Don't Miss

4 Tipe Program Promosi Potongan Harga yang Perlu Anda Ketahui

By on July 13, 2010

Masih ingat artikel saya tentang 10 tujuan promosi penjualan? Artikel tersebut saya bagi menjadi 2 bagian. Kalau anda lupa, silahkan baca lagi 10 tujuan promosi penjualan bagian 1 dan 10 tujuan promosi penjualan bagian 2.

Pada artikel tersebut, ada jenis promosi yang menggunakan potongan harga atau discount. Anda pasti sering menjumpai program seperti itu di toko-toko atau di mall-mall.

Pengertian potongan harga atau discount sangat sederhana, yaitu pengurangan dari harga yang ada. Biasanya potongan harga ini anda wujudkan dalam bentuk tunai dan dimaksudkan untuk menarik konsumen.

Kira-kira seperti itulah pengertian potongan harga. Tetapi perlu anda ketahui, kadang-kadang potongan tersebut bisa anda berikan berupa barang.

Nah, sekarang yang akan kita bahas adalah jenis-jenis potongan yang bisa anda berikan kepada calon konsumen anda.

  1. Potongan Kuantitas
    Potongan kuantitas adalah potongan harga yang anda tawarkan kepada calon konsumen agar bersedia membeli dalam jumlah yang lebih besar. Misalnya anda punya usaha pembuatan baglog jamur tiram. Kalau pembeli anda membeli baglog anda paling sedikit 10 unit, maka mereka anda beri potongan 5%. Dan kalau pembeliannya kurang dari 10 unit tidak mendapatkan potongan. Ini yang paling umum digunakan.
  2. Potongan Dagang
    Potongan dagang atau disebut potongan fungsional adalah potongan harga yang anda berikan ke pembeli atas pembayaran untuk fungsi-fungsi pemasaran yang mereka lakukan. Jadi gampangnya, potongan dagang ini hanya anda berikan kepada pembeli yang ikut memasarkan produk anda. Masih ingat kan artikel saya tentang 4 jenis pasar? Salah satunya adalah pasar pedagang. Di sini anda berikan potongan dagang, baik pedagang besar maupun pengecer.
  3. Potongan Tunai
    Potongan tunai adalah potongan yang anda berikan kepada customer anda atas pembayaran rekeningnya pada suatu periode, dan mereka melakukan pembayaran tepat pada waktunya. Misalnya anda menawarkan rumah dengan model pembayaran tunai bertahap sebanyak 4 kali. Jika pembeli anda dapat membayar dalam waktu 3 kali dan tepat waktu, mereka berhak mendapat potongan 10%.
  4. Potongan Musiman
    Potongan musiman adalah potongan yang bisa anda berikan kepada konsumen anda yang melakukan pembelian di luar musim tertentu. Misalnya seperti ini, pembeli yang membeli jas hujan pada musim panas, akan memperoleh potongan sebesar 5%,  10%, atau 20%.

Sudah jelas kan sekarang? Tinggal anda praktekan saja. Siapa tahu “jurus” di atas bisa mempengaruhi keputusan pembelian konsumen anda…

(sumber gambar : sripoku.com)

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

3 Comments

  1. kamal.johasan

    October 11, 2010 at 00:23

    terima kasih om nip nip,,,,
    mohon di perbanyak lagi contohnya,,,karena saya di consumer good butuh contoh yang lebih banyak lagi…terima kasih..

    • Om Nip-Nip

      October 12, 2010 at 08:34

      @Kamal : sama-sama…ntar insya Allah saya perbanyak contoh2nya…

  2. IDEA

    September 15, 2011 at 13:19

    bermanfaat buat saya dan tentu saja orang lain yang ingin meningkatkan cara berpromosi,,saya sering membuat potongan harga dll namun masih tetap seperti biasa dalam penjualan,,saya tunggu tipe promosi berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>