Don't Miss

Anda Harus Tahu Apa Itu Arti, Fungsi dan Jenjang Manajemen!

By on July 19, 2010

Sekarang kita bahas yang agak “semi-semi” kuliahan ya, yaitu tentang pengertian atau arti, fungsi dan jenjang manajemen. Jadi jangan pada alergi kalau bahasanya baku banget.

Soalnya saya lagi buat modul buat pelatihan kewirausahaan dan pelatihan internet marketing di UGM. Jadi sekalian saya upload, he..he..he.. Yup, kita mulai sekarang.

Pengertian manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasi serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai yang telah ditetapkan.

Jadi, kalau dilihat dari artinya, fungsi manajemen itu ada 5, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan.

Idealnya, sebuah perusahaan mempunyai paling sedikit 3 jenjang manajemen. Biasanya perusahaan-perusahaan besar yang sudah mempunyai minimal 3 jenjang manajemen tersebut. Tapi tidak ada salahnya anda mengenal ketiga jenjang manajemen tersebut. Siapa tahu usaha anda nanti jadi besar… :) Ok, ketiga jenjang tersebut adalah :

  1. Manajemen Puncak
    Biasa disebut manajer senior atau eksekutif kunci. Jenjang ini meliputi dewan direktur, direktur utama atau CEO dan lain sebagainya. Tugasnya adalah menyusun rencana umum perusahaan dan mengambil keputusan-keputusan penting tentang merger, produk baru dan pengeluaran saham.
  2. Manajemen Madya
    Biasa disebut manajemen administratif, meliputi pimpinan pabrik dan atau manajer divisi. Mereka bertanggung jawab menyusun rencana operasi dan melaksanakan rencana-rencana umum dari manajer puncak.
  3. Manajemen Operasional
    Merupakan jenjang manajemen terendah yang tugasnya hanya menyangkut pelaksanaan rencana yang dibuat oleh manajer madya. Manajer operasional sering disebut supervisor garis pertama. Karena mereka bertanggung jawab melakukan supervisi kepada para karyawan yang melakukan pekerjaan hariannya, seperti supervisor tim penjualan misalnya.

Nah, kalau dari ketiga jenjang manajemen organisasi perusahaan di atas, usaha anda sudah mempunyai berapa jenjang? Kalau saya tiga-tiganya sudah ada. Cuma masalahnya adalah, ketiga jenjang itu dirangkap jadi satu.

Jadi saya adalah CEO merangkap manajer divisi keuangan merangkap supervisor sekaligus karyawan dan penjaga malam kolam udang saya, ha..ha..ha..

(sumber gambar : kangjavas.wordpress.com)

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. rudy

    February 2, 2011 at 08:46

    mantaf…thanks bang…

  2. Dany

    November 9, 2011 at 19:10

    Mau nanya tetang management puncak, CEO itu sama ga dg Presiden Director? atau jenjangnya di bawah Presdir tp di atas direktur??
    Jd urutannya (dr tertinggi) Presdir-CEO-Dewan direktur ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>