Logo Produk Anda Nyawa Perusahaan Anda

By on March 4, 2011

Saya akan sharingkan kepada anda tentang arti pentingnya sebuah logo, karena banyak sekali orang yang masih asal-asalan dalam membuat logo produk atau perusahaannya.

Padahal akibatnya fatal. Anda bisa kehilangan banyak hal, termasuk branding perusahaan anda. Nah, sumber yang saya ambil juga nggak tanggung-tanggung, Tung Desem Waringin. Jadi jangan lewatkan artikel kali ini.

Langsung saja, sekarang coba anda sisihkan waktu selama 30 detik untuk menuliskan minimal lima logo produk yang anda ingat atau yang pernah anda lihat. Produknya bisa apa saja.

Sekarang pertanyaannya adalah, mengapa anda bisa mengingat logo produk tersebut? Jawabannya adalah biasanya, orang mengingat logo disebabkan karena bentuknya yang unik atau menarik. Atau karena logo tersebut mudah dilihat atau dibaca dan bentuk atau tulisannya mudah diingat.

Menurut om Tung DeWe, logo mempermudah kita untuk mengingat sesuatu. Mengapa? Karena pada dasarnya manusia lebih mudah mengingat gambar daripada tulisan.

Oleh karena itu, secara umum biasanya kita lebih mudah mengingat wajah seseorang dari pada mengingat namanya. Apalagi seperti saya. Pernah sewaktu saya sedang mengisi pelatihan internet marketing, saya sampai lupa berkali-kali nama seorang peserta. Padahal pelatihannya berlangsung selama 3 hari.

Maka, untuk melakukan branding, sebuah perusahaan semisal produsen minuman akan mematenkan botolnya, bentuknya, dan lain-lain yang bisa menunjukkan kekhasan suatu produk. Jadi anda tak perlu heran jika seseorang lebih mudah mengingat botolnya atau bentuk produknya daripada nama produknya.

Nah, supaya produk anda lebih mudah diingat oleh konsumen, selain bentuk desain produknya yang unik, anda juga perlu membuat logo yang menarik, mudah dibaca atau dilihat serta mudah diingat. Tujuannya adalah agar konsumen anda tidak mudah salah pilih dengan produk lainnya gara-gara bentuk produknya hampir sama dengan produk anda, padahal logonya berbeda.

Apalagi kalau produk anda adalah produk inovatif atau produk yang masih baru. Misalnya, karena sama-sama produk air dalam kemasan, bentuk botolnya hampir sama, terkadang orang lupa apa merek atau bagaimana logonya produk tersebut.
Maka, anda perlu mendesain logo sejak awal dengan perhitungan yang matang.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan seperti yang telah dijelaskan di atas. Logo anda harus mempunyai unsur menarik, mudah dibaca atau dilihat, dan mudah diingat. Hal itu juga berkaitan dengan pilihan warna, tipe huruf dan komposisi bentuk.

Dan jika anda ingin memberikan penawaran yang sensasional, anda harus membuat logo anda sedemikian rupa sehingga orang akan mudah mengingat produk anda dan membelinya. Anda tidak akan was-was produk anda tertukar dengan produk yang lain.

Perlu anda ketahui, cukup banyak perusahaan yang mendesain logo hanya karena bentuknya dianggap indah ataumenarik saja, tetapi tidak mempertimbangkan faktor mudah dilihat, dibaca dan mudah diingat. Dan ketika produk dipasarkan, konsumen banyak yang lupa apa nama produknya dan bagaimana logonya.

Bisa jadi konsumen pertama kali akan membeli produk tersebut. Namun karena lupa merek atau logonya, di kemudian hari kemungkinan mereka akan membeli produk kompetitor yang logonya lebih mudah diingat.

Dan dalam membuat logo baik logo produk atau perusahaan, anda juga harus mempertimbangkan faktor teknis desainnya. Seperti bagaimana jika logo anda tersebut diletakkan di kop surat, amplop, brosur atau mungkin dalam beberapa bentuk atau media lain yang lebih kecil misalnya di kartu nama, bolpoint atau pensil.

Anda juga harus pertimbangkan apakah logonya masih terlihat dengan jelas atau tidak. Jadi anda harus menimbang apakah desain logonya masih bisa anda pertahankan komposisinya baik bentuk, warna, atau tipe hurufnya. Bila logonya terlalu rumit kemudian diaplikasikan ke dalam media yang kecil, biasanya logo menjadi terlihat tidak jelas.

Maka dari itu, banyak perusahaan-perusahaan atau produk yang mengganti logonya (bahkan dengan biaya yang sangat tinggi) menjadi lebih baik (memberi arti yang lebih positif), lebih menarik, mudah dilihat, mudah dibaca, dan mudah diingat.

So, jika anda belum telanjur membuat logo suatu produk atau perusahaan Anda, pertimbangkan kembali faktor-faktor tersebut.

(sumber gambar : ahli desain.com)

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

3 Comments

  1. Bhagas

    March 7, 2011 at 18:35

    Halo Om,Artikel menarik yang sanya ingin tanyakan, bagaimana membuat logo yang cocok dilihat dari warna, produk, sasaran pasar atau yang lain. sbagai contoh seperti sari Salak Pondok(produk agri), warna coklat mengikuti warna salak dan sasaran psar tempat wisata.

    mungkin ada tips2 tambahan bagaimana membuat logo yang mudah diingat dan menjadi ciri khas dari produk kita (menyangkut warna dan psikologi pasar) trim’s

  2. joko umbaran

    October 21, 2012 at 18:59

    artikel yg bagus,sayangnya aku blm tau bgaimana cara membuat perusahaanku,yg berkecimpung di bidang garam.dgn kontribusi kedepan ingin mencerdaskan anak bangsa.dan ingin menjadi manusia yg mandiri dan mampu ikut menyerap tenaga kerja yg semakin menunggu dlm pengangguran.selain itu say jg ingin meningkatkan ekonomi masyarakat se-utuhnya.mohon bantuanya trimakasih.

  3. ulum

    October 29, 2012 at 10:47

    Itu mengapa jasa desain logo mahal ya mas.. logo memang sangat penting untuk proses branding perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>