Usaha Menguntungkan dari Kain Premium Katun Jepang


By on May 13, 2013
usaha-menguntungkan

Belakangan ini saya mengamati banyaknya penawaran yang muncul dari page-page komersial dari facebook. Ada satu fenomena yang baru saya sadari, yaitu indutri kain katun Jepang.

Pertanyaan pertama yang muncul di benak saya adalah, apa ini memang usaha menguntungkan, sampai ramai-ramai orang terjun ke bisnis “kain premium” tersebut.

Sekadar informasi, kain katun Jepang adalah jenis kain impor yang memang berasal dari Jepang. Kelebihan kain ini terletak pada kualitas kainnya, di atas kain katun pada umumnya.

Bahan lebih tebal, sedikit mengkilat dan sangat halus. Sepertinya kain ini punya diferensiasi yang kuat. Wah, pak dokter hebat ya. Kok bisa tahu jenis kain katun Jepang?

Sebenarnnya informasi ini saya dapat dari teman saya yang hobinya bongkar-bongkar google dan bongkar-bongkar lemari anak. Ternyata dia pernah punya baju berbahan katun Jepang.

Dari hasil bongkar-bongkar tadi, ternyata kain ini adalah kain yang terbaik dalam urusan menyerap keringat. Rasanya adem. Yang paling keren lagi, kain ini emang udah dari sononya mempunyai corak yang sangat beragam. Warnanya yang tajam dan cerah membuat kain katun Jepang lebih indah dari kain katun lainnya.

Dan kabarnya, kain ini tetap halus dan cerah warnanya meski berkali-kali dicuci. So pasti kain ini memang punya keawetan dan daya tahan yang tinggi. Nggak bakal ngrepotin pengusaha laundry karena dikomplain pelanggan. Padahal bukan salah laundry-nya. Salah kainnya, ha..ha..ha..

Balik lagi ke pokok bahasan… Oh, jadi ini kelebihan atau manfaat utama dari kain premium katun Jepang. Pantas saja orang berbondong-bondong terjun ke bisnis ini. Banyak konsumen yang puas dengan kain jenis ini. Potensi kain ini layak menjadi inspirasi banyak orang. Beberapa majalah pengusaha pernah mengulas usaha menguntungkan ini.

Dan ternyata, kain katun Jepang ini diolah menjadi berbagai industri berkaitan dengan busana dan perabot rumah tangga. Hasil yang paling populer dari kain katun Jepang adalah sprei premium.

Karena perkembangan sprei premium katun Jepang sangat menguntungkan, kain ini dikembangkan menjadi berbagai model lain. Yang sedang trend saat ini adalah mukena custom serta pakaian wanita dan anak-anak yang terbuat dari kain premium katun Jepang.

Kalau saya lihat, rata-rata para pelaku usaha ini mejual “dagangannya” melalui online, entah lewat social media site atau buat website sendiri. Ternyata langkah ini dapat menyentuh konsumen potensial dari berbagai kawasan. Sampai-sampai mereka bisa mengekspor produknya hingga ke negara tetangga. Pilihan taktik penjualan yang tepat!

Mereka biasanya hanya memberi contoh produk, kemudian berbagai corak dari kain katun jepang di upload hingga calon konsumen bisa memilih sendiri corak untuk busana mereka. Setelah itu, kain premium pilihan mereka dijahit sesuai pesanan.

Dan IMHO, cara ini lebih “ngirit dan efektif” karena produk dibuat berdasar pesanan. Stok barang hanya berupa kain meteran dan tentu saja juga, lebih efektif dalam penyimpanan.

Konsep inilah yang membuat usaha ini menjadi usaha menguntungkan. Operasional usaha menguntungkan ini tergolong rendah. Kain katun Jepang sendiri hanya berharga 25 ribu hingga 40 ribu rupiah per meter. Untuk sebuah sprei berukuran standar saja, mereka rata-rata membandrol dengan harga sekitar 200 ribu.

Sedangkan untuk mukena biasanya dikenakan harga antara 150 ribu hingga 250 ribu rupiah. Jadi, Anda bisa mengantongi keuntungan sekitar 50 ribu hingga 80 ribu per produk.

Untuk pakaian anak, biasanya mereka menjual dengan dengan sekitar 80 ribu hingga 150 ribu rupiah. Keuntungan per stel pakaian sekitar 20-50 ribu. Tapi jangan salah, omset penjualan produk ini justru lebih tinggi dari penjualan sprei dan mukena.

Dari penjelasan di atas, bagaimana menurut pendapat Anda? Apakah bisnis kain katun premuim Jepang ini termasuk usaha  menguntungkan dan menggiurkan? Atau malah sebaliknya?

Tapi yang jelas, modal utama Anda hanyalah kebisaan untuk menjahit dan mendesain busana. Jadi buat Anda yang sudah jago menjahit, tak ada salahnya menjajal usaha ini. Bagi yang belum bisa menjahit, Anda tidak perlu berkecil hati. Banyak tenaga penjahit profesional yang bisa Anda rekrut. Itung-itung Anda menambah lapangan kerja.

Tertarik untuk mencoba usaha yang menguntungkan ini?

(sumber gambar : www.konveksian.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

7 Comments

  1. Neni

    February 11, 2016 at 07:15

    Terimakasih informasinya sangat menarik. Kalau boleh tau dimana ya beli kain katun jepangnya,?
    Terimakasih
    Salam
    Neni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *