Cari Atau Tidak Cari Modal, Anda Harus Punya Proposal Usaha


By on February 7, 2010

Anda tahu, banyak sekali pengusaha yang salah dalam mengartikan proposal bisnis. Mereka beranggapan bahwa proposal kelayakan bisnis tidak harus dibuat.

Atau ada sebagian pengusaha yang berpikiran bahwa proposal usaha bisnis hanya dibuat jika mereka membutuhkan suntikan modal atau pinjaman uang.

Jadi selama mereka tidak membutuhkan dana, selamanya mereka tidak akan membuat bisnis plan, apalagi proposal usaha kecil.

Bahkan jika mereka membuat proposal bisnispun, beberapa waktu kemudian mereka memasukkan proposal bisnis tersebut ke dalam laci dan tidak pernah dilihat dan diperbarui lagi. Entah karena disibukan hal-hal lain atau karena proposal bisnis hanya dianggap formalitas belaka.

Padahal tidak demikian. Ok, akan saya jelaskan sedikit tentang pentingnya proposal bisnis, yang sebenarnya saya lebih suka menyebutnya rencana bisnis. Ada 3 tujuan utama mengapa anda perlu menulis proposal bisnis dan selalu memperbaruinya.

1. Sebagai panduan bisnis anda.

Alasan utama anda harus menulis proposal bisnis adalah untuk mengembangkan sebuah panduan bisnis yang dapat diikuti sepanjang bisnis anda berjalan. Proposal bisnis adalah cetak biru (blue print) perusahaan anda.

Proposal bisnis bisa anda gunakan untuk menganalisa dan menerapkan perubahan-perubahan yang sering terjadi di dunia bisnis agar bisnis anda lebih menguntungkan.

Proposal bisnis akan memberikan informasi yang lebih rinci atas seluruh aspek operasi perusahaan anda di masa lalu, sekarang maupun proyeksi beberapa tahun ke depan. Entah strategi pemasarannya, manajemennya, produk atau jasanya, tren industrinya, pesaing anda atau kekayaan usaha anda. Di bisnis tidak ada yang kekal.

Perubahan bisa terjadi begitu saja. Anda bisa menemukan tiba-tiba kompetitor anda meniru produk anda dan memperbaikinya hingga lebih baik dan peta pesaingan berubah drastis. Siapa yang tahu?

2. Sebagai dokumentasi pendanaan.

Apabila anda mencari dana, proposal bisnis akan merinci bagaimana dana itu dapat memajukan tujuan perusahaan dan meningkatkan laba usaha anda. Jika anda menggunakan investor, walaupun investor tersebut teman atau keluarga anda, mereka ingin mengetahui bagaimana cara anda mengatur arus kas dan apakah investasinya dapat meningkatkan kekayaan bersih mereka.

Investor juga ingin tahu apakah mereka bisa memproleh laba atas investasi mereka, bahasa kerennya adalah Return On Investment (ROI). Maka buatlah dan perbarui selalu proposal bisnis anda.

Saya punya pengalaman yang agak pahit. Pertama kali saya membuat proposal bisnis, begitu selesai dan saya sebarkan ke beberapa calon investor, proposal tersebut tidak pernah saya perbarui lagi.

Dua tahun kemudian, tak disangka-sangka ada seorang investor yang ingin berinvestasi di bisnis saya. Saya diberi waktu 10 hari untuk menyerahkan proposal bisnis saya. Saya tidak sempat memperbarui proposal bisnis saya lagi.

Padahal segalanya telah berubah. Standar gaji karyawan telah naik, bahan bakar naik, kompetitor berkurang, biaya iklan di koran berubah dan harga pakan telah berganti. Akhirnya investor tersebut tidak jadi berinvestasi di bisnis saya. Sayang kan?

3. Bekerja di pasar luar negeri.

Mungkin anda tidak pernah membayangkan bahwa suatu saat anda akan berbisnis di pasar luar negeri. Tapi sekarang, kesempatan itu bisa saja tiba-tiba datang. Dan bila anda berbisnis secara internasional, proposal bisnis menjadi alat standar untuk mengevaluasi potensi bisnis anda di pasar luar negeri.

Saat ini, anda tidak boleh mengabaikan potensi perdagangan internasional. Sebabnya adalah pesatnya perubahan teknologi, komunikasi dan transportasi, terutama internet. Proposal bisnis dapat menunjukkan bagaimana cara agar bisnis anda dapat bersaing di era ekonomi global saat ini. Kalau anda butuh contoh proposal usaha, anda bisa klik download proposal usaha dan cara membuat proposal usaha.

Sebelum anda menyusun perencanaan bisnis, ingatlah selalu bahwa salah satu alasan utama gagalnya suatu usaha adalah lemahnya perencanaan. Sering dikatakan bahwa kegagalan merencanakan bisnis, berarti merencanakan untuk gagal. Tulislah proposal perencanaan bisnis anda dengan jelas dan singkat. Sukses bisnis anda bergantung padanya, tentunya dengan ijin yang Sang Pencipta…

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

13 Comments

  1. haris

    April 7, 2012 at 04:49

    klo ada contoh proposalnya boleh tuh bozz

  2. zigma private

    October 20, 2013 at 03:02

    masih di tunggu contoh proposanya om

    • Om Nip-Nip

      October 20, 2013 at 08:01

      @zigma private : insya Allah lain waktu… trims

  3. DAVID

    February 19, 2015 at 22:21

    MANA CONTOHNYA OOMMM….
    HUWAAAAA……….HAAAA

  4. singgihprass

    May 10, 2016 at 08:23

    saya melihat ada kalimat “saya sebarkan ke beberapa calon investor, proposal tersebut”. saya sdh mmbuat proposal trsebut, namun saya tdk tau kemana harus saya sebar? siapakah calon investor itu? apakah kita mendatangi kantor tertentu? orang kaya? atau kenalan?

  5. finza maualana

    June 8, 2016 at 23:58

    selamat malam om, saya dari dulu suka usaha om, hanya saya tidak pernah bisa membuat proposal bisnis atau bahasa keren nya bussines plan om.
    saat ini saya mau mencoba membuat tapi bingung dari mana mau membuatnya, saya klik link download pun ga bisa, mungkin om dr mau berbaik hati mengirimkan proposal bisnis, mudah-mudahan bisa menjadi acuan bisnis saya kedepannya om.

    terimakasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *