Wiraswasta Rumahan Modal Murah Meriah, Bimbel Calistung


By on May 10, 2013
wiraswasta rumahan bimbel calistung

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa ikut membantu suami cari nafkah. Jika Anda berkomitmen ingin menjadi ibu rumah tangga yang utuh, tentu pilihan profesi yang tidak perlu meninggalkan rumah jauh lebih utama. Salah satu profesi ini adalah wiraswasta rumahan.

Kali ini saya akan mengajak Anda untuk mengupas salah satu jenis wiraswasta rumahan yang cukup mudah Anda praktekan di rumah, dengan modal usaha yang tergolong kecil. Dan tentu saja insya Allah tidak sulit untuk memasarkannya. Usaha rumahan tersebut adalah usaha bimbel calistung.

Ide usaha bimbel calistung ini asalnya dari model pendidikan formal belakangan ini yang memang sudah bergeser jauh dari sistem pendidikan jaman tahun 80an dulu. Dahulu untuk masuk SD, tidak ada tes apapun, langsung masuk dan terdaftar jadi murid.

Tapi sekarang, untuk masuk SD seorang anak harus memahami calistung (bahasa gaul dari baca tulis hitung). Bahkan tak jarang SD tertentu mengadakan tes untuk calistung sebagai syarat masuk. Anak yang tidak fasih dalam calistung akan kesulitan dalam mencari SD.

Dan kendalamnya adalah situasi orang tua dengan segala keterbatasan waktu dan kemampuan untuk membantu anak memahami calistung. Artinya, sering kali para orang tua membutuhkan peran pihak ketiga untuk membantu.

Meski sekarang semua anak sudah mendapat pendidikan formal dari Taman Kanak-kanak, tetap saja dianggap belum cukup. Disinilah peran penting usaha bimbel calistung.

Seperti yang telah saya jelaskan di atas, usaha yang satu ini bisa Anda golongkan sebagai wiraswasta rumahan. Pasalnya bimbel calistung tidak memerlukan sewa kantor atau ruko untuk operasional. Beda dengan usaha laundry. Cukup Anda sediakan sebuah ruangan ukuran kamar di rumah Anda sendiri.

Tata ruangan tersebut sedemikian rupa sebagaimana layaknya ruang kelas dalam kursus. Sebagai usaha wiraswasta rumahan, usaha ini juga tidak membutuhkan modal besar. Dan yang paling penting hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 saja. Jadi peran Anda sebagai ibu rumah tangga tidak akan terganggu.

Jika Anda memang tertarik membuka usaha bimbel calistung ini, saya akan berikan beberapa hal yang perlu Anda persiapkan di awal. Yang jelas, tidak terlalu rumit sebagaimana biasanya usaha wiraswasta rumahan lainnya. Persiapan itu antara lain :

  1. Persiapkan Ruangan
    Sebagaimana telah saya bahas sebelumnya, usaha ini hanya membutuhkan sebuah ruang atau kamar yang Anda tata sebagai ruang kelas. Sebagai catatan, ruang kelas ini sebaiknya nyaman dan menarik bagi anak-anak. Misal ruangan dengan warna cerah atau ornament yang bernuansa anak anak. Anda bahkan bisa memilih konsep lesehan dengan karpet dari evamat puzzle huruf. Nantinya karpet bisa Anda jadikan media belajar juga.
  2. Persiapkan Materi
    Memberi kursus untuk anak-anak jelas berbeda dengan kursus untuk anak sekolah. Anak anak cenderung menyukai materi yang bersifat bermain dan bersenang-senang. Jadi berikan materi belajar dengan konsep anak-anak, supaya mereka lebih cepat paham sekaligus tidak cepat bosan. Anda bisa memperkaya diri Anda dengan materi dengan berbagai buku materi PAUD dan TK di berbagai toko buku.
  3. Tentukan Pasar Anda
    Di awal, Anda harus tentukan dulu segmentasi pasar mana yang akan Anda masuki. Pasar ekonomi menengah ke atas atau pasar menengah kebawah. Ini nantinya akan berkaitan dengan sistem promosi, media promosi yang Anda pilih serta pembuatan modul dan peraga dalam kelas. Kalangan ekonomi ke atas jelas akan menuntut Anda dengan fasilitas no 1, media peraga terbaik seiring kemampuan mereka dalam membayar.
  4. Lakukan Promosi
    Promosi di sini tidak selalu berarti Anda harus mengeluarkan dana yang besar. Lakukan promosi efektif seperti promo di berbagai TK ketika pertemuan orang tua atau ketika pembagian raport. Anda juga bisa melakukan promosi di perumahan melalui pertemuan arisan.

Tidak begitu sulit kan membuka usaha bimbel calistung? Usaha wiraswasta rumahan yang satu ini jelas bisa Anda jadikan alternatif pilihan. Selain modalnya yang kecil dan mudah Anda jalankan, usaha ini tidak menganggu kegiatan Anda sebagai ibu rumah tangga. Anda tertarik untuk menekuninya?

(sumber gambar : twitter.com/Heru_SmartKidz)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. Magda

    October 13, 2013 at 17:04

    Dear ….
    mohon bantuan infi yg lengkap mengenai bimbel tersebut, karena saya berencana akan membuat bimbel di rumah s
    saya, denagn 2 kamar yg akan saya pakai untuk bimbel. kohon info dan biaya-biayanya…
    saya tunggu kabarnya…
    terima kasih….

    • Om Nip-Nip

      October 14, 2013 at 14:10

      @Magda : maaf, untuk info lebih lanjut tentang bimbel ini belum bisa kami tampilkan dikarenakan keterbatasan waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *