Ide Usaha Modal Kecil, Persewaan dan Taman Bacaan Non Komik


By on May 10, 2013
ide-usaha-modal-kecil-taman-bacaan-unik

Jika Anda berminat menjalankan sebuah usaha tapi terbentur modal, salah satu solusi jitu yang bisa Anda lakukan adalah mengamati lingkungan sekitar Anda.

Dengan melakukan hal tersebut, niscaya Anda akan menemukan sebuah ide usaha modal kecil yang bisa Anda jalankan. Atau mungkin dengan membaca informasi ini, saya bisa menginspirasi Anda untuk menemukan salah satu ide usaha taman bacaan.

Sekitar 15 tahun terakhir ini sebagian besar ABG sampai yang sudah lebih gede sedikit (baca – mahasiswa) terkena trend membaca. Ini efek dari serangan komik Jepang pada era 90-an dan trend novel ringan semacam di awal 2000-an.

Belum lagi masuknya novel-novel fiksi modern. Saya tidak merekomendasikan Anda untuk membuka taman bacaan model seperti ini !! Karena menurut hemat saya, hal tersebut tidak mendidik sama sekali.

Belum lagi unsur-unsur kesyirikan dan pornografi yang ada di komik-komik tersebut. So, yang akan saya coba bahas adalah usaha taman bacaan yang mendidik, unik dan eksentrik, ha..ha..ha..

Saya lanjutkan… Nah, tingginya minat membaca ini seringkali tak berbarengan dengan kemampuan membeli yang optimal. Sejujurnya, kebanyakan mereka masih bergantung kiriman ortu.

Dijatah uang harian atau bulanan. Jadi kalau mereka harus beli buku yang tidak berhubungan dengan kuliahnya atau hanya akan mereka baca satu dan dua kali, jelas mereka masih harus berpikir panjang.

Kondisi ini tentu bisa menjadi ide usaha bagi Anda, yaitu membuat sebuah usaha taman bacaan. Usaha ini memang sudah pasaran. Kalau Anda lagi jalan-jalan dikawasan kampus sekitar kota Jogja saja, sudah banyak usaha taman bacaan bertebaran.

Maka dari itu, Anda saya ajak untuk mencoba membuka usaha taman bacaan yang unik. Yaitu usaha persewaan atau taman bacaan yang isinya buku-buku pelajaran, pendidikan serta pengetahuan seperti buku tentang bagaimana budidaya jamur tiram, buku tentang bisnis sampingan atau buku tentang perkembangan gadget semisal tablet dan smartphone.

Anda tahu apa yang menarik dari usaha taman bacaan ini? Dan mengapa saya katakan ini usaha taman bacaan ini adalah ide usaha modal kecil yang unik? Mungkin beberapa fakta ini bisa menjadi jawaban bagi Anda.

  1. Dekat dengan Anak Muda
    Usaha ini dekat dengan dunia anak muda, pelajar dan mahasiswa. Kelebihan dari kalangan ini mereka termasuk mudah terbujuk, mudah terpikat dan cukup impulsif (ini kelebihan apa kekurangan ya, ha..ha..ha..) Anda bisa memanfaatkan “kelebihan” ini dengan promosi dan paket-paket sewa yang menggoda.
  2. Banyak Segmen Pasar yang Belum Tersentuh
    Gara-gara identik dengan dunia anak muda, lantas rata-rata taman bacaan muncul di kawasan mahasiswa, kampus, kos-kosan dan dekat sekolahan. Tapi pernahkan Anda terlintas membuka taman bacaan dekat kawasan perumahan? Bahkan dengan ini target pasar Anda bisa meluas hingga kalangan dewasa dan orang tua.
  3. Minim Modal
    Usaha ini memang usaha yang cukup minim modal, jadi jangan heran kalau saya kategorikan dalam ide usaha modal kecil. Anda hanya membutuhkan kios kecil,bahkan jika Anda hanya punya ruang sebesar 3 x 3 m.
  4. Lagi, Masih Soal Modal Kecil
    Anda mungkin pernah mendengar salah satu hal yang mendorong sebuah taman bacaan populer adalah kelengkapan bukunya. Ternyata untuk melengkapi buku, Anda tak harus menguras kantong dalam-dalam. Membeli buku bekas melalui agen penjualan buku bekas bisa menjadi pilihan jitu. Mereka bahkan sanggup menyediakan setidaknya 700 buku bekas dengan dana hanya sebesar 3 jutaan. Wow !! Jangan koprol ya… 🙂
  5. Banyak Sumber Buat Cari Buku Bekas
    Selain beli buku bekas, ada sumber lain yang “lowbudget” adalah menyewa buku dari relasi Anda yang memang pengkoleksi buku. Ketika sekarang tumpukan komik ini hanya menyita ruangan kamar atau gudang mereka, tawaran untuk Anda sewa demi melengkapi taman bacaan Anda bisa menjadi solusi juga buat mereka. Juga pada saat toko buku sedang cuci gudang, harga yang mereka patok bisa murah sekali. Contohnya Gramedia. Sering saya lihat mereka menjual buku di saat cuci gudang hingga 70% potongannya.

Jadi, kesimpulannya usaha taman bacaan yang unik di atas bisa Anda jadikan inspirasi untuk ide usaha modal kecil kan? Mungkin untuk menambah wawasan Anda, tak ada salahnya Anda menyempatkan ngobrol dengan pemilik taman bacaan yang sudah berjalan.

Hasil ngobrolnya boleh Anda share di sini, ho..ho..ho. Tapi ingat, ini baru sekadar ide bisnis lho ya. Prakteknya, Anda harus tetap melakukan riset pasar plus bikin business plan-nya. Jangan asal nggradak. Oh iya, untuk ide ini, resiko ditanggung penumpang lho, xixixixixi…

(sumber gambar : zubarman.wordpress.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *