Don't Miss

6 Kiat Efektif Buka Usaha Dagang Warung Sembako

By on May 20, 2013

6 kiat sukses buka usaha dagang warung sembako

6 Kiat Sukses Buka Usaha Dagang Warung Sembako

Sudah baca artikel saya tentang 7 hal yang harus anda hindari jika buka toko klontong? Kalau sudah, sekarang saya akan bahas 5 tips sukses usaha dagang sembako. Usaha dagang sembako? Gak salah tuh? Eh, jangan salah! Siapa bilang Anda tidak bisa sukses “hanya” dengan membuka usaha dagang sembako.

Usaha dagang sembako punya potensi yang tidak kalah besar dengan usaha lainnya. Banyak orang yang bisa kaya raya dari usaha dagang sembako. Alasannya sederhana saja, siapa yang tidak butuh usaha toko sembako dibuka di dekat rumahnya?

Saya yakin semua orang merasa nyaman jika di dekat rumahnya ada toko sembako. Kecuali kalau yang dibuka di sebelahnya rumah Anda kandang ayam broiler, baru Anda protes tiap hari…

Berkat usaha dagang sembako ini kapanpun Anda butuh mie instant atau di saat beras Anda habis, Anda bisa “ngabur” sebentar ke toko sembako sebelah. Lalu pertanyaan yang muncul, bagaimana sih cara jitu supaya usaha dagang sembako ini sukses? Ada 5 tips yang akan saya bagi. Semoga tips ini bisa menjawab pertanyaan Anda seputar kiat sukses buka usaha toko sembako.

Bai the wai, tips ini saya dapat dari kenalannya teman saya benar-benar sukses dari usaha dagang kelontong lho? Jadi tips ini “real”, sudah dibuktikan oleh para ahlinya.

  1. Siap Modal Besar
    Usaha toko sembako adalah usaha dagang yang padat modal. Rata-rata barang dagangannya harus Anda bayar di muka. Padahal Anda tahu, toko sembako harus lengkap isinya. Kalau bisa apa saja ada. Jadi Anda jangan heran kalau pemilik toko sembako selalu sibuk dengan pelanggannya, juga sibuk dengan ngurusin utang.
  2. Lokasi Toko
    Untuk yang satu ini, saya boleh bilang ini syarat terpenting. Siapa yang mau beli di toko sembako Anda kalau letak toko warung sembako Anda dipojokan jalan depan kuburan? Upayakan Anda mendapat lokasi yang strategis. Di pinggir jalan, di pasar, atau malah di daerah dekat dengan pemukiman. Kemudian pasang papan reklame besar-besar. Tapi jangan buka di dekat grosir sembako tempat kulakan Anda ya, wkwkwkwkwk…
  3. Lengkapi Isinya
    Salah satu kelebihan yang menonjol dari toko sembako langganan saya yang dulu adalah saya bisa mendapatkan apa saja yang saya butuhkan. Mulai dari jajan anak, kebutuhan dapur, telur hingga minyak curah. Pokoknya apa saja ada.  Makanya di poin pertama saya katakan modal Anda harus besar.
  4. Selektif Dalam Membeli
    Meski di atas saya katakan bahwa Anda harus melengkapi dagangan Anda, bukan berarti semua barang Anda beli. Anda juga harus pandai memilih. Salah-salah barang Anda cuman menuh-menuhin toko. Jadi perhatikan kebutuhan pasar konsumen Anda. Bagaimana pola konsumsi mereka dan bagaimana selera mereka. Jika Anda jualan di kawasan ekonomi menengah kebawah, jangan coba-coba jual bahan makanan yang terlalu mahal. Walaupun penawaran produk Anda bagus, jangan harap barang Anda laku. Bahan makanan pasti ada tanggal kadaluarsanya. Lewat tanggal kadaluarsa barang tersebut belum laku karena terlalu mahal, nyahoo dah…
  5. Komunikatif dan Peka Terhadap Kebutuhan Pasar
    Konsumen jelas suka kalau Anda melayaninya dengan ramah. Semua orang tahu. Itu sifatnya mutlak. Tapi lebih dari sekedar itu, cobalah komunikatif dengan konsumen Anda. Dari sini Anda akan tahu apa yang mereka butuhkan. Cobalah untuk Anda penuhi. Selain itu, Anda juga harus peka dengan momen-momen tertentu. Misalnya menjelang hari lebaran, Anda bisa menjual sirup atau soft drink lebih banyak dari biasanya. Atau jualan kupat mungkin, xixixixixi…
  6. Buka Lebih Panjang
    Keunggulan lain yang cukup mencolok dari warung sembako langganan adalah buka dari jam pagi 6 sampai jam 10 malam. Wow, panjang amat! Tapi justru hal itu yang semua pembeli lari ke toko dia. Bahkan banyak pembeli yang tinggalnya jauh ari toko sembakonya belinya di toko tersebut. Soalnya sudah pasti buka, lengkap lagi.

Masih banyak kiat-kiat sukses usaha dagang warung sembako lainnya. Anda bisa tanya-tanya ke orang yang sudah sukses menjalankan usaha dagang sembako ini atau browsing di internet. Siapa tahu ada situs lain yang mengupas tips jitu usaha dagang sembako. Atau mungkin Anda sendiri yang punya tips sukses? Silahkan dibagi…

(sumber gambar : acerain.blogspot.com)

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

4 Comments

  1. token pln

    September 1, 2013 at 21:32

    sayang artikel y udah bagus ,, namun setelah membaca artikel tersebut saya tidak menemukan berapa minimal dana untuk membuka usaha warung sembako .

  2. amran soripada A.md

    November 14, 2013 at 01:40

    bagaimana cara biar usaha saya lancr karna modal saya sedikit dan persaingan sangat berat..

    • P3nO

      November 14, 2013 at 10:43

      @Amran : usahanya apa mas?

  3. distributor beras hitam

    September 1, 2014 at 20:43

    nice info gan… sangat bermanfaat
    salam dari distributor beras merah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>