Peluang Usaha Kuliner di Bidang Jasa : Kursus Memasak Untuk Anak

By on May 12, 2013

Untuk edisi postingan kali ini, saya akan memberikan info tentang diversifikasi peluang usaha kuliner. So, yang saya sharing hanya infonya, bukan ulasan detailnya.

Jika selama ini yang terlintas di pikiran Anda tentang peluang usaha kuliner adalah bikin katering, buka warung makan atau waralaba restoran cepat saji, saya akan ajak Anda untuk mencoba sesuatu yang berbeda.

Apa itu? Peluang usaha kuliner di bidang jasa, bisnis kursus memasak untuk anak. Sebenarnya bisnis ini bukan masuk kategori kuliner. Tapi kategori jasa. Berhubung kata kunci yang saya bidik peluang usaha kuliner, yah tak apalah. Maafkan saya, ha..ha..ha..

Kursus memasak jenis ini terbilang baru, karena kursus memasak ini bukan untuk orang dewasa. Kursus ini khusus untuk anak-anak.

Meski kursus memasak ini untuk anak, jangan dikira acaranya cuman sederhana dan main-main. Kursusnya seperti kursus memasak orang dewasa dan bahan makanan yang diolah adalah bahan makanan asli.

Dan siapa bilang anak-anak tidak bisa masuk dapur? Jaman sekarang sudah tidak asing lagi kalau beberapa anak lebih suka memasak daripada sekolah pendidikan formal.

Istri saya punya sahabat, anaknya susah sekali kalau diajak belajar bebeapa pelajaran penting di sekolah. Masih SD. Ternyata bukan karena dia pemalas atau bodoh. Minat dia nggak disitu. Akhirnya oleh istri saya si orang tua disarankan agar anaknya masuk ke sekolah kuliner, mengingat hobi dia sering sekali bereksperimen masakan.

Ternyata benar! Bakatnya luar biasa. Jadi peluang ini punya prospek yang cerah. Dan sekedar info, di Amerika sana, sudah ada acara lomba masak tingkat Nasional. Namanya Masterchef Junior. Siapa lagi yang bakal ikut acara seperti ini kalau bukan anak-anak?

Konon beberapa ahli psikologi juga meyakini bahwa salah satu solusi bagi si Picky Eater alias “si susah makan” adalah membiarkan mereka untuk makan hasil masakan mereka sendiri. Biasanya gara-gara yang bikin dia sendiri, tau-tau si anak jadi doyan makan.

Ilmu memasak ternyata juga memberi nilai lebih bagi anak dalam ilmu lain, berhitung misalnya. Tidak hanya berhenti sampai disitu. Beberapa karakter akan tumbuh pada anak berkat aktivitas memasak, seperti lebih tekun, teliti, hati-hati namun juga pemberani. Itu yang saya ketahui dari ulasan artikel psikologi anak. Bukan opini saya.

Nah, peluang usaha kuliner yang satu ini memang merupakan reaksi dari tingginya animo para orang tua yang ingin memperkenalkan dunia dapur pada putra putri mereka. Jangan salah, tidak cuman putri yang ikutan kursus, anak cowok juga ikutan. Soalnya konon para orang tua banyak yang terinspirasi dengan Chef Juna yang tetap “Manly” meski kerjaannya di dapur.

Untuk membuka sebuah usaha kuliner semacam ini, ada beberapa pendekatan yang berbeda. Terutama karena di usaha ini, ada dua aspek yang harus Anda perhatikan, yakni sisi pendidikan memasaknya dan sisi dunia anak-anaknya. Kedua sisi ini memerlukan teknik yang berbeda. Dan jika Anda mampu mengakalinya, peluang usaha kuliner ini bisa bertahan lama dan berhasil.

Ok, berikut tips peluang usaha kuliner kursus memasak untuk anak. yang pertama adalah dari sisi pendidikan memasak. Disini Anda harus membuat kurikulum memasak. Mulai dari teknik sederhana hingga teknik rumit. Ada proses untuk memberikan pemahaman kepada peserta kursus, bukan sekedar meminta mereka mengikuti cara si pengajar dalam memasak.

Sisi yang kedua adalah dunia anak-anak. Permasalahan dalam hal ini adalah dunia anak-anak memiliki beberapa kondisi khas yang perlu Anda pahami. Misalkan mereka suka dunia bermain, warna-warna yang cerah serta bentuk-bentuk yang lucu.

Jadi buat suasana kursus Anda seperti arena bermain bagi mereka.Persis seperti apa yang saya jelaskan di usaha bimbel calistung.

Selain itu, keterbatasan mereka dalam menggunakan peralatan dapur dan teknik memasak yang rumit juga perlu Anda pertimbangkan. Cari pengajar yang akrab dengan anak, sabar dan mampu menerangkan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh si anak.

Kemudian, pilihlah menu yang tidak terlalu rumit dengan proses yang menyenangkan seperti bermain tepung, mengaduk atau membentuk. Jangan Anda kasih resep seafood kepiting saus tiram madu ala Timur Tengah. Besoknya pulang semua peserta kursus Anda!

Kemudian susunlah hasil masakan dengan platting berbentuk lucu dan menarik. Pilihlah pula menu dengan nilai nutrisi yang sesuai kebutuhan anak.

Satu hal lagi, dalam menjalankan peluang usaha kuliner satu ini, Anda harus gencar melakukan promosi. Karena peserta kursus adalah anak-anak, cari cara-cara yang efektif. Misal dengan melakukan perkenalan di berbagai institusi pendidikan, dan sebagainya.

Dan perlu Anda ketahui, sebaiknya Anda mengambil peserta pada usia TK. Anak TK biasanya mempunyai kemampuan motoric yang lebih matang. Lakukan sedikit rayuan maut mengenai manfaat memasak bagi anak ke orang tua, maka usaha Anda akan dibanjiri peserta.

Terangkan juga bahwa Anda mampu menghindarkan anak dari bahaya dapur! Beri penjelasan kepada orang tua bahwa Anda mampu memadukan keamanan tanpa menghilangkan esensi keberhasilan dari tujuan kursus memasak.


Saya rasa info tentang diversifikasi peluang usaha kuliner di bidang jasa kursus memasak untuk anak saya cukupkan sampai di sini, berhubung istri dan anak saya sudah siap untuk jalan-jalan, ho..ho..ho.. See you…

(sumber gambar : kolomkita.detik.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan.So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya.Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + seven =