Workshop Bisnis Internet Dari Pakar Bisnis Online


By on January 21, 2010

Hari sabtu tanggal 16 Januari kemarin saya mendapatkan pelajaran berharga dari para pakar internet marketing.

Alhamdulillah, saya beruntung bisa menghadiri workshop blog bisnis tentang peluang bisnis online bertema ngeblog cari duit yang diselenggarakan oleh idwebhost.

Biayanya juga relatif murah, 20 ribu rupiah dengan fasilitas ruang ber-AC, coffee break 2 kali, makan siang dan snack. Kayaknya lebih tepat disebut murah kaleee ūüôā

Belum lagi doorprize yang disediakan cukup banyak dan menggiurkan. Beruntungnya lagi, saya mendapatkan doorprize tersebut, free domain dan hosting selama setahun. Lumayan lah, buat tambah-tambah weblog.

Materinya terbagi menjadi 3 sesi, yaitu online presence, SEO dan themes serta make money online. Sesi pertama dibawakan oleh mas Herman Saksono. Menurutnya, online presence adalah proses yang panjang. Blog bisa untuk cari uang, tapi harus sabar.

Inti dari sesi yang ia bawakan adalah content is the king. Mau tulisan, video, foto atau kombinasinya terserah. Yang penting topik yang dipilih dapat “soul”-nya dan unik. Ingat, pengunjung mau berulang kali datang ke blog kita kalau konten kita berkualitas.

Jangan sampai kita meng-copy paste seutuhnya konten dari orang lain. Warga internet kita cerdas dan membenci plagiator. Disamping itu, google tidak suka dengan konten yang sama.

Setelah itu, bangunlah silahturahmi dengan para blogger. Bisa dengan berdiskusi, sering meninggalkan komentar, trackback web dan lain sebagainya. Pokoknya baik-baiklah dengan sesama blogger di internet. Jangan saling menyerang. Membangun relasi adalah mencari teman, bukan musuh.

Menginjak sesi berikutnya, kali ini mas Jauhari dengan SEO dan themes-nya mulai angkat bicara. Yang paling menarik adalah ada 5 kesalahan mendasar yang sering dilakukan para bloggers. Kesalahan tersebut adalah :

  1. Membiarkan title otomatis melalui post, category dan sebagainya.
    Usahakan title kita tulis sendiri. Jangan gunakan auto generated.
  2. Membiarkan halaman-halaman yang tidak penting terindeks.
    Contohnya, jika mempunyai halaman page seperti about us yang tidak perlu terindeks, hindari agar halaman ini terindeks.
  3. Sub URL terlalu panjang, terlalu banyak kata atau terlalu banyak direktori.
    Batasi penggunaan url yang terlalu panjang. Disamping tidak efektif, mesin pencari membatasi jumlah karakter yang ditampilkan dalam halaman pencarinya. Hanya 60-70 huruf, termasuk spasi.
  4. Hanya 1 RSS yang teroptimasi.
    Seringkali blogger hanya menampilkan 1 artikel dalam RSS Feed-nya. Usahakan berikan 10-20 artikel dan harus Full Text, jangan summary saja. Supaya orang yang membacanya tertarik untuk mengklik RSS tersebut.
  5. Menggunakan anchor text tambahan ketika link internal.
    Tipsnya, hindari penggunaan anchor text yang tidak relevan dengan target keyword kita ketika melakukan link internal.

Untuk themes, mas Jauhari kasih satu tips yang fundamental tetapi penting untuk anda ketahui. Themesnya harus SEO friendly. Ciri themes yang SEO friendly adalah :

  1. Kaedah penyusunan HTML-nya adalah : HEADER > KONTEN > SIDEBAR > FOOTER.
  2. Menggunakan kode yang tepat seperti <h1> untuk title blog dan sebagainya.
  3. Menghindari themes yang masih didesain menggunakan tabel, karena disamping lambat ketika diakses, juga tidak mobile friendly.
  4. Pada footer terdapat tautan ke halaman utama.

Kalau anda ingin download themes buatan mas Jauhari, silahkan lihat di themes jauhari, GRATIS… Catatan khusus, rangking alexa-nya webnya mas jauhari ini dibawah 30.000 lho, fantastis kan? Sekedar tambahan tips SEO bagi anda, silahkan baca artikel saya mengenai cara meningkatkan pengunjung.

Masuk sesi terakhir, ini materi yang paling panas…make money online, bagaimana caranya agar dapat duit dari internet. Giliran mas Isnaini yang mulai menggila. Kalau mas jauhari tadi dapat duitnya dari jualan themes dan reparasi web, mas Isnaini melalui google adsense.

Ia bisa berpengasilan ribuan dolar per bulan. Kunjungan blognya pun mencapai 15 ribu perhari, ngeri! Menurutnya, ada banyak yang bisa kita jual di internet. Karena ia terjun di google adsense, ada 4 yang ia tawarkan : Google Adsense, Chitika, Text Link Ads dan Amazon.

Kuncinya hanya dua. Pertama, research keyword. Keyword yang disarankan juga nggak neko-neko.

  1. http://www.google.com/select/keywordtoolexternal
  2. http://www.google.com/sktool
  3. http://www.google.com/insights/search/

Untuk keyword, pilih yang long tail keyword, maksudnya keyword yang terdiri dari tiga kata atau lebih. Cari keyword yang banyak dicari, tapi kompetitornya sedikit.

Kedua, setup dan publish your blog. Beli domain dan hosting, disetting kemudian posting, posting dan posting.

What The Hell-lah SEO katanya, ha..ha..ha… Menurutnya, belum ada yang hanya posting 5 artikel kemudian utak atik SEO bisa mendatangkan ribuan visitor dalam satu hari. Yang penting POSTING dan POSTING. Garansinya, kalau sampai 3 ribu posting kunjungannya cuman 30 orang, bisa lapor ke dia. :).

Kalau anda ingin tahu tentang diskusi terakhir workshop kemarin dengan mas Isnaini, anda bisa kunjungi pertanyaan seputar workshop.

Saya rasa cukup sekian yang bisa saya bagikan. Jika ada pertanyaan seputar bisnis di internet, anda bisa mengunjungi weblog mereka untuk belajar bisnis online.

Mereka adalah praktisi yang berpengalaman. Siapa tahu anda  menemukan peluang bisnis internet yang bagus dari mereka. Atau jangan-jangan malah anda sudah menemukannya?

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

18 Comments

  1. arifiin

    September 13, 2011 at 16:52

    nyuwun sewu, orang awam ikut nimbrung..

  2. ratno

    March 29, 2014 at 11:43

    Saya butuh pelajaran tentang bagaimana cara membuat alamat atau situs untuk bisnis di internet

    • Om Nip-Nip

      April 1, 2014 at 10:13

      @Ratno : bisa mas… silahkan sms ke 0817461641

  3. pakar facebook marketing

    February 17, 2015 at 14:34

    terima kasih artikelnya.
    salam kenal dr jogja

    • Om Nip-Nip

      February 17, 2015 at 19:07

      @Dosen Jualan:hayaahhhh pak… kok sampai sini, wkwkwkwkwkwkwkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *