Iklan yang Efektif dan Jitu untuk Promosi Online Produk Anda

By on February 17, 2010

Banyak cara untuk mempromosikan produk anda. Media promosi online juga bervariasi.

Salah satu cara promosi produk yang sangat efektif apabila anda menggunakan strategi pemasaran online untuk mendukung strategi promosi produk anda adalah dengan menggunakan iklan PPC (Pay Per Click).

Orang sering bertanya, apa manfaatnya mengunakan iklan PPC yang perlu mengeluarkan biaya? Jawaban adalah PPC merupakan media iklan jitu yang seringkali efektifitasnya melebihi radio, majalah, papan reklame atau televisi.

Mengapa orang bersedia membayar iklan di media tersebut? Sebab, iklan tersebut iklan yang efektif dan juga merupakan media iklan jitu tercanggih dan terhebat saat ini. Sekarang dimana lagi anda bisa memasang iklan efektif yang dapat dilihat oleh target pasar anda di seluruh dunia dalam waktu kurang lebih 30 menit? Menurut saya, PPC jawabannya.

Menurut pak Hianoto dan Sukarto, mentor bisnis internet, ada beberapa sebab mengapa PPC merupakan media iklan jitu yang lebih hebat daripada media lainnya.

  1. Iklan PPC anda hanya muncul saat seseorang mengetik keyword yang anda inginkan. Media lain seperti radio, koran, majalah, dan televisi, menampilkan iklan anda ke audiens yang sangat luas dan sering kali bukan target pasar anda. Artinya, anda membayar lebih untuk sesuatu yang tidak perlu. Belum lagi jika anda tidak tahu bagaimana cara memasang iklan yang benar.
  2. Anda membayar hanya jika ada yang mengklik iklan anda. Di media lain entah orang melihat atau tidak, iklan tetap harus anda bayar. Benar-benar iklan yang efektif.
  3. Harga iklan di tentukan oleh mekanisme pasar yang efisien dan real-time. Oleh karena itu, anda sering kali membayar murah suatu iklan untuk keyword yang tidak kompetitif atau tidak banyak pemasang iklannya. Sebaliknya, di media konvensional, biaya iklan di tentukan oleh pemilik media.
  4. Bisa memperoleh feedback yang cepat untuk keperluan testing dan evaluasi dalam kaitannya dengan pemilihan produk, penawaran, harga, dan aspek marketing lainnya.
  5. Begitu anda menemukan kombinasi keywords, text ads, landing page, dan ROI yang tepat, anda sangat mudah melakukan scalable atau melipatgandakan hasil.

Yang menarik, ada banyak marketer yang telah memiliki income ratusan ribu hingga jutaan dolar AS per tahun dengan memasarkan produk melalui iklan yang efektif ini, PPC. Ini benar-benar peluang besar bagi Anda, asal anda mengerti caranya.

Satu hal yang paling saya sukai menggunakan iklan jitu PPC adalah, anda bisa mendapatkan target pasar yang tepat sesuai yang anda bidik dengan jangkauan wilayah yang sangat luas. Pernahkah anda diberi leaflet atau brosur di perempatan lampu merah di jalan-jalan besar? Kalau di Jogja, yang paling sering dibagikan adalah brosur atau leaflet program penurunan berat badan.

Kalau anda pernah, apa yang paling sering anda lihat reaksi orang-orang tersebut setelah mendapatkan brosur atau leaflet tersebut? Membuangnya kan?

Kenapa bisa terjadi seperti itu? Karena orang-orang yang menerima brosur atau leaflet tersebut belum tentu membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan. Sedangkan untuk kasus di Jogja, hampir semua pengendara mobil dan motor diberi brosur atau leaflet tersebut. Padahal tidak semuanya butuh program penurunan berat badan. Bukan iklan efektif tentunya.

Anda bisa bayangkan berapa kerugian yang anda terima jika anda melakukan taktik marketing seperti itu. Dengan iklan jitu PPC, orang yang tidak membutuhkan produk atau jasa yang anda jual otomatis tidak akan mengklik iklan anda.


Dan ingat, anda hanya membayar iklan bisnis internet ini jika orang mengklik iklan anda! Jangkauannya? Ke seluruh dunia, tergantung anda memilihnya!

Tidak hanya terbatas pada orang yang berhenti di perempatan lampu merah. Benar-benar teknik promosi produk yang efektif. Anda setuju dengan saya bahwa PPC merupakan iklan bisnis online yang efektif dan iklan jitu? Saya tunggu jawabannya.

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan.

So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya.

Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

19 Comments

  1. Aksesoris

    January 22, 2012 at 00:04

    Saya pernah memakai suatu layanan iklan baris dan menggunakan jasa pemasang iklan yang katanya bisa mensubmit ke beberapa iklan baris dan juga yahoo groups. Tapi hasilnya cuma ada 1 penjualan.
    Pilihan promosi dengan cara memanfaatkan PPC layak untuk dicoba. kebetulan saya juga pengagum pak sukarto & pak hian, tks artikelnya.

  2. magzimp

    May 15, 2012 at 10:27

    menurut teman saya, memasang di facebook pun cukup efektif, karena selain kontekstual juga kita bisa memilih target daerah yang menjadi target pasar. Jadi cocok untuk bisnis lokal.

  3. Propolis

    September 4, 2012 at 15:18

    … setuju… iklan paling efektif hanya 2 adword dan SEO…

  4. Muhammad B Arifin

    November 20, 2013 at 00:51

    saya pernh bljar secara online dari salah seorg marketer Indonesia, Beliau mengatakan “hati2 dgn PPC lokal Karena sekarang ini di ppc lokal, sistemnya tidak secanggih perusahaan seperti google adwords/ppc luar sehingga para publihser bisa ngakali bagaimana cara supaya terjadi klik di situsnya, sehingga kerugian ada di pihak advertiser (kita)
    Disamping itu sekarang trendnya banyak iklan ppc lokal yang muncul di blog/situs yang memuat konten porno, download musik, dll yang sekali lagi itu artinya visitornya tidak tertarget”.

    gmn tuh, Gan..??

    • Om Nip-Nip

      November 20, 2013 at 06:59

      @Muhammad B : betoel mas… yang lebih tepat adalah PPC non lokal… gitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 4 =