Don't Miss

5 Tips Sederhana Tapi Efektif Buat Menjalankan Usaha Rumahan

By on May 23, 2013

5 tips sederhana tapi efektif dalam menjalankan usaha rumahan

5 Tips Sederhana Tapi Efektif dalam Menjalankan Usaha Rumahan

Baru cari artikel tentang usaha rumahan ya? “Kok tahu dok?” Ya tahu lah… Lha itu sampeyan datang ke blog saya, ho..ho..ho.. Tapi emang banyak banget orang yang tertarik usaha rumahan. 

Apalagi ibu-ibu rumah tangga. Biasanya suka banget jalanin usaha rumahan. Ngebantuin suami buat nambah-nambah pemasukan sekaligus bisa mengasuh anak, beres-beres rumah plus nemanin suami nyeruput teh “nasigitelpet” di sore hari. Nikmat nian… Benar-benar bisnis yang paling di suka para mompreneur.

Tahu “nasgitelpet” kan? Panas legit kentel tur sepet… itu artinya. Favorit saya tuh. Ada nggak di kota Anda teh yang panas, legit, kental dan ada sepet-sepetnya? Pasti nggak ada kecuali di Jogja, ha..ha..ha..

Lanjut… Usaha rumahan ini banyak macamnya. Cuman yang sering jadi pertanyaan adalah, gimana ya tips atau trik biar bisa sukses di usaha rumahan? Ini jawabanya…

  1. Buat manajemen waktu yang baik.
    Poin ini adalah titik paling penting dalam usaha rumahan. Tanpa manajemen waktu yang baik, usaha rumahan Anda justru akan kacau karena bertabrakan dengan tugas “domestik” Anda. Jadi aturlah waktu sedemikian rupa antara waktu untuk pekerjaan, waktu bermain bersama anak serta waktu menemani suami atau istri Anda. Jangan sampai ada porsi yang tidak seimbang. Pilihlah waktu yang paling nyaman dan “bebas gangguan” saat Anda bekerja.
  2. Komunikasikan sistem kerja Anda dengan keluarga.
    Poin ini penting untuk Anda cermati dalam menjalankan usaha rumahan. Keluarga perlu tahu, kapan waktu-waktu Anda bekerja. Sampaikan bahwa di waktu-waktu tersebut Anda tidak bisa diganggu. Tidak ada salahnya Anda memilih waktu yang netral seperti bekerja di waktu anak-anak sekolah.
  3. Disiplin dalam manajemen keuangan.
    Salah satu kesalahan fatal dalam usaha rumahan adalah menyatukan keuangan rumah tangga dengan keuangan usaha. Anda harus memisahkannya. Anda perlu paham bahwa dana rumah tangga bersifat dana konsumsi atau liabilitas sedangkan dana usaha bersifat aset. Buat 2 rekening dan pisahkan rekening usaha rumahan dengan rekening penghasilan utama. Lakukan pembukuan yang baik dan pahami bagaimana cara membaca laporan keuangan. Jika Anda perlu melakukan pengambilan dana, ambilah tidak lebih dari 1/3 total dana. Pengambilan berlebihan bisa menggerus modal dan memperlambat usaha Anda.
  4. Pilih bidang usaha yang Anda minati dan diminati.
    Apapun usaha rumahan Anda, lakukan dengan hati. Caranya, pilih bisnis rumahan yang memang Anda sukai. Memilih usaha yang memang Anda minati bisa membangun hasrat dalam diri Anda untuk tetap semangat bekerja. Anda harus tahu bahwa di usaha rumahan, godaan untuk tidak bekerja justru sangat tinggi. Anda tidak punya bos yang selalu mengawasi pekerjaan Anda. Maka dari itu, “bensin” untuk Anda agar tiap hari semangat bekerja layaknya orang “kantoran” adalah kecintaan Anda terhadap usaha yang Anda geluti. Tapi ingat, Anda harus perhatikan minat pasar. Jalankan usaha rumahan yang memang punya pasar baik sehingga  Anda tidak perlu susah-susah untuk menjual.
  5. Bangun selalu motivasi dan suasana kerja Anda.
    Salah satu kunci usaha rumahan adalah motivasi. Saya sudah jelaskan di atas bawah situasi kerja yang santai, tidak adanya tekanan pihak ketiga dan situasi yang homy kadang membuat Anda menjadi terbawa suasana. Muncullah rasa malas-malasan dan ini sangat berbahaya. Hindari kerja tanpa mempersiapkan diri, seperti belum mandi dan masih memakai kostum tidur. Hindari juga kerja di atas kasur Anda. Lebih baik lagi jika Anda memiliki ruangan kerja ang terpisah. Satu tips penting yang harus Anda lakukan adalah bangkitkan terus motivasi dengan memvisualisasikan target-target Anda. Impian dan sikap Anda sangat menentukan sukses tidaknya bisnis Anda.

Anda mau menambahkan tips usaha rumahan di atas?

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>