Don't Miss

Mengubah Hobi Anda Menjadi Sebuah Penghasilan Tambahan

By on February 21, 2010

Mengubah sebuah hobi menjadi sebuah bisnis yang bisa memberikan tambahan penghasilan merupakan ide bisnis yang paling banyak disukai.

Banyak buku yang menyarankan para calon pengusaha, termasuk yang mencari penghasilan tambahan atau yang masih bekerja untuk melakukan apa yang mereka sukai.

Mereka yakin dengan melakukan apa yang mereka sukai, uang akan datang dengan sendirinya. Anda pasti juga tertarik jika hobi anda yang biasanya hanya anda jadikan untuk kegiatan bersenang-senang tiba-tiba bisa berubah menjadi penghasilan tambahan. Benar, ini merupakan saran yang baik. Tapi kadangkala saran ini bisa jadi tidak cukup baik bagi anda.

Saat anda mempunyai bisnis sendiri, anda tidak akan bisa lepas dari masalah di dalamnya, walaupun hanya sekadar ingin mempunyai tambahan penghasilan. Anda harus mengurus gaji pegawai atau membayar tagihan-tagihan yang masuk ke rekening anda. Apakah anda ingin mengubah hobi atau kegemaran anda menjadi sumber masalah seperti itu?

Memperoleh penghasilan tambahan dari hobi bisa membuat anda melakukan sesuatu yang tidak membosankan karena kegiatan tersebut anda sukai. Tapi masalahnya sekarang berbeda. Mengubah sesuatu yang anda sukai seperti bermain futsal, menjahit, memasak atau memancing menjadi kegiatan usaha yang bisa membuat tambahan penghasilan bagi anda butuh kerja keras dan menyita perhatian penuh.

Maka dari itu, sebaiknya anda pelajari dulu sebelum anda berkeinginan mencari penghasilan tambahan dari hobi anda. Pertama, pelajari untung ruginya mengubah hobi menjadi sebuah kegiatan yang memberikan tambahan penghasilan. Anda bisa lihat perbandingannya berikut ini.

Keuntungan :

  1. Karena melakukan sesuatu yang anda sukai, anda bisa lebih termotivasi. Bagaimana tidak? Anda akan berada pada suasana atau tempat yang hampir selalu anda sukai.
  2. Jelas anda akan melakukan usaha berdasarkan sesuatu yang telah anda ketahui, karena itu hobi anda.
  3. Anda mempunyai semua link, kontak dan segala sesuatu yang berhubungan dengan jenis usaha tersebut. Sekali lagi hal itu bisa terjadi karena usaha tersebut hobi anda.

Kelemahan :

  1. Anda mengubah hobi menjadi sebuah pekerjaan karena anda mencari penghasilan tambahan.
  2. Anda kehilangan sumber kegiatan santai. Melakukan hobi berbeda dengan mengerjakan bisnis.
  3. Mungkin hobi tersebut tidak bisa dijadikan bisnis yang realistis bagi anda.
  4. Karena hobi, keahlian yang anda miliki bisa jadi belum memadai untuk bekerja sebagai seorang profesional.
  5. Ini yang paling susah saat anda mengubah hobi menjadi kegiatan mencari penghasilan tambahan. Semua keputusan harus anda dasarkan pada usaha menyenangkan konsumen, bukan diri anda.

Memperoleh tambahan penghasilan dari sebuah kegiatan pasti akan mengubah cara anda merasakan kegiatan tersebut. Bermain futsal atau memancing untuk melepaskan kepenatan setelah seharian bekerja sangat berbeda dengan menyewakan lapangan futsal dan menimbang berapa kilo hasil ikan pancingan konsumen anda.

Fokusnya berubah, tidak lagi tentang olahraga apa yang anda sukai atau ikan apa yang anda senangi. Tetapi untuk menyenangkan konsumen dengan membangun hubungan baik bersama mereka.

Yang kedua, sebelum anda mencari tambahan penghasilan yang berhubungan dengan hobi anda, pastikan terlebih dahulu potensi penghasilan yang mungkin bisa anda raih. Entah pangsa pasarnya, prospek bisnisnya atau seberapa lama bisnis tersebut bisa bertahan.

Pernahkah anda lihat orang terjun di tanaman hias tiba-tiba berhenti dalam waktu 2 tahun gara-gara tanaman hias tersebut tidak laku lagi? Faktor inilah yang menyebabkan banyak usaha yang hancur, bukan hanya yang berangkat dari hobi saja. Mereka tidak dibekali oleh dasar-dasar berbisnis.

Ingat, walaupun tujuan anda hanya mencari penghasilan tambahan, anda harus tahu seperti apa menjalankan usaha. Bukankah tujuan anda adalah mencari tambahan penghasilan?

Dan mencari penghasilan tambahan berarti anda harus belajar bagaimana agar produk anda laku, bagaimana memilih lokasi yang baik, bagaimana caranya memberikan penawaran yang efektif, bagaimana caranya memasang iklan dan sebagainya. Anda tidak ingin rugi kan?

Oleh karena itu, sebelum anda mencari tambahan penghasilan dari hobi anda, pastikan anda menimbang baik-baik rencana tersebut. Kalau anda bisa mengatasi hambatan dan memaksimalkan potensi bisnis dari hobi anda, maka insya Allah anda akan merasakan hasil yang luar biasa. Anda akan merasakan kesenangan karena anda mendapatkan penghasilan tambahan dari sesuatu yang anda senangi.

Siapa yang tidak senang dengan hobi memelihara kelinci hias tiba-tiba bisa mendapatkan income tambahan penghasilan dari kegiatan tersebut. Sekarang, kira-kira apa hobi anda yang bisa anda jadikan sebagai alternatif  cari tambahan penghasilan?

(sumber gambar : master-click.net)

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

19 Comments

  1. Fishing Gears

    September 6, 2010 at 20:59

    wah artikelnya sangat mantep broer, moga moga bisa kupraktekkan

  2. handout

    October 11, 2010 at 09:28

    terima kasih banyak atas tipsnya.
    moga sukses selalu.

    You can visit my blog in.

  3. lowongan

    June 28, 2011 at 01:24

    great artikel… thank for share untuk tipnya :)

  4. gavee

    August 16, 2011 at 14:06

    Makasih tips nya.

  5. aank budi santoso

    July 10, 2012 at 00:28

    ah gan bisa ajah nich maksih pencerahanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>