9 Jenis Usaha Jasa yang Paling Banyak Dicari di Internet

Bahasan kali ini adalah tentang ide bisnis di bidang jasa, tapi saya khususkan yang online alias di jual lewat internet. Soalnya mah, kalau yang dijual lewat offline dah banyak, seperti jasa rental mobil, jasa fotocopy dan sebagainya.

Dan perlu anda ketahui, tidak semua jasa bisa anda lakukan lewat internet. Contoh jasanya adalah potong rambut. Anda bisa nggak motong rambut konsumen anda lewat internet? Kalau bisa saya daftar, wakakakakakaka…

Tipsnya, kalau anda mau menjalankan peluang usaha jasa online, carilah macam usaha jasa yang populer dan banyak dibutuhkan oleh pencari jasa tersebut. Pokoke yang high demand lah…

Saya akan berikan 9 macam bisnis jasa online yang populer dan banyak dibutuhkan orang. Sembilan jasa online ini saya dapat dari Om Hianoto dan Sukarto lewat BBI-nya, Belajar Bisnis Online.

Silahkan anda cek ki dot dulu…

  1. Desain Grafis
    Meliputi desain logo, banner, website, brosur, packaging produk, website header, dan masih banyak lagi. Contoh desainnya, anda bisa lihat artikel saya tentang info desain murah.
  2. Pembuatan Website
    Meliputi website statis, website dinamis dengan database, website dengan WordPress, Joomla, Drupal, atau dengan Content Management System lainnya.
  3. Coding atau Pemrograman Sofware atau Script
    Meliputi segala macam bentuk software, mulai dari yang sederhana hingga yang sangat kompleks. Banyak orang berpikir bahwa software yang dijual oleh perusahaan dari negeri Paman Sam dibuat orang Amerika juga. Padahal, banyak yang dialihdayakan (outsourcing) ke programmer lokal di Eropa Timur atau India.
  4. Penulisan Artikel
    Semua website membutuhkan content atau isi agar memberikan value atau manfaat bagi visitor. Artikel adalah salah satu konten yang sering dicari. Namun banyak orang tidak bisa atau tidak sempat membuat artikel sendiri sehingga membutuhkan orang yang mampu menulis sesuai dengan permintaan. Lha, ini dulu merupakan salah satu pekerjaan saya sebelum mulai nge-blog sendiri, he..he..he… Biaya penulisan artikel dengan isi 400-600 kata biasanya berkisar antara US$ 6 sampai US$ 20. Seorang penulis artikel profesional bisa menulis 10-15 artikel per hari. Kok bisa bikin artikel bayarannya mahal? Bisa saja, karena website atau blogging bisa menghasilkan uang melimpah! Makanya banyak orang yang berburu artikel kalau nggak sempat nulis sendiri.
  5. Copywriting
    Ini adalah jasa pembuatan sales letter atau penulisan yang bertujuan meyakinkan orang untuk membeli sesuatu. Menjadi copywriter yang handal membutuhkan skill, pembelajaran yang intensif dan jam terbang yang tinggi. Itulah sebabnya seorang copywriter yang bisa menulis tiga halaman sales letter yang bagus dan hanya mengenakan biaya US$ 1,000 dianggap murah. Copywriter top biasa dibayar US$ 20,000 sampai US$ 30,000 per sales letter yang dibuat. Ganas gak tuh gan...
  6. Pembuatan Transkrip
    Pemberi pekerjaan memberikan rekaman audio atau video ke penyedia jasa transkrip yang kemudian akan menghasilkan teks kata demi kata dari rekaman tersebut.
  7. Penerjemahan
    Permintaan terhadap jasa ini sangat tinggi karena saat ini banyak orang ingin membuat website, e-book, artikel, dan sajian informasi lainnya dalam berbagai bahasa. Nggak percaya? Saya contohnya. Inggris saya gagagugu… Jadi saya pakai jasa penerjemahan kalau pas butuh konten bahasa Inggris… :)
  8. Melakukan SEO (Search Engine Optimization)
    Lha, kalau anda menguasai bidang ini, jasa SEO ini sangat dibutuhkan oleh pemilik website untuk meningkatkan peringkat website-nya di search engine. Capaian yang diinginkan biasanya adalah halaman 1 di search engine. Kalau anda memiliki keahlian ini, pasar anda adalah seluruh dunia karena hampir semua pemilik website menginginkan hal ini.
  9. Pengelolaan iklan PPC
    Jasa ini mulai banyak dibutuhkan seiring dengan semakin efektifnya iklan PPC (Pay Per Click) dalam mendatangkan kustomer. Banyak pemilik website tidak mau repot belajar memasang iklan PPC secara efektif dan efisien. Jika memiliki ketrampilan ini, anda bisa mengelola klien perusahaan atau individu dalam penggunaan iklan PPC di Google Adwords, Yahoo Search Marketing atau MSN Ad Center.

Sebetulnya masih banyak lagi jasa yang dibutuhkan orang di internet. Tetapi perlu dilakukan riset lebih jauh di beberapa outsourcing marketplace, yakni perantara pihak penyedia jasa dengan pihak yang membutuhkan jasa. Dari riset tersebut, anda akan bisa melihat tren kebutuhan dari bisnis outsourcing.

Now, tunggu apalagi? Kalau anda punya salah satu skill di atas, nggak ada salahnya anda coba sekarang. Apalagi kalau keahlian di atas adalah hobi anda. Anda senang tho kalau punya hobi yang menghasilkan? Pokoknya tinggal tekan “X” kemudian tekan “angka 3″, Go..Go..Go… (emangnya maen point blank :)).

(sumber gambar : seo-surabaya.com)

Advertisement

9 Jenis Usaha Jasa yang Paling Banyak Dicari di Internet

9 Comments

  1. zoowerkz design says:

    thanks infonya..:D

  2. info says:

    boleh juga neh idenya, bisa jadi referensi.. thanks bro infonya

  3. Kumpulan software email marketing says:

    Kalau boleh ane tambahin yang banyak di cari pebisnis online adalah jasa iklan massal dan jasa kirim email massal.menurut pengalaman ane(dulu pernah usaha jasa kirim iklan massal) konsumen terbesar adalah orang-orang yang ikut bisnis online tapi kerjaannya kantoran.jadi orang2 ini tidak sempat beriklan.

  4. jual villa bali says:

    Ulasannya sangat menginspirasi. Terimakasih ya..

Leave a Comment

9 Jenis Usaha Jasa yang Paling Banyak Dicari di Internet