu ahli dalam masalah akuntansi. Tapi “guru bisnis” saya secara tidak langsung pernah berkata bahwa “jika kamu buta dengan semua laporan keuangan, bersiaplah dengan kehancuran bisnismu”.

Karena arus kas (baca : keuangan) merupakan pondasi bagi kelangsungan jalannya sebuah bisnis.”

Maka dari itu, saya akan coba terangkan dengan sesederhana mungkin apa itu laporan neraca, satu dari sekian laporan keuangan yang mesti anda pelajari.

Seperti yang saya sebutkan diatas, laporan neraca adalah laporan yang bisa menunjukkan kekayaan dan kemiskinan usaha anda.

Laporan ini menunjukkan posisi keuangan usaha anda pada waktu tertentu. Misalkan anda punya laporan neraca untuk jam 11.00 siang tanggal 31 Desember 2008. Itulah posisi keuangan anda pada jam dan tanggal tersebut, yang segera berubah bila ada input atau masukan lain.

Saya contohkan seperti itu agar anda paham, karena biasanya anda mendapat laporan keuangan setiap akhir tahun atau minimal 3 bulan sekali.

Masih dari laporan neraca, anda bisa melihat berapa banyak yang pernah ditanamkan pemilik modal, berapa imbalan yang didapat dari investasi tersebut, berapa banyak bagi hasil yang mesti ditanggung atau berapa banyak jatah pajak maupun jatah karyawan yang belum dibayarkan.

Anda juga bisa tahu berapa hutang dagang yang belum mampu anda bayar, seberapa besar uang kas alias uang tunai di kantong perusahaan anda atau berapa banyak order ditangan anda lewat deposit para konsumen.

Pendeknya adalah, dari laporan neraca, anda akan tahu uang yang masuk ke kantong perusahaan anda tersebut dari pemberian siapa saja, bersemayam di bagian mana saja dan keluar lewat lubang pintu yang mana saja.

Satu lagi, laporan neraca juga bisa berfungsi untuk meramalkan atau memperkirakan bagaimana masa depan perusahaan anda.

Seperti biasa, anda tidak perlu tahu hingga detail laporan neraca atau balance sheet ini. Anda yang perlu mengetahui bagaimana cara membacanya dan apa maksud dari angka yang tertera di laporan tersebut bagi bisnis anda.

Masalah bagaimana cara membuatnya, entah itu laporan neraca perusahaan dagang, laporan neraca perusahaan manufaktur, atau laporan neraca perusahaan jasa, serahkan ke ahlinya. Kecuali kalau memang anda ahlinya…

Bagaimana sekarang, sudah mulai ada gambaran? Saya harap sudah tentunya.

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. sopia

    October 22, 2012 at 20:00

    saya mau tanya kalo perusahaan event itu dalam penyusunan laporan keuangan seperti apa..apakah sama dengan perusahaan dagang..?? klo boleh adakah contohnya..terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>