Majalah Pengusaha, Sumber Inspirasi Para Pelaku Usaha


By on May 12, 2013
majalah-pengusaha

Membaca adalah jendela ilmu. Peribahasa ini adalah peribahasa lama yang sudah barang tentu Anda kenal sejak SD. Dan IMHO, peribahasa ini masih sangat sesuai dengan situasi masa sekarang, dan masa-masa yang akan datang.

Membaca selalu bisa mendatangkan inspirasi dan membuka pemikiran. Bagi para pelaku bisnis, Anda juga harus demikian. Bacalah majalah pengusaha yang bagus, up to date dan tidak membosankan.

Biasanya, ide-ide segar dalam dunia usaha dan segala peristiwa di dalamnya akan membuka pemikiran Anda. Profil para pelaku usaha yang pada umumnya tidak pernah absen mengisi majalah pengusaha juga bisa memberi spirit baru bagi Anda yang baru “down”.

Berbagai macam ide-ide bisnis brillian serta segala problematika usaha seringkali di bahas di majalah pengusaha. Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang peristiwa dan kondisi bisnis terkini yang menjadi isu terhangat bisnis yang patut untuk Anda ketahui.

Situasi politik dan keamanan yang secara signifikan memberi efek kepada dunia bisnis bisa Anda dapatkan dengan membaca majalah pengusaha.

Saya punya beberapa referensi majalah pengusaha yang setidaknya bisa Anda jadikan pilihan. Beberapa brand besar seperti SWA, Infobisnis, Ekbis dan Market Plus bisa Anda jadikan referensi. Ada juga majalah pengusaha dari luar negeri kelas internasional yang bisa Anda perhitungkan seperti Forbes, Fortune dan Business Week.

Juga ada beberapa majalah umum Nasional yang juga menyediakan rubrik ekonomi dan bisnis secara cukup informatif dan lengkap seperti Tempo, Trust dan Oktomagazine. Masih banyak lagi majalah pengusaha lainnya yang cukup informatif, walaupun belum memiliki nama-nama  besar seperti yang saya sebutkan di atas. Contohnya majalah pengusaha online dokter bisnis, he..he..he..

Dan bagi Anda yang belum terjun ke dunia bisnis dan investasi, bosan menjadi karyawan tapi belum memutuskan untuk mundur dari tempat kerja Anda, membaca majalah pengusaha secara rutin akan membuat diri Anda terpola sebagai seorang pengusaha. Anda akan berpikir seperti pengusaha dan beraksi layaknya seorang pengusaha. 

Dari penjelasan singkat tentang manfaat membaca majalah pengusaha di atas, sayang kan jika hari-hari Anda tidak diisi dengan membaca majalah pengusaha? Ok, saya akan sarikan lebih detail dan terstruktur apa manfaatnya jika Anda membaca majalah pengusaha.

  1. Majalah pengusaha sebagai sumber informasi.
    Poin ini jelas menjadi manfaat yang paling signifikan. Sebuah majalah pengusaha akan memberikan sejuta informasi kepada Anda sebagai pembaca. Segala informasi mengenai situasi dunia bisnis dan segala yang berkaitan, ide-ide usaha dan berbagai tips taktis dalam menghadapi berbagai kendala dalam usaha pasti dijabarkan di situ.
  2. Majalah pengusaha sebagai media informasi.
    Poin ini menunjuk pada keberadaan rubrik suara pembaca yang selalu ada dalam sebuah majalah pengusaha. Dengan rubrik ini, pembaca dapat berkomunikasi dua arah dengan penerbit atau pengasuh rubrik yang biasanya adalah seorang pengusaha atau seorang profesional di bidangnya. Selain itu melalui berbagai topik dalam majalah pengusaha, Anda bisa berkesempatan berinteraksi dengan para pelaku usaha, para inspirator dan pihak pemerintah.
  3. Majalah pengusaha sebagai media promosi.
    Biasanya dalam majalah pengusaha selalu ada rubrik advertorial yang dapat menjadi jendela informasi bagi pelaku usaha untuk mempublikasikan berbagai aktivitas dalam usahanya. Mulai dari gathering, launching produk, iklan jasa-jasa yang berkaitan dengan bisnis hingga penerimaan award bisnis. Informasi yang serpeti ini mengandung unsur promosi yang cukup efektif sebenarnya. Target market-nya jelas.
  4. Majalah pengusaha sebagai media pembelajaran.
    Dalam majalah pengusaha, sudah pasti terdapat berbagai rubrik mengenai segala tips dunia usaha, ide-ide segar hingga berbagai perkembangan dalam dunia teknologi dan keilmuan yang dapat bermanfaat pada dunia bisnis. Anda akan mendapatkan pembelajaran praktis di sana.

Jadi sekali lagi, tidak salah kan kalau saya sarankan kepada Anda untuk jangan absen membaca majalah pengusaha? Tapi ingat, ambil yang baik-baik saja. Tidak semua majalah pengusaha hanya memberikan efek positif. Terutama bagi Anda yang beragama muslim, hindari hal-hal yang bertentangan dengan agama. Sekian dari saya, selamat beraktifitas…

(sumber gambar : www.123rf.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. riskha

    June 1, 2013 at 09:47

    Artikel ini bener banget,sy biasanya membaca majalah pengusaha utk mengetahui strategi marketingnya.. idenya sering tidak disangka2 namun brillian dan tepat sasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *