Menguak Legitnya Bisnis Kuliner Kue Fancy Mochi


By on May 21, 2013
menguak legitnya bisnis kuliner kue fancy mochi

Bisnis kuliner… jenis usaha yang nggak ada habis-habisnya. Pada doyan makan kan? Sama… Pasti hobinya mencoba jajanan baru. Benar? Lagi-lagi sama! Maka dari itu Anda jangan heran kalau hampir setiap saat selalu saja muncul inovasi baru dalam bisnis kuliner.

Kalau begitu, setuju nggak kalau sekarang kita obrolin bisnis kuliner saja? Setuju? Oke. kalau Anda setuju, teruskan membaca. Kalau tidak, silahkan baca artikel saya yang lainnya di arsip lengkap artikel Dokter Bisnis. ūüôā

Kue fancy mochi… Bingung makanan dari planet mana ya. Sudah tahu kan seperti apa kue fancy mochi? Belum? Kalau belum saya jelaskan. Begini, kata fancy disini berarti fantastis. Kalau dari segi produk, biasanya berarti wujud produk yang menarik dari sisi penampilan.

Kalau mochi, adalah kue yang asalnya asli dari Tiongkok. Mungkin pertama kali dulu mereka pernah mengenalkannya ke penduduk asli Indonesia. Kemudian diadaptasi di Indonesia, dan sekarang kue ini malah jadi makanan tradisional khas daerah Sukabumi dan Semarang.

Kemudian muncullah inovasi-inovasi produk dari para pengusaha-pengusaha kreatif bisnis kuliner. Trend produk fancy (baca : lucu-lucu) juga merembet ke kue mochi. Mungkin biar kue mochi ini cantik buat dilihat. 

Apalagi sebelumnya kue mochi ini identik dengan makanan tradisional. Jadi inovasi baru dalam bisnis kuliner kue mochi ini justru mengubah image kue mochi ini menjadi makanan mewah dan gaul. Bagi Anda yang belum tahu apa saja inovasi yang dilakukan dalam bisnis kuliner kue mochi ini, saya akan paparkan beberapa di antaranya.

  1. Membuat tampilan kue mochi menjadi lebih ‚Äúeye catchy‚ÄĚ dengan warna-warni cerah disertai bentuk berbeda.
  2. Memberi isi yang lebih bervariasi pada kue mochi. Biasanya kue mochi ini diisi dengan adonan kacang tanah. Sekarang malah ada mochi yang isiannya es krim.
  3. Mengemas kue mochi dalam wadah cantik yang bahkan sangat cocok buat bingkisan dan hadiah.
  4. Menjual kue mochi dengan outlet yang desain dan warnanya tak kalah “fancy” dari kue mochinya.

Nah, dalam membuat usaha bisnis kuliner kue mochi ini, ada beberapa rincian biaya yang perlu Anda siapkan.

Modal awal :

  • Gerobak yang sudah Anda modifikasi : Rp. 2.500.000,00
  • Kompor dan tabung gas : Rp. 500.000,00
  • Peralatan memasak : Rp. 350.000,00
  • Total biaya : Rp. 3.350.000,00

Biaya harian :

  • Bahan baku : Rp. 150.000,00
  • Bahan toping dan isi : Rp. 85.000,00
  • Kemasan : Rp. 100.000,00
  • Total biaya : 335.000 x 30 hari = Rp. 10.050.000,00

Biaya lainnya :

  • Tenaga kerja bulanan : Rp. 450.000,00
  • Sewa tempat di Indomaret : Rp. 300.000,00
  • Penyusutan Rp. 70.000,00

Total biaya keseluruhan : Rp. 10.870.000,00

Asumsi Keuntungan :

  • Pemasukan 250 buah x Rp 2.000 x 30 hari = Rp. 15.000.000,00
  • Keuntungan yang akan Anda dapatkan : Rp. 15.000.000,00 – Rp. 10.870.000,00 = Rp. 4.130.000,00

Kalaupun Anda hanya mampu menjual dengan harga Rp 1.800,00 per biji, bisnis kuliner kue mochi Anda tetap akan menghasilkan keuntungan sebesar Rp 2.630.000,00. Hasil yang lumayan kan, buat bisnis kuliner kue mochi yang imut ini? Apalagi kalau Anda mampu membuka cabang atau membuat bisnis kuliner kue mochi Anda menjadi sebuah franchise misalkan. Tentu hasil dari bisnis kuliner kue mochi Anda bisa berkali kali-lipat. Persis seperti waralaba Cemal Cemil.

Nah, biasanya yang tertarik dengan bisnis kuliner kue fancy mochi ini adalah kaum perempuan. Para mompreneur. Mungkin karena sudah dari “sononya”, wanita itu tertarik dengan memasak dan yang berbau ke-fancyfancy-an. Tapi menurut saya sih tergantung Anda. Kalau ternyata Anda seorang pria, nggak ada salahnya juga untuk terjun di bisnis kuliner kue mochi fancy ini.

Dan kalau Anda tidak cocok dengan konsep fancy karena terasa kurang “maskulin”, Anda bisa saja membuat inovasi baru yang berbeda untuk bisnis kuliner kue mochi ini. Seperti membentuk kue mochi mirip dengan senjata sub machine gun jenis P90 misalkan. Anda pasti akan kerepotan membuat cetakannya. Bisa-bisa jari Anda jadi kriting, wkwkwkwkwk…

(sumber gambar : massapeel.wordpress.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. atang

    February 14, 2014 at 12:47

    tolong infonya yg bisa menyuplay mochi tuk daerah banten. thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *