Jangan Ladeni Para Pesaing, Buat Mereka Tak Relevan!


By on November 20, 2009

Anda butuh info atau referensi buku bisnis? Blue Ocean Strategy adalah buku bisnis best seller yang layak untuk anda jadikan koleksi buku bisnis internasional anda.

Buku ini memang bukan buku baru, tapi wacana dan pemahaman yang dikemukakan perihal persaingan & kompetisi yang sengit di era modern ini membuat konsep bisnis yang ditawarkan buku ini tidak lekang dimakan zaman.

Jika anda telah puas dengan kondisi bisnis anda yang sekedar bisa bertahan hidup, jangan membaca buku ini.

Namun, jika anda ingin melakukan perubahan, menciptakan sebuah perusahaan bermasa depan menguntungkan bagi pelanggan, karyawan, pemegang saham, dan masyarakat, bacalah buku ini.

Judul Buku : Blue Ocean Strategy
Pengarang  : W. Chan Kim, Renee Mauborgne
Penerbit : Serambi

Sejak dulu, perusahaan-perusahaan terlibat dalam kompetisi-langsung satu sama lain demi mengejar pertumbuhan yang langgeng dan menguntungkan. Mereka bertarung demi keunggulan kompetitif, berebut pangsa pasar, dan berjuang menciptakan diferensiasi.

Padahal, dalam industri-industri yang padat penghuni dewasa ini, berkompetisi langsung tak lain hanya menghasilkan “samudra merah” berdarah-darah dan perebutan para rival atas genangan laba yang menyusut.

Buku berkerangkakan perubahan ini menantang perusahaan –besar maupun kecil, pemula maupun papan atas, publik maupun privat, berteknologi tinggi maupun rendah- untuk keluar dari status quo, menciptakan strategi masa depan yang gemilang, dan menerapkan penjauhan diri dari kompetisi dengan biaya rendah.

Ia menekankan penciptaan ruang pasar yang belum ada pesaingnya, fokus pada penumbuhan permintaan dan gerak menjauh dari kompetisi, serta upaya memaksimalkan kesempatan sekaligus meminimalkan risiko.

Dengan menjungkalkan pemikiran tradisional tentang strategi, Kim dan Mauborgne telah memetakan “sebuah jalur baru dan berani untuk memenangi masa depan”.

Mereka menawarkan enam prinsip yang dapat digunakan oleh setiap perusahaan untuk merumuskan dan menerapkan strategi samudra biru dengan sukses.

Keenam prinsip itu menunjukkan cara merekonstruksi batasan-batasan pasar, berfokus pada gambaran besar melampaui permintaan yang ada, menjalankan rangkaian strategis dengan benar, mengatasi rintangan-rintangan organisasional, dan mengintegrasikan ekskusi ke dalam strategi.

(sumber berita : seperti yang pernah saya tulis di www.bisnisukm.com
dan telah menjadi hak milik www.bisnisukm.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. erlangga

    December 21, 2009 at 07:18

    mending baca buku ini daripada anda baca koran untuk cari ilmu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *