Ini Dia Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Santai Tapi Deras Hasilnya


By on May 14, 2013
bisnis-ibu-rumah-tangga

Siapa yang tak ingin menjadi ibu rumah tangga yang punya penghasilan gede tapi tetap bisa sepenuhnya menjalankan fungsinya sebagai ibu rumah tangga. Untuk menemukan ide bisnis ibu rumah tangga itu gampang-gampang susah.

Contohnya, wiraswasta rumahan bimbel calistung. Di situ jelas, Anda bisa menjadi seorang mompreneur tanpa meninggalkan peran utama sebagai ibu rumah tangga. Atau bisnis ibu rumah tangga yang akan saya sharing berikut ini.

Bisnis yang satu ini tidak terlalu memakan waktu dan simpel, poin utama yang paling di suka ibu-ibu. Lha jelas lah… Soalnya kalau memakan waktu dan nggak simpel berarti waktu untuk keluarga jadi sedikit. Iya kan?

Terus bisnis apa itu pak Dokter? Wokeh, saya akan sharingkan. Apa sih masalah ibu-ibu yang paling utama menurut Anda? Harga, dompet, anggaran atau semuanya?

Nah, bicara anggaran, masalah yang ini tak ubahnya seperti penyakit yang tak kunjung sembuh. Mau ibu-ibu senior atau ibu-ibu manten baru, sama saja “hot topic”-nya, duit. Bicara lebih khusus tentang ibu-ibu muda, salah satu masalah yang biasa mereka hadapi adalah jumlah biaya yang harus mereka keluarkan ketika menyambut kehadiran sang jabang bayi, buah kasih mereka.

Jangan salah, biaya untuk bayi ini besar sekali. Padahal Anda tahu, siapa sih orang tua yang nggak ingin memberi yang terbaik untuk anaknya? Mau tahu biaya apa saja yang mahal? Box bayi! Anda perlu menguras dompet hingga jutaan buat beli box bayi yang kuat. Yang murah ada. Tapi sekali box bayi ketekan bapaknya anak-anak yang gendut dikit, rubuh dah.

Kemudian pakaian bayi, stroller alias kereta bayi, seatcar, baby playmat, sampai mainan anak-anak. Pakaian bayi itu kalau Anda hitung lebih mahal dari pakaian dewasa. Nggak percaya? Coba anda bandingkan ukuran pakaian bayi dengan ukuran pakaian dewasa. Buat ukuran segitu, harga yang dipatok ke konsumen sangat mahal. Menurut saya lho. Apalagi kalau bahannya dari kain katun premium Jepang.

Nggak ada habisnya kalau diturutin. Paling hanya nama bayi yang gratis. Itupun jika si orang tua bisa memberi nama bayi dengan arti yang baik. Kalau nggak? Butuh 3 juta buat sewa jasa pembuat nama bayi.

Dari sinilah ide bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan bisa muncul. Ide bisnis apa pak Dokter? Ide bisnis jasa persewaan perlengkapan dan mainan bayi. Ketimbang seorang ibu harus membeli sebuah stroller seharga 700 ribu yang paling hanya terpakai sekitar 3-4 bulan, mending sewa ke Anda. Anda kasih harga hanya 40 ribu rupiah perbulan, 4 bulan cuman 160 ribu rupiah. Bisa irit 540 ribu rupiah kan?

So, saya sangat merekomendasikan bagi para mompreneur yang ingin penghasilan tambahan untuk mempertimbangkan bisnis ini. Tapi ngomong-ngomong, apa kelebihan khusus yang ada pada bisnis ibu rumah tangga yang satu ini? Setidaknya ada 4 kelebihan.

  1. Pasar bisnis ibu rumah tangga jenis ini sangat besar.
    Setiap hari kelahiran selalu terjadi. Artinya setiap hari pasar potensial Anda terus tumbuh. Meski persaingannya lumayan besar terutama jika Anda berada dikota besar, potensi usaha ini masih sangat besar. Nggak percaya? Coba Anda lihat di sekitar Anda, ada berapa orang yang menjalankan usaha ibu rumah tangga seperti ini. Bandingkan dengan usaha laundry!
  2. Tidak sulit melengkapi inventaris.
    Jika Anda pikir usaha ini akan memakan modal besar, Anda tidak sepenuhnya salah. Untuk sebuah box bayi, harga barunya bisa mencapai 1-3 juta. Sedangkan harga sebuah stroller baru, sekitar 500 ribu hingga 1 jutaan. Tapi jika Anda bisa lebih jeli, sekarang muncul pasar perlengkapan bayi second dengan harga murah. Bisa beda hingga 40% dari harga barunya. Nah, untuk melengkapi inventaris Anda, cicil saja satu persatu, jadi tidak berat. Coba kalau Anda buka usaha katering? Tidak semua barang kelengkapannya bisa Anda cicil. Nggak jadi masak ntar kalau beli kompornya bulan depan.
  3. Waktu dan tempat yang leluasa.
    Waktu dan tempat buat usaha ini sangat fleksibel. Anda tidak memerlukan aktivitas kantor yang padat dan hanya sedikit urusan administrasi. Untuk penyimpanan, Anda bisa sulap salah satu kamar di rumah Anda sebagai gudang. Yang perlu Anda lakukan hanya promosi yang optimal. Bisa melalui media online atau pamflet di berbagai RS bersalin hingga di berbagai arena bermain.
  4. Balik modalnya cepat.
    Di atas saya singgung bahwa usaha ibu rumah tangga ini terkadang membutuhkan modal besar. Tetapi Anda jangan kuatir. Balik modal alias payback period-nya bisa cepat sekali. Perhitungan sederhananya seperti ini. Sebuah box bayi second bisa Anda beli dengan harga 800 ribu. Jika box bayi tersebut Anda sewakan dengan harga minimal 100 ribu perbulan, dalam 8 bulan Anda sudah balik modal. Lha kalau sewanya nggak 8 bulan gimana pak Dokter? Saya balik tanya kepada Anda. Emangnya ada bayi yang 8 bulan langsung bisa lari? Nggak kan? Belum kalau dalam hari yang sama, Ada 6 orang relasi Anda habis melahirkan. Dahsyat gan, ha..ha..ha.. So, kemungkinan besarnya box bayi Anda bisa di sewa 8 bulan. Kecuali kalau bayinya bayi superman…

Jadi, bisnis ibu rumah tangga yang sharing di atas memang bukan bisnis yang bisa Anda pandang sebelah mata. Kalau Anda tekuni bisnis rumahan ibu rumah tangga persewaan perlengkapan dan mainan bayi, insya Allah, Anda akan merasakan derasnya keuntungan yang mengalir ke kantong Anda. Yang terpenting, bisnis ibu rumah tangga yang satu ini tidak mengorbankan kewajiban Anda sebagai seorang ibu rumah tangga.

(sumber gambar : wolipop.detik.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *