Rahasia Bagaimana Cara Menjadi Kaya dan Bebas Finansial (Bagian 1)

By on May 26, 2010

Kayaknya dari kemarin yang saya bahas masalah teknis bisnis melulu. Sampai-sampai saya lupa ada pelajaran penting tentang basic entrepreneurship yang sangat fundamental.

Makanya kali ini saya ambil topik tentang bagaimana caranya menjadi kaya dan sukses secara finansial. Sekilas terlihat tidak ada hubungannya antara pelajaran bisnis dengan cara menjadi kaya dan sukses finansial.

Tapi percayalah, ini ada hubungannya… bahkan hubungannya teramat sangat erat (*wedewww). Cara inilah yang dilakukan oleh para investor sehingga mereka bisa menjadi kaya dan sukses secara finansial. Ok, mari kita bahas bersama-sama. Anda pernah dengar tiga pola dasar cash flow yang diterangkan oleh Robert Kiyosaki?

Kalau belum, tiga pola cash flow itu adalah cash flow untuk kelompok kaya, untuk kelompok miskin dan untuk kelompok menengah. Ngomong-ngomong, Anda tahu cash flow kan? Cash flow adalah dari mana dan ke mana uang Anda mengalir.

Perhatikan gambar berikut ini :

cash flow miskin

Gambar diatas adalah cashflow kelompok miskin. Anda lihat panah hitam tersebut? Panah itu bergerak dari pekerjaan masuk melewati kolom pemasukan langsung meloncat ke kolom pengeluaran. Jadi begitu mereka dapat pemasukan dari pekerjaannya, semuanya habis buat membayar pengeluaran alias biaya hidup.

Entah buat  makan, minum, biaya sekolah anak, bayar tagihan listrik atau bayar tagihan telepon…tidak ada yang tersisa. Pola seperti ini sangat sulit untuk menjadi kaya dan sukses secara finansial. Padahal saya seperti ini deh… :(

Kemudian yang kedua adalah cash flow kelompok menengah. Perhatikan gambar berikut ini :

cash flow menengah

Kalau kelompok cash flow yang ini, begitu mereka mendapatkan pemasukan, selain buat pengeluaran kebutuhan hidup seperti cash flow kelompok miskin, mereka akan menggunakannya untuk membeli liabilitas. Lihat panah hitamnya. Dari pekerjaan melewati kolom pemasukan masuk ke kolom liabilitas, loncat ke kolom pengeluaran.

Eniwei, Anda tahu apa itu liabilitas? Kalau Anda belum tahu apa itu liabilitas, silahkan baca artikel saya mengenai aset dan liabilitas. Jangan sampai terlewatkan. Karena dengan mengetahui perbedaan antara aset dan liabilitas, Anda akan lebih mudah untuk menjadi kaya dan sukses secara finansial.

Kembali ke topik, cash flow kelompok menengah ini seringkali membelanjakan uangnya untuk membeli rumah bagus, membeli mobil baru, gonta-ganti handphone dengan seri yang terbaru atau menggunakan kartu kredit. Pola yang satu ini merupakan impian kebanyakan orang saat ini.

Mereka biasanya mempunyai pekerjaan dengan bayaran yang tinggi dan terikat dengan gaya hidup “kerja keras dan belanjakan“. Mereka selalu berpikir untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Jarang dari kelompok mereka ini yang memikirkan dan melaksanakan ide bisnis.

Padahal di masa sekarang ini, susah untuk mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi. Jika Anda memahami hukum pareto, Anda akan buktikan bahwa pekerjaan bergaji tinggi tidak banyak. Ini juga bukan kelompok orang yang bisa menjadi kaya “yang sebenarnya” dan sukses secara finansial. Nanti akan saya jelaskan mengapa kelompok ini susah untuk sukses secara finansial.

Kemudian, apa rahasia cara menjadi jutawan dan bebas finansial? Jawabannya ada postingan saya selanjutnya… Don’t miss It… Selalu tongkrongin dokterbisnis.net kapanpun Anda online, ok? :)

(sumber gambar : lucklines.com)

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

11 Comments

  1. zhediek

    June 11, 2010 at 01:31

    mantaf ! Lanjutkan !

  2. dyan

    September 29, 2010 at 06:21

    ya dokter… jadikanlah aku orang kaya…

    • Om Nip-Nip

      September 30, 2010 at 06:07

      @Dyan : ha..ha..ha..saya mah nggak bisa jadikan agan kaya… Kan risqi udah ada yang ngatur… :)

    • belajar trading forex

      August 25, 2014 at 11:39

      om dokter menjembatani anda untuk kaya, jadi kalau sobat ingin kaya harus berkerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas

  3. Aan

    July 21, 2011 at 19:11

    udah lama saya kenal sama engkong Kiyosaki
    tapi sampai sekarang blm kaya kaya

    wah, harus lebih banyak berlatih ini

    thx om dokter atas artikelnya..

    mantafff!

  4. Muhammad B Arifin

    November 20, 2013 at 00:20

    Alhamdulillah nambah wawasan nie..
    sip,, Artikelnya OK, Izin Copas sbgian.. hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>