10 Pembunuh Mematikan Peluang Usaha dan Bisnis Komputer (Part 1)


By on March 9, 2010

Karena banyaknya permintaan tentang bahasan peluang bisnis komputer di internet, maka saya memutuskan untuk memberikan artikel tentang usaha toko komputer.

Berhubung saya tidak banyak pengalamannya, maka saya minta secara personal kepada mas Untoro Onggo Prabowo, ST untuk bekerja sama dengan saya membuat satu artikel tentang bisnis toko komputer.

Tapi saya akan memberikannya dalam versi lain. Terlalu banyak artikel yang menjelaskan tips tentang bagaimana caranya sukses menjalankan peluang usaha komputer. Saya akan berikan sebaliknya, pengalaman kegagalan apa saja yang harus anda perhatikan jika anda menjalankan peluang usaha komputer.

Kebetulan mas Toro ini, pangilan akrabnya, sudah banyak asam garamnya di usaha komputer. Dia sudah sering jatuh bangun dalam membangun usaha. Termasuk saat dia membuka usaha komputer bersama rekannya. Tapi dia selalu bangkit dan pantang menyerah. Saya sangat respek dengan integritas beliau.

Sebenarnya mas Toro bisa berikan lebih banyak kegagalan-kegagalan yang pernah dia dapatkan. Tapi berhubung dia sedang banyak-banyaknya kesibukan, maka saya putuskan hanya 10 poin penting yang akan kami bagikan kepada anda. Itu saja harus saya bagi menjadi 2 bagian agar anda tidak jenuh. Baiklah, inilah “10 Pembunuh Mematikan Peluang Usaha Komputer”.

1. Tidak Melakukan Networking dengan Dealer atau Supplier.

Per-erat dan perlebar networking dengan supplier. Karena dengan cara demikianlah anda bisa mendapat special price dari para supplier. Bahkan anda bisa menjadi master dealer untuk suatu kawasan. Karena anda dekat dengan supplier, modal operasional usaha komputer anda bisa menjadi kecil karena anda bisa bayar tempo.

Anda ingat, semua kualitas spare part dan asesoris komputer dari jenis yang sama tidak ada perbedaan. Yang membedakan adalah jika anda dapat spesial price sehingga margin anda lebih tinggi dari yang lain. Berarti, anda semakin bisa mengembangkan peluang usaha komputer ini.

2. Memilih Tempat Usaha Sembarangan

Sangat penting memiliki tempat yang strategis untuk berjualan komputer. Dengan letak yang strategis otomatis mempermudah konsumen untuk datang. Dan lagi, anda akan lebih menghemat biaya promosi. Efeknya, anda bisa mendapatkan tambahan pemasukan.

3. Toko Komputer Tidak Perlu Marketing

Terlalu banyak orang yang mengambil peluang usaha komputer tapi tidak mempelajari pemasaran. Bagaimana orang bisa kenal dengan toko anda kalau anda tidak melakukan strategi pemasaran yang baik?

Anda harus bisa memanfaatkan iklan di surat kabar, pameran, buletin-buletin kampus jika segementasi pasar anda mahasiwa atau mempekerjakan sales untuk melakukan penawaran-penawaran ke perusahaan-perusahaan. Pelajarilah strategi pemasaran agar peluang usaha komputer yang anda jalankan bisa berhasil.

4.Tidak Mempersiapkan Keuangan dengan Baik

Biasanya orang yang mau buka usaha tidak mempersiapkan perencanaan bisnis dengan matang. Terutama pada bagian keuangan. Contohnya adalah bagaimana seharusnya mengatur arus kas jika nanti ada yang retur, berapa gaji teknisinya, berapa biaya promosinya atau bagaimana mengefisienkan biaya operasional.

Dan salah satu contoh yang paling sering dialami orang yang menjalankan peluang usaha komputer adalah “membeli kebutuhan toko“. Memang benar dengan adanya network yg baik dengan para supplier, ada kemungkinan anda bisa membayar tempo. Tapi kalau anda baru buka usaha komputer? Bagaimana supplier anda tahu bahwa toko komputer anda bagus dimatanya?

5. Kadang Disiplin, Sering Kali Tidak

Disiplin ini perkara yang gampang diucapkan tetapi sulit untuk dilakukan. Berapa banyak pengusaha, apalagi jika belum punya karyawan, tidak bisa membuka toko tepat waktu. Walaupun mereka sudah membuat aturan jam buka toko dan dipasang besar-besar di tembok.

Kalau pada waktu awal-awal mungkin bisa displin. Bahkan toko belum buka-pun sudah pada nongkrong di depan toko. Begitu omset usaha komputernya turun atau usaha komputernya sudah berjalan lama tapi perkembangannya belum signifikan, sudah tidak kelihatan barang hidungnya. Padahal ini termasuk ciri-ciri orang gagal.

Untuk poin selanjutnya, nantikan artikel bagian kedua tentang “10 pembunuh mematikan peluang usaha komputer”. Satu pesan tetap dari saya Tetap Semangat

(sumber gambar : pasarit.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

14 Comments

  1. TunasWeb

    June 5, 2012 at 10:42

    artikel yang cukup menarik,
    thanks buat infonya..
    tetep semangat menulis artikel2 lainnya..

    best regards,
    TunasWeb

  2. yusuf shofy

    January 20, 2015 at 14:42

    makasih buat infonya,
    ditunggu artikel-artikel yang keren lainnya

  3. Chatie

    October 21, 2015 at 14:54

    Trimaksh atas info dan pesan nya “tetap semangat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *