Bangunlah Merek Dagang Anda, Maka Anda Akan Mendapatkan 8 Manfaatnya


By on November 26, 2009
Bangunlah Merek Dagang Anda, Maka Anda Akan Mendapatkan 8 Manfaatnya

Salah satu mitos yang beredar di “masyarakat bisnis” adalah usaha kecil dan menengah tidak perlu membangun merek. Mitos ini salah total. Semua bisnis, baik besar, sedang atau kecil membutuhkan merek dagang.

Sebenarnya apa sih manfaat merek bagi sebuah bisnis? Banyak sebenarnya yang bisa Anda dapatkan apabila Anda serius mengembangkan merek bisnis Anda.

Ada 8 manfaat nyata yang bisa Anda dapatkan…

1. Memberikan identitas produk Anda.
Apa yang dicari oleh konsumen jika mereka membutuhkan sebuah produk? Merek bukan? Produk Anda akan mudah dikenali oleh konsumen karena merek ini. Bandingkan jika produk Anda tidak ada mereknya. Begitu konsumen mencari produk Anda di pasaran, mereka akan berkata, “Pak…beli sabun cuci yang busa sedikit itu lho pak, yang ada butir hijaunya, yang kalo pakaian dicuci nggak luntur dan bla..bla..bla..” Dan pada saat yang sama, belasan produk ada di depan si pembeli dengan ciri-ciri yang sama seperti yang ia sebutkan.

2. Membedakan dengan pesaing Anda.
Masih ada hubungannya dengan yang pertama, merek bisa membedakan produk Anda dengan pesaing. Apa gunanya jika Anda membuat produk yang bagus yang punya diferensiasi yang kuat jika ternyata pelanggan Anda tidak mampu membedakan produk Anda dengan produk pesaing Anda?

3. Meningkatkan penjualan.
Bila merek Anda dipersepsikan bagus oleh konsumen, maka tak perlu diragukan lagi bahwa mereka akan bercerita kepada siapa saja agar membeli merek produk Anda. Penjualan Anda akan naik dengan sendirinya. Dan Anda pasti tahu, hal yang disebutkan pertama kali oleh pelanggan yang puas adalah MEREK, bukan ciri-ciri produknya!

4. Bisa membangun loyalitas konsumen.
Pelanggan yang puas akan memasukkan merek dagang Anda tidak hanya di kepala mereka, tapi juga di hati mereka. Bagi mereka, merek andalah yang terbaik. Mereka sudah merasa mendapatkan manfaat yang banyak dari produk Anda. Jika Anda cermati, begitu merek sebuah produk sudah bercokol di benaknya, mereka akan selalu membeli produk Anda tanpa silau dengan harga murah ataupun promosi dan janji-janji dari produk yang lain. Anda tidak percaya? Buktikan sendiri!

5. Membuat pelanggan tidak sensitif terhadap harga yang akan Anda kenakan.
Anda pernah jatuh cinta kepada seseorang? Biasanya Anda tidak masalah jika keluar biaya berapapun, asalkan seseorang yang membuat Anda jatuh cinta itu senang. Sama dengan merek. Jika para pelanggan produk Anda sudah “jatuh cinta” kepada merek Anda, mereka tak akan peduli berapa banyak uang yang harus mereka keluarkan untuk membeli produk Anda.

6. Komunikasi pemasaran jadi lancar.
Hampir dari semua pakar pemasaran sepakat bahwa iklan yang terbaik adalah kata-kata yang keluar dari pelanggan yang puas. Secara tidak langsung, pelanggan yang puas terhadap merek Anda akan membantu Anda untuk mempromosikan produk dan citra merek Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu susah-suah untuk mengeluarkan dana dan usaha yang keras ditambah waktu yang panjang untuk memperkenalkan merek Anda kepada calon konsumen baru.

7. Terbuka peluang untuk waralaba, licensing dan joint venture.
Merek adalah intangible asset atau dalam pengertian bahasa Indonesianya adalah aset tak berwujud bagi perusahaan. Dalam jangka panjang, begitu merek Anda telah mengakar kuat di benak para konsumen, Anda dapat mewaralabakan merek Anda. Bahkan Anda bisa menggunakan merek Anda untuk meningkatkan omset Anda dengan menggunakan licensing dan joint venture.

8. Daya tarik bagi stakeholder
Bukan hanya konsumen yang tertarik apabila merek bisnis Anda sudah terkenal. Stakeholder-pun akan berusaha mencari merek bisnis Anda. Anda tidak akan kesulitan untuk mencari pemasok, distributor, partner, karyawan bahkan para investor. Merek yang baik jugalah yang membuat Anda mempunyai daya tawar yang tinggi di hadapan para stakeholder.

Nah, setelah Anda mengetahui 8 manfaat merek diatas, masihkah Anda tidak ingin membuat merek bagi bisnis Anda?

(sumber gambar : azrights.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *