Kelebihan dan Kelemahan Perseroan Terbatas (PT)

By on December 1, 2009

Kalau waktu lalu saya pernah membahas masalah kelebihan dan kelemahan perusahaan perseorangan, kali ini saya akan bahas kelebihan dan kelemahan perseroan. Bagi anda yang yang belum tahu macam-macam perseroan terbatas, silahkan lihat artikel saya mengenai jenis-jenis perusahaan perseroan terbatas.

Kelebihan Perseroan Terbatas

  1. Tanggung jawab yang terbatas dari para pemegang saham terhadap utang-utang perusahaan. Maksudnya adalah jika anda termasuk pemegang saham dan kebetulan perusahaan punya utang, anda hanya bertanggung jawab sebesar modal yang anda setorkan. Tidak lebih.
  2. Kelangsungan perusahaan sebagai badan hukum lebih terjamin, sebab tidak tergantung pada beberapa pemilik. Pemilik dapat berganti-ganti.
  3. Mudah untuk memindahkan hak milik dengan menjual saham kepada orang lain.
  4. Mudah memperoleh tambahan modal untuk memperluas volume usahanya, misalnya dengan mengeluarkan saham baru.
  5. Manajemen dan spesialisasinya memungkinkan pengelolaan sumber-sumber modal untuk itu secara efisien. Jadi jika anda mempunyai manajer tidak cakap, anda bisa ganti dengan yang lebih cakap.

Keburukan Perseroan Terbatas

  1. PT merupakan subyek pajak tersendiri. Jadi tidak hanya perusahaan yang terkena pajak. Dividen atau laba bersih yang dibagikan kepada para pemegang saham dikenakan pajak lagi sebagai pajak pendapatan. Tentunya dari pemegang saham yang bersangkutan.
  2. Jika anda akan mendirikan perseroan terbatas, pendiriannya jauh lebih sulit dari bentuk kepemilikan usaha lainnya. Dalam pendiriannya, PT memerlukan akte notaris dan ijin khusus untuk usaha tertentu.
  3. Biaya pembentukannya relatif tinggi.
  4. Bagi sebagian besar orang, PT dianggap kurang “secret” dalam hal dapur perusahaan. Hal ini disebabkan karena segala aktivitas perusahaan harus dilaporkan kepada pemegang saham. Apalagi yang menyangkut laba perusahaan.

Sebagai tambahan informasi, silahkan anda lihat artikel saya tentang macam-macam badan usaha cv. Semoga bermanfaat…

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

15 Comments

  1. Gia

    September 29, 2013 at 16:50

    ko kaga bisa di copy sih parah ah :(

    • Om Nip-Nip

      September 29, 2013 at 21:27

      @Gia: maaf gan, (atau aganwati?) banyak plagiat… sementara fasiltias copy di non aktifkan. Kalau butuh artikel, bisa hubungi lewat email. Terima kasih atas perhatiannya, harap maklum, wkwkwkwk

  2. dina novianti

    October 26, 2013 at 19:17

    Hmmmm…, Kq prah bngtz cee.., mcak ea ngx bsa d copy.., age btuh bngtz nie………..,

    • Om Nip-Nip

      October 26, 2013 at 20:57

      @Dina novianti : maaf mbak. Kalau perlu, ntar tak kirimi via email. Soalnya dari kemaren artikel ane di copy tanpa nyebutin sumber nya. So ane protek sekarang, bwahahahahahaha

      • dina novianti

        October 28, 2013 at 19:06

        Oerlu bngt.., Krim dounk…,//

        • Om Nip-Nip

          October 29, 2013 at 08:01

          @Dina : udah dikirim mbak… buat tugas kuliah ya, ha..ha..ha..

  3. anisa

    July 20, 2014 at 12:39

    tolong aku juga dikirimin dong. makasih

  4. azka

    August 30, 2014 at 10:10

    Mau minta kirim artikelnya juga dong ke email.. nuhun :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>