5 Nilai Lebih dari Peluang Investasi Emas yang Harus Anda Ketahui


By on May 17, 2013
peluang-investasi

Menurut Anda peluang investasi apa yang yang sedang jadi “Hot Issue” saat ini? Apakah peluang investasi properti, kayu jati atau emas? Jika Anda jawab properti maka jawaban Anda benar. Jika Anda jawab kayu jati, juga benar. Semuanya benar.

Tapi yang akan saya bahas adalah peluang investasi emas. Peluang investasi yang satu ini benar-benar jadi “trending topic” di dunia nyata dan maya. Buka Facebook, ada wall teman lagi bikin status emas.

Obrolan di kantin kantor juga nggak jauh dari soal investasi emas. Kata temen, waktu naik bis tadi pagi dengar kasak-kusuk tentang emas dari penumpang sebelah. Eh… denger-denger ada yang nikahan mas kawinnya emas batangan. Hmmm….. Ada apa dengan emas ya?

Seperti yang Anda tahu, peluang investasi sangat banyak. Segala media yang memiliki tujuan pengembangan nilai uang saya anggap memiliki unsur investasi. Lalu, apakah peluang investasi emas merupakan media yang memiliki unsur tersebut? Bisa ya bisa tidak! Lho kok gitu pak dokter? Panjang penjelasannya. Ada baiknya Anda baca artikel saya mengenai aset dan liabilitas.

Tapi yang jelas, secara grafik emas punya trend harga yang terus naik. Jadi bisa dikatakan emas termasuk media yang memiliki unsur investasi.

Emas sendiri merupakan sebuah logam mulia dengan tingkat permintaan yang cukup tinggi. Tidak hanya di Indoesia. Hampir di seluruh dunia. Sejak masa Mesir kuno hingga sekarang, emas tak ubahnya menjadi identitas sebuah kemewahan, kejayaaan dan kekayaan. Alasan inilah yang menjadi latar belakang tingginya permintaan emas dari masa ke masa.

Perkembangan emas seperti sebuah lingkaran. Emas bergeser dari yang dulunya sekedar perhiasan menjadi simbol kekayaan. Apalagi sejak emas menjadi mata uang yang kemudian berubah menjadi standar mata uang. Sejak itu pula emas menjadi sebuah media untuk investasi.

Nah, keberadaan emas sebagai peluang investasi justru menjadi “dongkrak” yang membuat permintaan emas semakin menjulang. Akibatnya, harga emas terus naik secara stabil dengan cara agresif sekaligus terprediksi. Penurunan harga emas tidak pernah secara signifikan terjadi terhadap kenaikan harga emas tahunannya.

Emas kemudian menjadi sebuah peluang investasi dengan track record yang baik. Harga emas secara umum naik sekitar 15 % pertahun. Melebihi kenaikan inflasi tahunan. Maka dari itu, emas dinilai sebagai sebuah peluang investasi yang aman dan rendah resiko.

Lalu apa nilai lebihnya investasi emas dibandingkan dengan investasi yang lain? Ok, akan saya jelaskan beberapa nilai lebih peluang investasi emas dibandikan peluang investasi yang lainnya. Siapa tahu Anda bisa sukses secara finansial dari peluang investasi emas ini.

  1. Likuiditas Tinggi
    Investasi emas memiliki likuiditas tinggi. Anda bisa menjualnya kapanpun Anda mau. Banyak tempat yang siap menampung penjualan Anda seperti toko emas atau lembaga keuangan lain.
  2. Nilai yang Stabil Naik
    Permintaan emas dipasaran sangat tinggi. Padahal jika Anda ingin mendapatkan emas, biaya dan upaya yang Anda keluarkan tidak kecil. Hal ini mendorong harga emas terus menanjak secara stabil. Harga emas saat ini secara umum akan lebih rendah dari harga emas 3 bulan mendatang. Kenaikan tahunan emas mencapai 15%. Padahal, kenaikan maksimal emas bisa melebihi 20%.
  3. Bebas Pajak
    Emas batangan di Indonesia masuk dalam golongan produk komoditi lokal. Artinya emas termasuk dalam produk bebas pajak. Investasi emas tidak kena pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilan. Bagi Anda yang sudah merasakan “kejamnya pajak”, Anda akan lebih paham mengapa peluang investasi ini lebih menguntungkan.
  4. Mudah Diakses
    Ada begitu banyak lembaga atau pihak swasta yang menyediakan emas untuk Anda beli. Baik secara fisik atau secara administratif. Lembaga-lembaga tersebut dapat Anda jadikan andalan dalam membeli dan menjual emas, dimanapun lokasi Anda berada.
  5. Sebagai Diversifikasi Investasi
    Di era teknologi yang maju seperti sekarang, banyak media investasi yang bermunculan dengan beragam karakter dan sistem. Ada yang memiliki resiko besar, ada juga yang beresiko kecil. Cara paling bijak dalam berinvestasi adalah menggunakan banyak keranjang dalam berinvestasi. Padukan berbagai investasi berdasar tingkat resiko dan pengembalian. Dan emas, menurut hemat saya, bisa Anda jadikan pilihan untuk berinvestasi dengan resiko yang rendah.

Akhir kata, peluang investasi emas bukannya sebuah peluang investasi tanpa sisi negatif. Juga bukanlah sebuah peluang investasi yang sama sekali bebas resiko. Jadi saran saya, pahami betul sistem dan karakternya sebelum Anda terjun untuk mengambil keuntungan dari investasi emas batangan.

(sumber gambar : askmisstrader.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. Heri Kusdianto

    May 19, 2013 at 21:08

    Tulisannya sangat mencerahkan… Terimakasih Pak Dokter… Saat ini emas sedang turun drastis, apakah ini saat yang tepat untuk membeli? Tp ada juga kabar yang mengatakan harga emas masih akan turun, jadi bikin ragu untuk membeli sekarang… Kapan saat yang tepat untuk membeli emas?

    • Om Nip-Nip

      May 21, 2013 at 07:22

      ha..ha..ha.. pak mastah Heri bisa ajah… bukannya kalau saya ngajarin sampeyan sama saja “nguyahi segoro”, hohoho…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *