Kiat Sukses Bisnis : Jangan Tunggu Produk Anda Sempurna

By on February 10, 2010

Sampai saat ini, banyak orang yang pro dan kontra dengan keberadaan Robert Kiyosaki. Terlepas dari pro dan kontra-nya, saya akan sharingkan kepada anda satu dari banyak tips bisnis atau kiat sukses bisnis-nya yang saya sukai, yaitu “jangan pernah menunggu produk anda sempurna”.

Pernahkah anda perhatikan software Windows dari Microsoft muncul dalam versi Windows 2.0 atau Windows 3.0? Windows tersebut feature dan tampilannya sangat pas-pasan apabila dibandingkan dengan seri Windows terkini semisal Windows XP, Windows Vista atau Windows 7.

Apa yang bisa anda petik dari hal tersebut? Yaitu produk pertama yang mereka jual tidaklah sempurna. Begitu juga dengan motor Grand dari Honda misalnya.

Sebelum generasi Grand dari Honda sukses, Honda 70 yang terkenal dengan julukan “si pitung” pernah beredar di pasaran. Padahal kala itu, motor tersebut paling rewel dengan platinanya. Jadi mereka tidak serta merta menunggu produknya sempurna.

Banyak pengusaha dari kalangan kita yang gagal masuk ke pasar karena mereka terus menerus menyempurnakan produk mereka. Entah karena product oriented atau karena menunggu produknya sempurna.

Seorang entrepreneur harus segera mulai berjalan dan terus meningkatkan diri mereka dan produk atau jasa mereka. Dengan kata lain, meminjam kiat sukses bisnis pak Joko Susilo, segera Take Action.

Karena mereka menunggu segala sesuatunya berjalan dengan sempurna, akhirnya mereka tidak kunjung mulai dan bertindak. Itulah sebabnya, banyak orang yang tidak pernah gagal karena mereka tidak pernah mulai, dan tentunya tidak akan pernah mengecap keberhasilan.

Kesuksesan adalah setitik jarum dari segudang tumpukan kegagalan. Saya juga pernah mengalaminya, merancang produk hingga sempurna. Akhirnya saya belajar dari kesalahan masa lalu dan mulai memperbaiki kesalahan saya.

Sebenarnya, produk atau jasa yang anda buat tidak akan pernah sempurna. Sampai kapanpun anda memperbaikinya, selalu saja ada yang kurang maksimal. Jadi, produk atau jasa itu hanya harus “cukup bagus”, sekedar menjadi cukup baik untuk bisa diterima di pasar. Ini adalah salah satu kiat sukses bisnis yang perlu anda garis bawahi.

Tapi yang harus anda ingat, produk atau jasa anda jangan sampai terlalu buruk sehingga tidak memenuhi harapan pasar atau bahkan menimbulkan banyak masalah.

Anda bisa mendesain produk sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen dengan melakukan riset pemasaran. Kiat sukses bisnis-nya adalah, buatlah perusahaan yang berorientasi pada pemasaran, membuat produk yang bisa dijual.

Dan yang paling penting, salah satu tanda dan kiat sukses bisnis entrepreneur sukses adalah tahu kapan berhenti membangun produk atau jasa dan mulai memasarkannya. Tahu kapan saatnya mengenalkan sebuah produk atau jasa ke pasar adalah sebuah seni sekaligus sains.

Kalau produk diluncurkan terlalu cepat ke pasar, entrepreneur dapat sekadar meningkatkannya, dan mengambil langkah untuk mempertahankan posisi di pasar. Di lain pihak, penundaan dalam memperkenalkan produk bisa berarti kehilangan peluang yang kemungkinan tidak akan kembali.

Kalau anda tahu versi awal Windows, anda pasti sudah hafal seberapa seringnya komputer anda “hang”. Windows generasi pertama tersebut penuh virus, sampai-sampai banyak orang mengatakan Windows seharusnya dilengkapi dengan sekaleng penuh insektisida buat membasmi virus yang ada di dalamnya.

Coba anda bayangkan kalau sebuah mobil rusak sesering windows, tentunya tidak akan diterima oleh pasar kan? Bahkan mobil tersebut akan menjadi “barang jelek” yang harus diganti secepatnya oleh pembuatnya. Namun Windows, terlepas dari sering “hang”, mudah diserang virus dan cacatnya, bisa sukses secara fenomenal. Kenapa bisa seperti itu?

Jawabannya adalah karena Windows memenuhi pasar dan tidak berada di luar harapan pasar. Ingat baik-baik kiat sukses bisnis Microsoft tersebut. Tidak berada di luar harapan pasar. Pihak Microsoft tahu bagaimana kebutuhan pasar dan tahu kapan mereka harus melepas produknya ke konsumen.

Bisa anda bayangkan kalau sampai Microsoft menunggu sampai Windows sempurna, tentunya sampai sekarang Windows belum berada di pasar dan kita tidak akan pernah menggunakannya.

So, ingatlah selalu tips bisnis sukses ini : jangan tunggu sampai produk anda sempurna. Pilih segmentasi pasar-nya, mulai pasarkan, perbaikilah dan selalu penuhi harapan konsumen. Semoga kiat sukses bisnis diatas bermanfaat untuk anda.

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

14 Comments

  1. haviad gucci

    April 8, 2010 at 20:00

    very inspiring..

  2. Firman bowo

    June 23, 2010 at 00:13

    Thank’s banget mas.
    Kebetulan saya baru memulai usaha bengkel.

  3. Redimasupar

    October 6, 2010 at 11:22

    Jadi semakin terbuka wawasan kita-kita ini gan…thanks panduanya….

  4. IDEA

    September 15, 2011 at 10:59

    :))artikel bermanfaat untuk saya, begitu indah saling berbagi.
    Salam sukses selalu.

    wah jadi semangat lagi nih untuk memulai sessuatu yang baru.trims pak

  5. Mengatasi Anak Emosi

    January 28, 2014 at 23:37

    Menginspirasi saran dan nasehatnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>