4 Tips Jitu Jalankan Bisnis Pemula


By on May 16, 2013
bisnis-pemula

Menjalankan bisnis pemula adalah sebuah langkah awal seorang pengusaha dalam perjalanannya membangun bisnis yang besar dan menguntungkan. Artinya, semua pebisnis pasti pernah melalui masa-masa sebagai pelaku bisnis pemula.

Menjadi seorang pelaku bisnis pemula memerlukan seni tersendiri dalam menjalankan usahanya. Para pelaku bisnis pemula kerap kali berhadapan dengan problema-problema dasar dari sebuah usaha.

Namun kemampuan seorang pelaku bisnis pemula dalam mengatasi setiap problema inilah yang akan menjadi landasan kuat baginya untuk menghadapi rintangan berikutnya.

Seorang pebisnis pemula biasanya belum terbiasa dalam menghadapi jatuh bangunnya membangun sebuah usaha yang baru.

Seringkali pelaku bisnis pemula terbentur dengan permasalahan kepercayaan diri atau kecepatan serta ketepatannya dalam bereaksi terhadap sebuah masalah. Semua ini hanya membutuhkan pengalaman, waktu dan kesabaran saja untuk berhasil dan sukses menggapai sebuah tujuan.

Justru proses menuju sukses inilah yang akan menjadi modal besar bagi seorang pelaku bisnis pemula untuk menjadi pengusaha besar. Selain itu, pembelajaran dari para pengusaha sukses yang sudah melewati masa-masa menjadi seorang pelaku bisnis pemula perlu diperhatikan.

Saya jadi teringat petuah bijak seorang pengusaha kelas kakap, “Ciputra and the Gank”. Dalam sebuah seminarnya, beliau pernah berbagi beberapa tips bisnis agar pelaku bisnis pemula bisa sukses.

  1. Pilihlah produk yang khas dan unik.
    Produk yang memiliki ciri khas atau memiliki perbedaan dari produk sejenis akan lebih menarik konsumen. Produk yang unik adalah sebuah daya pikat awal agar calon konsumen mau melihat kemudian mencobanya. Meski begitu, strategi (baca taktik) harga yang Anda kenakan harus Anda perhatikan.
  2. Berikan brand yang menarik.
    Merk dagang atau brand yang menarik adalah merk atau brand yang memiliki unsur keindahan, mudah dikenali sekaligus mudah diingat. Membuat brand tidak berarti Anda harus menjual produk Anda sendiri. Anda bisa saja menjualkan produk pihak lain yang Anda beri merek atau brand sendiri.
  3. Pemasaran yang efektif.
    Dari segi fasilitas, pemasaran dewasa ini jauh lebih mudah dari masa lalu. Sekarang Anda memiliki fasilitas online dan berbagai sarana komunikasi yang jauh lebih baik. Anda harus memanfaatkan fasilitas yang ada untuk memasarkan produk. Bisa melalui web atau media sosial. Pemasaran yang efektif bukan berarti Anda meninggalkan pemasaran cara konvensional. Penjualan melalui keagenan hingga franchise adalah sebuah terobosan dahsyat dalam dunia pemasaran. Cara ini dapat memperluas jangkauan pasar Anda serta bisa mempercepat pengembangan usaha Anda.
  4. Menumbuhkan selalu jiwa pengusaha.
    Jiwa pengusaha disini artinya semua sifat dan kebiasaan seorang pengusaha yang perlu ada dalam diri Anda yang harus Anda tanamkan sedalam mungkin hingga menjadi kepribadian Anda. Jiwa tersebut adalah jiwa untuk tidak mudah menyerah, jiwa untuk cerdik dan gesit, jiwa untuk melihat setiap peluang dan jiwa-jiwa enterpreneur lainnya. 

Selain keempat tips bisnis di atas, pelaku bisnis pemula harus memiliki inovasi. Inovasi identik dengan kreatifitas. Kreatifitas adalah sebuah tiang penting bagi seorang pelaku usaha, terutama jika Anda seorang pebisnis pemula. Jadi latihlah terus kreatifitas dan dan tumbuhkan selalu inovasi dalam diri Anda.

(sumber gambar : cara-wirausaha.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

4 Comments

  1. Saya kecewa

    August 2, 2013 at 17:11

    brengsek ini blog ga ngasi copas, klo bole kan kasi sumber ane, udh sama2 copas lagian bangsat!

    • Om Nip-Nip

      August 27, 2013 at 09:55

      Maaf, siapa yang copas… liat tanggal nya aja gan… karena blog saya banyak di copas tanpa nyebutin sumber, maka saya protect sekarang. Dan komen Anda di sini menunjukkan karakter Anda yang patut dipertanyakan…

      • adin

        May 12, 2014 at 20:02

        tambah lagi dong gan, tips dan trik dari segi pemasarannya secara detail. biar para pemula tidak ketinggalan sama para pengusaha yang sudah maju.:)

  2. porjon

    September 4, 2013 at 22:12

    Terimak kasih tips nya.semangat terus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *