Syarat Pengusaha : Pahami Istilah Laporan Keuangan Laba Rugi

By on March 28, 2010

Salah satu keahlian yang harus anda punyai sebagai seorang pengusaha adalah mampu membaca laporan laba rugi perusahaan.

Tujuannya adalah supaya anda bisa mengetahui berapa total penjualan produk anda, berapa pengeluaran perusahaan anda, berapa laba kotor anda dan tentunya berapa laba bersih perusahaan anda, kalau perusahaan anda untung.

Tapi untuk postingan saya kali ini, saya hanya akan membahas istilah-istilah penting apa saja yang terdapat pada laporan keuangan laba rugi.

Dan bagi anda yang sudah paham tentang istilah-istilah laporan keuangan laba rugi  tersebut, tidak ada salahnya anda tetap membacanya. Siapa tahu dengan mengulangi membaca artikel ini, anda semakin hapal.

Atau jika saya ada yang salah, anda bisa langsung koreksi kesalahan saya. Maklum, saya juga paling benci dengan laporan keuangan, apalagi laporan neraca perusahaan. Pengennya cuman lihat angka yang paling bawah, “Berapa ya laba perusahaan saya bulan ini?” :) Strike to the point…

  1. Harga Pokok Penjualan (HPP)
    HPP ini bisa dibagi menjadi dua pengertian. Kalau pada bisnis eceran atau agen, HPP adalah total harga yang harus anda bayarkan untuk produk yang anda jual selama periode laporan, ditambah dengan biaya pengiriman produk dari tempat dimana anda beli ke toko anda. Sedangkan apabila anda bergerak di bidang manufaktur, HPP adalah nilai sediaan awal ditambah pembelian, biaya pengiriman, bahan, tenaga kerja dan biaya tetap atau overhead. Setelah itu anda kurangi dengan sediaan akhir.
  2. Pengeluaran
    Dalam laporan keuangan laba rugi, yang termasuk biaya menjalankan usaha, meliputi beberapa item seperti upah, telepon, biaya penyusutan, promosi dan lain-lain.
  3. Dividen
    Dividen adalah bagian dari pendapatan perusahaan yang anda bayarkan (jika anda pengelola) atau anda bagikan kepada para pemegang saham dengan nilai tertentu per saham. Nilainya tergantung berapa besarnya saham yang ditanam oleh masing-masing investor beserta kesepakatan prosentase pembagiannya.
  4. Laba Kotor
    Laba kotor adalah laba sebelum dipotong pengeluaran, pajak serta biaya-biaya lainnya.
  5. Pendapatan Bersih
    Jumlah uang anda yang tersisa setelah dikurangi seluruh tagihan anda serta pajak.
  6. Laba Bersih
    Dalam beberapa buku yang membahas tentang laporan keuangan laba rugi, laba bersih dibedakan dengan pendapatan bersih. Laba bersih adalah laba anda sebelum dipotong pajak.
  7. Penjualan Bersih
    Penjualan bersih adalah total semuan uang yang anda hasilkan dari seluruh penjualan anda dikurangi dengan pengembalian (jika ada konsumen anda yang retur barang anda), penyisihan (allowance), diskon serta potongan harga atau rabat.
  8. Laba Ditahan
    Adalah bagian dari pendapatan bersih perusahaan anda yang tidak anda bayarkan atau anda bagikan kepada para pemegang saham dalam bentuk dividen. Laba ditahan tersebut biasanya diinvestasikan atau ditanamkan kembali ke dalam perusahaan dan nilainya  anda akumulasikan selama umur hidup perusahaan anda.

Satu tips dari saya, kalau anda masih bingung tentang istilah dalam laporan keuangan laba rugi, tanyakan saja ke tetangga anda yang sekolah di SMK. Kalau nggak ada, cari mereka. Karena biasanya mereka sangat paham dengan laporan keuangan laba rugi tersebut.

Dan yang paling penting, biayanya relatif murah dibandingkan jika anda hanya sekedar bertanya-tanya masalah istilah laporan keuangan laba rugi dengan konsultan keuangan. Ok, seperti biasa, ada yang mau menambahkan?

(sumber gambar : kontan.co.id)

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

9 Comments

  1. vix

    November 17, 2014 at 20:37

    artikel nya mantapz om nip-nip….jadi tambah ilmu lagi nich

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>