Bingung Cari Inspirasi Usaha? Baca Artikel yang Satu Ini!


By on May 16, 2013
inspirasi-usaha

Pagi ini saya dengar tangisan yang sangat keras dari seorang anak perempuan. Saya baru saja mau mulai untuk menulis sebuah artikel tentang inspirasi usaha.

Penasaran, saya keluar rumah untuk mencari tahu mengapa anak perempuan tersebut menangis keras sekali. Ternyata anak tersebut ingin ikut ayahnya kerja. 

Saya kejar anak tersebut karena sepertinya rumahnya jauh. Kemudian saya bujuk untuk pulang, si anak bersikeras untuk nyusul ayahnya. Akhirnya saya suruh istri saya yang membujuk si anak untuk pulang, akhirnya, baru mau diantar pulang…

So, karena ingat si anak tadi, saya memutuskan untuk menulis insiprasi usaha dari dunia anak. Harap maklum, kadang-kadang ide itu muncul tiba-tiba. Jadi pas lah, lihat anak perempuan nangis, kemudian bikin artikel inpirasi usaha dari dunia anak, ha..ha..ha..

Dunia anak adalah dunia yang sangat menarik. Anda pasti tahu bahwa anak tak pernah lepas dari bermain, tertawa dan terlihat terus menikmati hidup.

Energi mereka seakan-akan tidak pernah habis, terus berlari tanpa beban. Permainan adalah kebutuhan dasar mereka. Tanpa permainan, dunia mereka seakan gelap gulita.

Situasi ini mampu dibaca oleh industri-industri mainan. Mereka menciptakan beragam mainan, mulai dari yang harganya murah hingga mainan yang harganya mahal. Mainan yang berkualitas harganya cenderung selangit. Banyak orang tua yang harus berpikir hingga duapuluh kali untuk membelinya.

Padahal seperti yang Anda tahu, anak dan orangtua adalah sebuah kesatuan jika dilihat dari sudut pandang bisnis. Contohnya, ketika Anda membuka sebuah usaha family resto misalkan, Anda perlu memperhatikan kenyamanan bagi anak-anak mereka.

Jika anak-anak mereka tidak nyaman, otomatis orang tua juga tidak akan merasa nyaman. Maka dari itu, sudah tidak asing lagi banyak family resto yang membuat area bermain masal. Lihat saja di setiap usaha waralaba. Hampir semua usaha waralaba seperti McDonald dan yang sejenis menyediakan tempat bermain bagi anak-anak.

Padahal, tidak sedikit pemilik usaha malas jika harus menyediakan area bermain. Di sinilah letak inspirasi usaha yang akan saya bahas! Anda bisa menyediakan sebuah arena bermain, termasuk urusan penyediaan alat hingga perawatannya. Inspirasi usaha ini mungkin bisa menjawab kebutuhan mereka.

Dari cerita inspirasi usaha di atas, ada dua produk utama dari indutri persewaan mainan anak ini:

  1. Persewaan Mainan Anak Individual
    Contohnya seperti kitchen set toys, dollhouse dan sebagainya.
  2. Persewaan Mainan Massal
    Contohnya adalah trampoline, tree house hingga set play house.

Potensi untuk masing-masing inspirasi usaha mainan di atas sama besarnya, meski masing-masing punya segmentasi pasar yang berbeda. Yang perlu Anda perhatikan adalah biaya investasinya. Biasanya mainan masal jauh lebih mahal dari mainan individu.

Mainan individu tidak memerlukan banyak biaya awal. Contohnya seperti yang saya sebutkan di atas, kitchen set toys. Anda hanya membutuhkan biaya tidak lebih dari 500 ribu rupiah. Anda bisa menyewakannya denga harga 25 ribu rupiah perminggu. Jadi Anda sudah bisa balik modal dalam tempo 5 bulan saja.

Sedangkan untuk mainan masal, modal yang Anda perlukan jauh lebih besar. Sebuah set play house bisa berharga sekitar 3 hingga 8 juta rupiah. Tapi bayangkan, untuk pemakaian sebuah set play house seharga 3,5 juta, Anda bisa sewakan seharga 200 ribu untuk 2 hari pemakaian. Coba Anda hitung, berapa yang anda dapatkan dalam sebulan!

Untuk pemasaran, Anda bisa promosikan bisnis ini pada ke berbagai TK dan PAUD, baik untuk mainan individu atau mainan massal. Kadang ada beberapa TK yang memakai jasa persewaan ini. Solusi lainnya adalah promosi melalui media online atau kerjasama dengan Event Organizer (EO). Untuk EO, biasanya mereka butuh beberapa mainan saat mereka menyelenggarakan acara family gathering dan yang semisalnya.

Untuk detailnya, Anda bisa cari lebih banyak informasi tentang inspirasi usaha di atas di internet. Setelah itu, Anda coba lakukan riset pasar kecil-kecilan. Jika ternyata inspirasi usaha ini memang layak untuk Anda jalankan, segera bikin business plan-nya, hitung dengan detail kapan balik modalnya, cari investor, kemudian jalankan.

Hmmm… seperti cukup pembahasan inspirasi usaha kali ini. Dunia anak adalah dunia bersenang-senang, dan Anda juga bisa menemukan kesenangan Anda sendiri. yaitu kesenangan berupa keuntungan yang luar biasa dari bisnis ini. Anda tertarik menjalankan inspirasi usaha seperti ini?

(sumber gambar : facebook.com/pages/Dunia-Anak-Online)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. mas je

    May 11, 2014 at 23:51

    mantaappp… Artkelnya bagus banget

  2. teja

    November 14, 2015 at 11:53

    Mantap dok…mau request boleh dok? Sekali2 bahas tentang bisnis pendidikan dong dok. Saya minat kesitu tp masih samar2. Suwun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *