Don't Miss

8 Cara Cari Uang Di Internet Lewat Berjualan Produk (Bagian 2)

By on August 31, 2010

Kita lanjutkan pembahasan yang telah lalu mengenai cara cari uang lewat berjualan produk bagian 1. Pada “episode” kali ini mungki ada beberapa produk yang belum pernah anda lihat, tetapi barangkali sudah sering mendengarnya. Jadi membacanya rileks saja. Atau malah belum dua-duanya ya… :)

5. Menjual Software

Software merupakan salah satu produk yang paling banyak dibeli lewat internet. Produknya juga sangat bervariasi, mulai dari antivirus, antispam dan konco-konconya, pengirim email ke banyak orang hingga program akuntansi atau keuangan buat toko kelontong.

Kalau di benak anda muncul pertanyaan, “Saya kan nggak bisa bikin program komputer?”. Jawabannya adalah mayoritas pelaku bisnis ini bukan developer atau programmer, tetapi marketer. Mereka menggunakan leverage, yaitu tenaga dan pikiran orang lain.

Mereka mempunyai ide kreatif mengenai suatu software, mencari orang yang bisa membuatnya dan kemudian menjualnya. Dan yang paling cerdas adalah menjual software yang dikenakan biaya secara periodik, entah per bulan atau per tahun. Anda ingin tahu contohnya?

Jualan antivirus, karena ada biaya updating data setiap tahun agar software antivirus tersebut bisa terus berjalan dengan baik. Anda hanya perlu melakukan satu kali penjualan, tetapi omzetnya bisa terus didapatkan secara pasif, tentunya selama konsumen anda belum beralih ke antivirus yang lain.

6. Menjual Akses Keanggotaan

Model bisnis ini sekarang memang sedang tren di internet. Kalau di bisnis konvensional contohnya adalah keanggotaan fitness, beladiri atau klub tertentu. Anda bisa mengakses fasilitas yang disediakan karena mempunyai hak atau privilege.

Sedangkan di bisnis internet, biasanya yang diberikan adalah akses informasi baru yang bernilai bagi anggotanya secara kontinyu. Bisa di bidang apa saja. Misalnya akses informasi tentang mengatasi permasalahan ibu dan anak atau cara mencari uang lewat internet seperti yang Anne Ahira lakukan.

7. Menjual Produk yang Haknya Anda Miliki

Ini adalah model yang unik di bisnis internet. Produk informasi yang di jual di internet seperti e-book, software, audio dan sebagainya biasanya mencantumkan tulisan “Personal Use” atau “Digunakan Sendiri”. Artinya, hanya anda yang boleh menggunakan produk tersebut. Mungkin semacam hak paten.

Anda tidak boleh men-share-nya kepada orang lain. Nah, ada hak atau rights lain yang lebih populer karena bisa anda jual ke orang lain.

  • Resell Rights
    Jika anda membeli produk yang tercantum kata resell rights, berarti anda punya hak untuk menjualnya kembali kepada end user. Uangnya? 100 % untuk anda. Tapi end user yang membeli dari anda tadi tidak boleh menjualnya kembali.
  • Master Resell Rights
    Mirip dengan resell rights. Bedanya master resell rights memberi hak kepada customer anda untuk menjual kembali produk dengan kompensasi 100% untuk dirinya.

Tapi ingat, anda sama sekali tidak boleh mengganti atau mengedit produk yang mencantumkan kedua jenis rights ini. Anda harus menjual produk ini apa adanya.

8. Menjual Produk Hasil Packaging Ulang atas Produk dengan PLR

Produk dengan PLR (Private Label Rights) boleh anda edit atau anda ubah semau anda. Bahkan, anda boleh mencantumkan nama anda sebagai pemilik produk. Produk dengan PLR juga mencakup banyak topik.

Anda bisa menjalankan model bisnis ini dengan mengedit atau mengubah nama produk, gambar produk, tampilan di website atau apa pun sehingga produk tersebut menjadi unik dan tidak terlihat berasal dari produk PLR. Hampir mirip prinsip amati, tiru dan modifikasi.

Lengkap sudah pembahasan kita tentang topik cara mencari uang di internet lewat berjualan produk. Semoga bisa menambah wawasan anda tentang produk-produk yang bisa dijual memlalui internet.

Ngomong-ngomong kalau anda masih ada waktu untuk membaca, silahkan anda baca artikel saya tentang rahasia menjadi kaya. Di situ saya jelaskan mengapa banyak orang yang semakin kaya tapi yang lainnya tidak. Insya Allah bisa anda jadikan landasan sebelum memulai bisnis internet. Monggo di lanjut…

(sumber gambar : freshyen.com)

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

5 Comments

  1. Triagung

    September 13, 2010 at 20:21

    belum ada yang komentar neh…padahal bagus pembahasanya…Hmm untuk sekarang saya jual produk orang dulu, maklum belum punya produk sendiri…

    • Om Nip-Nip

      September 14, 2010 at 19:59

      @Tri Agung : hahahahahaha…kayaknya sama lho, saya juga mau jual produk orang dulu… :)

  2. Aan

    July 21, 2011 at 19:04

    sama.. saya juga mulai dari menjual produk orang lain. istilah kerennya “affiliate marketing”. ya, kira-kira begitulah..

    alhamdulillah, sekarang sudah mulai jualan produk dan jasa sendiri. antara lain jasa pembuatan website dan jualan sewa hosting.

    semangat semangat!

  3. takdir

    December 26, 2013 at 22:04

    bagus bgt jadi pengen baca trussss….sampai bisa praktek….maklum ane nowby

  4. takdir

    December 26, 2013 at 22:06

    artikel yg bgs….makasih,,,nowby dulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>