Mencari Uang “Kaget” dari Momen Lebaran

By on May 19, 2013

mencari uang kaget dari momen lebaran

Mencari Uang “Kaget” dari Momen Lebaran

Hmm… sekarang sudah bulan Mei ya? 2,5 bulan lagi sudah masuk bulan puasa. Dan seperti biasanya, momen menjelang lebaran adalah momen buat mencari uang. Nggak buat semua orang sih… Tapi mayoritas. Podo wae yo, ha..ha..ha.. Padahal idealnya, bulan puasa itu bulan yang paling pas buat meningkatakan ibadah.

Tapi mau gimana lagi… waktu-waktu menjelang lebaran memang selalu dibarengi dengan tingginya tingkat belanja. Yang penting bagi Anda yang beragama Islam, jangan lupakan tujuan utama di bulan Ramadhan, ibadah.

Ok kita lanjutkan. Saya jadi ingat kakak saya yang hobinya bisnis kuliner, buat roti kering. Pesanannya banyak. Dari instansi, dari personal, pokoke uakeh lah. Buat nyediain tamu-tamu yang datang. Kayaknya kok nggak afdol kalau meja tamu nggak ada kue lebarannya. Sampai mblenger dah…

Nah, mumpung masih jauh dari bulan puasa, saya akan bahas potensi mencari uang dari jualan kue lebaran. Seperti yang saya katakan tadi, pada momen lebaran, kue kering ini berubah “statusnya” dari kebutuhan sekunder menjadi kebutuhan pokok.

Ini adalah momentum yang tepat bagi Anda yang ingin mencari uang. Saya punya teman, dia cerita kalau temannya bisa mengantongi untung 5 juta rupiah dari jualan roti kering tiap lebaran. Padahal, usaha kue lebarannya cuma kecil-kecilan. Nah, kalau Anda juga berniat untuk mencari uang “kaget” di bulan lebaran, saya akan berikan beberapa tips bisnis kuliner ringan seputar cara mencari uang dengan berjualan kue lebaran.

Pertama, target pasar yang akan Anda bidik. Bahasa gampangnya, kemana kue lebaran tersebut akan Anda jual. Ada berbagai varian dan kualitas kue lebaran. Dari yang biasa sampai yang mewah. Mewah di sini berarti kue yang bahan bakunya lebih berkualitas dari bahan yang biasa. Otomatis harganya juga mahal. Tapi jangan kuatir, bahan baku yang berkualitas memberi rasa yang jauh lebih enak.

Karena bahan bakunya mahal, Anda harus jual dengan harga yang mahal pula. Artinya Anda harus membidik pasar kelas menengah keatas. Kalau Anda buat kue lebaran yang bahan bakunya murah, maka target pasar Anda adalah kalangan menengah kebawah. Klasik, tapi banyak orang yang lupa akan kaidah dasar pemasaran ini.

Kemudian kita bicara modal dan perlengkapan. Yang Anda perlukan untuk memulai usaha kue lebaran ini adalah :

  • 1 Buah Oven : Rp. 500.000,00
  • 1 Buah Mixer : Rp. 500.000,00
  • 1 Buah Loyang : Rp. 200.000,00
  • 1 Buah Timbangan : Rp. 200.000,00
  • Bahan baku : Rp. 2.000.000,00
  • 17 Lusin Toples Plastik : Rp. 350.000,00
  • Listrik dan Air : Rp. 300.000,00

Total modal yang harus Anda keluarkan adalah Rp. 4.150.000,00.

Sekarang, bicara masalah keuntungan. Dari angka di atas, Anda bisa buat hingga 200 toples kue. Untuk tiap jenis kue yang dibuat, secara umum biayanya saya anggap sama. Jika Anda bisa jual dengan harga 30 ribu per toples, maka omset Anda adalah 6 juta rupiah. Jika Anda kurangi omset Anda tadi dengan biaya pokok, Anda sudah untung 3,25 juta rupiah. Tentunya Anda harus paham bahwa oven dan kawan-kawannya akan menjadi aset Anda, bukan termasuk biaya produksi.

Ngomong-ngomong, pak dokter kok tau perhitungannya? Ngarang ya? Enak aja. Hitungan ini saya dapat dari temannya teman saya yang bisa dapat 5 juta rupiah tadi. Jadi asumsinya mendekati kebenaran lah. Kecuali kalau temennya temen saya tadi bo’ong, lha… meneketehek, ha..ha..ha..

Setelah saya jabarkan potensi mencari uang dari kue lebaran di atas, Anda bisa melihat kan seberapa besar keuntungannya? Tinggal satu yang jadi masalah. Yaitu bagaimana ya caranya agar semua toples tersebut dapat Anda jual? 200 toples itu kan bukan jumlah yang kecil?

Gampang, baca saja semua tips saya tentang strategi pemasaran. Setelah itu praktekkan dan serahkan hasilnya kepada Alloh Azza wa Jalla. Kan memang gitu afdolnya. Ikat dulu untanya, baru tawakal. Lalui dulu prosesnya, baru terima dengan ikhlas hasilnya.

Ups… kayaknya udah panjang banget dongeng saya tentang mencari uang dengan berjualan kue lebaran. Saya cukupkan dulu ya, penjelasan saya tentang cara mencari uang. So, selamat mencari uang tambahan ^_^…

(sumber gambar : sb-free.blogspot.com)

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. riskha

    June 1, 2013 at 09:57

    bener banget, saya sekarng juga udah memulainya dengan bisnis parcel lebaran. lumayan hasilnya buat jajan ponakan-ponakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>