Mau Buat Situs Bisnis? Jangan Terjebak Web Hosting Murah!


By on January 31, 2011

Setelah 2 bulan “berdarah-darah” mencari solusi bagaimana DokterBisnis.net bisa kembali eksis, alhamdulillah, akhirnya DB, panggilan akrab DokterBisnis.Net bisa diakses lagi di internet.

Posting saya kali ini berisi pemberitahuan dan permintaan maaf sekaligus penjelasan mengenai masalah hosting kepada para pengunjung setia DB.

Hampir 2 bulan DB tidak bisa diakses secara normal. Parahnya, penyebabnya nggak cuman satu, beruntun…!!! Kronologisnya seperti ini, awal mulanya saya menggunakan shared hosting lokal.  Pertimbangannya web hosting tersebut punya paket yang murah.

Pada awalnya web DB aman-aman saja menggunakan shared hosting lokal. waktu itu kunjungannya rata-rata masih ratusan visitor per hari. Begitu masuk di angka 1000 visitor per hari, barulah mulai timbul masalah.

Web DB di ban tanpa pemberitahuan. Saya tahunya baru hari kedua. Permasalahnya adalah kinerja web saya tinggi sehingga membuat web-web lain yang menggunakan shared hosting “satu rumah” dengan saya jadi lambat jika diakses.

Ibarat meteran listrik yang dipakai bersamaan, gara-gara listrik yang saya pakai besar, lampu dan peralatan yang menggunakan listrik tetangga saya jadi sering mati. “Njeglek” kalau orang Jogja bilang. Kemudian saya tanya ke customer services-nya.

Katanya saya harus matikan beberapa plugin saya. Oke, saya deaktifkan plugin saya. Kemudian web DB bisa diakses lagi. Baru hidup sebentar, eh, sudah timbul masalah lagi. Bandwithnya habis. Walhasil web DB nggak bisa diakses lagi. Kemudian sama CS-nya (lagi) saya disarankan pakai VPS.

Nah, ini solusinya pikir saya. Akhirnya saya pindah ke VPS. Ternyata nggak semudah itu. Setelah pindah ke VPS, memorynya nggak cukup. Padahal kalau tambah memori harganya sangat mahal. Jadinya web saya baru diakses sebentar sudah “blank” dan harus bolak-balik di-restart.

Belum lagi pengoperasiannya yang jauh lebih rumit dari shared hosting. Dua bulan web DB nggak bisa diakses. Efeknya, satu per satu artikel yang tadinya sudah “nangkring” di page pertama Google hilang. Visitor yang tadinya rata-rata 1000 per hari turun jadi puluhan. Bahkan pernah web DB dikunjungi nggak sampai 10 orang.

Eniwei, anda tahu kan apa itu shared hosting dan VPS? Kalau belum akan saya urai satu per satu karena bagi anda yang bergelut di bisnis online, pemilihan hosting sangatlah penting.

Ok, kita mulai dari pengertian hosting. Hosting adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi atau program atau script dan juga database. Jelas?

Nah, kalau shared hosting adalah layanan hosting di mana sebuah account hosting ditaruh bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama.  Dalam shared hosting, setiap website menggunakan memory, processor, bandwidth secara bersamaan dan berbagi dengan pelanggan yang lain dalam satu server.

VPS atau virtual private server adalah web hosting selangkah lebih maju daripada shared hosting. Jadi VPS adalah teknologi server side tentang operating system dan software yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar di bagi ke beberapa virtual mesin.

Tiap virtual mesin ini melayani operating system dan software secara independen dan dengan konfigurasi yang cepat. Ha..ha.., mumet ya? Gampangnya, dalam VPS, anda seolah-olah mempunyai server sendiri. Jadi anda tidak berbagi web hosting dengan pelanggan yang lainnya.

Saya lanjutkan lagi cerita saya tadi. Setelah muter sana muter sini, akhirnya saya disarankan oleh teman baik saya yang juga pakar bisnis internet, mas Dodo, untuk balik lagi ke shared hosting. Alasannya pertama, saya nggak perlu ribet-ribet mikir untuk mempelajari dan mengelola VPS karena saya harus berkonsentrasi untuk menaikkan traffic web yang sudah loss.

Kedua, untuk kunjungan hingga belasan ribu pengunjung per hari, shared hosting luar negeri masih mampu untuk menanganinya. Ketiga, biaya yang dikeluarkan lebih murah. Wow, lumayan bagus pikir saya.

Dan pilihannya ada 2, jika budgetnya cukup untuk 1 tahun, pakai Bluehost (83.4 dolar setahun). Tapi kalau budgetnya hanya bisa untuk bulanan, pakai Hostgator (9,95 dolar sebulan). Dua perusahaan tersebut bermarkas di USA dan merupakan perusahaan web hosting yang besar.

Mereka menangani puluhan ribu klien, sudah bergerak lebih dari 10 tahun dan memiliki reputasi yang bagus. Fasilitasnya juga sangat menarik, yaitu unlimited hosting space, host unlimited domain (bisa menaruh puluhan ribu website di 1 account saja), ribuan email account dan masih banyak lagi.

Oh iya, untuk link hosting di atas, setiap terjadi transaksi pembelian hosting, saya menerima kompensasi dari Bluehost. Dan di sini, Dokterbisnis.net telah diuji dan ditinjau akan tetapi berdiri secara independen.

Tapi jangan khawatir. Pendapat yang diungkapkan di sini murni dari pengalaman saya sendiri dan saya benar-benar objektif serta tidak menerima paid review atau menulis sebuah ulasan palsu. Anda bisa cek sendiri langsung di Bluehost. 🙂

Dan sebagai imbalan jika anda membeli web hosting bluehost dari link di atas, anda berhak mendapatkan diskon$12, ebook tutorial lengkap “Membangun Bisnis Internet dalam 29 Hari” plus kumpulan puluhan themes cantik wordpress dan video SEO senilai 250 ribu! GRATIS…!!! Tunggu apalagi?

Jadi kesimpulannya adalah, jika anda ingin menjalankan bisnis online atau menggunakan web sebagai media untuk mempromosikan produk atau perusahaan anda, jangan pernah memilih hosting karena anda mengejar harga yang murah.

Web hosting adalah komponen vital dalam bisnis internet anda. Salah memilih bisa menyebabkan kerugian dan kerepotan yang lebih banyak. Anda tidak ingin mengalami hal seperti yang saya alami kan?

(Sumber gambar : eddysetyawan.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

10 Comments

  1. jam tangan

    May 3, 2012 at 15:23

    bagusan hosting luar negeri ya, sudah pakai colocation server, masi aja lemot, gak tau bermasalah dimananya ini.

  2. grosir jam online

    September 27, 2012 at 11:40

    Info nya bagus om, saya baru bekajar nih buat situs bisnis ha5

  3. Pinjaman Uang

    March 26, 2015 at 00:44

    Bagus artikel nya, juragan
    tapi ada yang mau saya tanyakan nih
    Bagaimana cara pembayaran ke bluehost?
    Saya tidak punya rekening paypal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *