Ada Apa dengan Bisnis MLM? (Bagian 1)


By on June 14, 2011
bisnis mlm

Sebelum membahas tema kali ini tentang “Ada Apa dengan Bisnis MLM“, saya cerita sebentar kronologisnya ya. Biar nggak “spaneng”. Jadi begini, akhir-akhir ini saya baru getol belajar bisnis online.

Maksud saya, saya baru getol memperdalam lebih dalam ilmu silat bisnis online. Akhirnya, saya terdampar di salah satu pusat pembelajaran bisnis online. Mentornya keren.

Cara ngajarnya terstruktur dan bukan cuman teori belaka. Beliau seorang praktisi yang telah memperoleh penghasilan besar di internet marketing. Nah, di salah satu videonya, saya mendengar kata-kata yang sangat sangat tidak asing di telinga saya.

Bunyinya seperti ini, “Kalau anda menggunakan cara seperti itu, kapan anda jalan-jalannya? Kapan anda menikmati hidupnya? Tujuan anda untuk masuk di bisnis ini kan salah satunya untuk freedom!”.

Kemudian saya “selidiki” si mentor tersebut. Eh ternyata.. ternyata… dia pernah ikut MLM juga. Katanya peringkat tertingginya “Ruby Direct”. Kemudian beliau mundur karena alasan pribadi. Mirip saya, he.. he.. he…

Pantas kata-katanya nggak asing, batin saya. So, saya jadi teringat 8 tahun yang lalu sewaktu masih bergelut di bisnis MLM. Kata-kata tersebut selalu saja diucapkan oleh leader-leader saya.

Karena nostalgia tersebut, saya tergerak untuk menjelaskan apa sih sebenarnya yang harus diketahui dan dipahami jika seseorang ikut bisnis MLM?

Begini, pertama, jangan ikut bisnis MLM karena UANG-nya. Kebanyakan distributor bisnis MLM akan menunjukkan kepada anda bahwa di bisnis tersebut, ada orang yang bisa mempunyai penghasilan puluhan bahkan ratusan juta rupiah per bulan. Dan… anda juga bisa mendapatkannya!

Benar, saya percaya ada orang yang bisa mempunyai penghasilan yang besar di MLM. Saya pernah melihatnya dengan mata kepala saya sendiri, orang yang benar-benar bekerja keras di bisnis ini dan berhasil. Orang yang tidak pernah menyerah!

Jadi saya tidak meragukan potensi penghasilan yang sangat besar, walaupun itu didapat dari MLM Indonesia. Yang jelas, umpan memperoleh banyak uang membuat banyak orang masuk ke dalam bisnis ini. Namun yang saya tahu, sangat tidak disarankan anda terjun di bisnis MLM terutama karena uangnya.

Kedua, bukan juga karena PRODUK-nya. “Kami mempunyai produk yang terbaik.” Pernyataan itu merupakan keuntungan kedua yang selalu ditekankan oleh distributor kepada calon prospeknya.

Dan kenyataannya, mereka memang selalu mempunyai produk-produk yang sangat baik. Mulai dari produk perawatan rumah yang habis terpakai, bisnis pulsa mlm, real estate, perhiasan, produk kesehatan dan masih banyak lagi.

Dan sekali lagi saya tekankan, produk yang baik juga bukan alasan utama yang mendorong anda untuk masuk di bisnis ini. “Lalu alasan apa yang membuat saya harus terjun di bisnis MLM? Ini nggak boleh, itu nggak boleh!” Pertanyaan bagus…

Anda bisa masuk ke MLM karena RANCANGAN PENDIDIKANNYA. Alasan utama yang harus anda pahami jika anda masuk ke bisnis MLM adalah pendidikan bisnisnya. Anda akan diajari dasar-dasar menjadi wirausaha sukses di sana. Mau tahu seperti apa pendidikan bisnisnya? Anda bisa simak di posting berikutnya…

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

18 Comments

  1. ATM Tiket

    March 11, 2013 at 16:22

    Sangat setuju, dalam mlm akan memdapatkan ilmu bisnis dalam menjalankan usaha untuk membangun asset, jika fokus maka penghasilan bisa sangat besar dan penghasilannya berupa pasif income…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *