Tim Penjualan, Penghubung Paling Penting Antara Anda dengan Konsumen Anda


By on January 3, 2010

Dalam sebuah bisnis, penghubung yang paling penting antara anda dengan konsumen adalah tim penjualan.

Tim penjualan merupakan garda terdepan yang bisa menghasilkan keuntungan bagi bisnis anda. Tim penjualan tidak hanya menjual produk atau jasa anda.

Mereka juga mempunyai akses informasi penjualan yang penting bagi perusahaan. Entah mengenai kebutuhan konsumen, minat konsumen atau kebiasan membeli konsumen.

Pokoknya segala sesuatu mengenai konsumen, tim penjualan anda-lah yang pertama kali layak anda andalkan.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui struktur tenaga penjualan anda. Karena struktur penjualan anda tersebut akan menggambarkan bentuk atau metode penjualan anda.

Contohnya jika anda mengandalkan metode tatap muka dalam menjual, maka anda perlu staf penjualan atau anda butuh agen penjualan independen.

Jika anda mengandalkan telemarketing, maka anda bisa mempekerjakan karyawan paruh waktu atau anda bekerja sama dengan perusahaan outsource telemarketing.

Nah, tim penjualan anda ini bisa dalam bentuk yang berbeda-beda, banyak ragamnya. Tetapi tanggung jawab mereka pada umumnya hanya terbagi menjadi tiga kategori.

  1. Penjualan di dalam.
    Mereka melakukan penjualan saat berada di kantor. Telemarketer dan staf penjualan toko eceran ternmasuk dalam kategori ini.
  2. Penjualan di luar.
    Mereka mengunjungi konsumen untuk memberikan penawaran dan sering kali memelihara hubungan profesional yang berkelanjutan dengan konsumen. Agen farmasi yang mengunjungi dokter dan rumah sakit serta karyawan yang menjual produk secara pribadi ke klien termasuk dalam kategori ini.
  3. Agen penjualan independen.
    Yang termasuk dalam kategori ini adalah karyawan kontrak independen (bukan pegawai) yang menjual produk atau jasa anda pada suatu wilayah atau konsumen tertentu. Bisa jadi mereka mungkin hanya mewakili perusahaan anda. Tetapi sering kali mereka juga menjual produk dari beberapa perusahaan sekaligus.

Dengan ulasan diatas, anda harus bisa mendeskripsikan dengan tepat kebutuhan anda. Garis bawahi selalu tim penjualan anda. Ingat, tim penjualan adalah garda terdepan usaha anda.

Selain sebagai penghubung antara anda dengan konsumen anda, tim penjualan adalah orang yang pertama kali akan anda tanyai mengenai informasi konsumen anda.

Volume penjualan dan keberhasilan sistem penjualan anda bergantung padanya. Sukses selalu untuk anda…

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *