Ini Dia Ide Bisnis Modal Kecil dari Limbah Kayu


By on May 23, 2013
ini dia ide bisnis modal kecil dari limbah kayu

Salah satu kerajinan yang paling sering menarik perhatian ketika seseorang datang ke pameran handycraft adalah puzzle kayu dengan berbagai macam bentuk. Tampilannya memang menarik. Anda bisa melihat unsur estetika dalam tampilan puzzle ini. Usut punya usut, ternyata puzzle kayu ini bisa menjadi sebuah ide bisnis modal kecil dengan hasil yang luar biasa.

Kok bisa pak dokter? Saya juga heran kok bisa. Kok malah nanya saya, wkwkwkwkwk… Balik lagi ke mode serius! Puzzle Kajeng, begitu nama puzzle ini. Ide bisnis modal kecil ini adalah hasil kreatifitas seseorang bernama Mandar Utomo.

Aslinya mas Mandar, sebutan saya untuk beliau, adalah pengrajin kayu di kota Jogja. Tipe bisnis klasik yang sering ditekuni warga Jogja. Tapi gara-gara penjualan kerajinan kayunya agak seret, mas Mandar putar otak untuk cari produk lain yang bisa mendongkrak pasar. Jadilah puzzle kayu ini. Wow… Koprol dah gua !!

Tapi siapa sangka puzzle Kajeng ini sudah tersebar di berbagai negara. Amerika, Kanada, Australia serta beberapa negara Eropa telah jadi “korbannya”. Penjualannya hingga 40 ribu pcs setiap bulan! Omsetnya, nggak kurang dari 1 sampai 2 milyar setahun! Wow… koprol lagi dah gua!!

Padahal, usaha ini berangkat dari ide bisnis modal kecil. Bagaimana tidak, modal awalnya hanya 425 ribu rupiah. Buat beli kompresor tambal ban aja nggak cukup… Dengan modal nekad, pada tahun 1994 mas Mandar membuat beberapa puzzle (waktu itu masih sederhana) dari limbah kayu jati sisa mebel.

Kemudian puzzle tersebut ia jual di kaki lima malioboro. Kayaknya saya inget banget tuh sekitar, 20 tahunan yang lalu, saya memang pernah liat puzzle serupa dijajakan di kaki lima Malioboro.

Sepertinya perkembangan ide bisnis modal kecil mas Mandar berjalan suangaaaat lambat sekali. Berjalan dari tahun ke tahun dengan hasil yang masih ala kadarnya, tiba-tiba “mak bedondog”, ada seorang turis dari Perancis yang tertarik dan pesan hingga 1000 pcs.

Berkat penjualan ini, puzzle dapet promosi gratis dari turis Perancis ini. Dan nggak pakai lama, kemudian pesanan datang silih berganti. Mulai dari Denmark, Belanda hingga akhirnya tembus Amerika. Wow… untuk kali ketiga koprol lagi gan !!

Itulah pentingnya kreatifitas dan inovasi dalam usaha. Kalau mas Mandar nggak punya kreatifitas dan inovasi, mana bisa usaha puzzle Kajeng ini bisa lahir dan berkembang sebesar sekarang. Padahal kalau Anda lihat, sekilas bisnis puzzle ini terkesan remeh dan tidak potensial. Bandingkan dengan bisnis rental mobil yang terkesan “wow”! (nggak pake koprol kali ini)

Sudah gitu bahan baku puzzle ini full dari limbah kayu jati lagi. Anda tahu kayu jati kan? Kayu jati itu terkenal kayu yang mahal. Kalau para investor kawakan bilang, investasi kayu jati itu sama saja dengan berkebun emas. Tapi yang namanya limbah ya tetap limbah.

Eniwei, ada alasannya mengapa mas Mandar pakai bahan baku kayu jati. Kayu jenis ini sangat cocok buat dipakai sebagai bahan baku puzzle. Kayu ini mudah dibentuk tapi kuat dan awet. Lagipula dengan memakai kayu jati, ada kesan puzzle menjadi lebih mewah dan bagus. Jati kan memang terkenal dengan galur kayunya yang cantik.

Tapi ya itu tadi… Bukan mas Mandar kalau nggak kreatif dan inovatif. Kayu jati tersebut ia ambil dari limbah kayu jati industri mebel di kota Demak, Jepara dan Klaten. Ngirit boo… Benar-benar sebuah ide bisnis modal kecil!!

Hanya saja kata beliau penjualan untuk pasar lokal masih sangat terbatas. Penyebabnya adalah konsumen lokal lebih menyukai produk mainan edukatif beraneka warna dari plastik. Tapi mas Mandar tetap optimis, dengan usaha dan kegigihan tinggi, puzzle Kajeng akan mampu mendapat tempat di hati para konsumen lokal, minimal di kotanya sendiri.

Itu tadi sedikit cerita tentang ide bisnis modal kecil dari limbah kayu. Memang tidak mudah untuk mengembangkan usaha dari modal yang benar-benar kecil hingga beromset milyaran seperti puzzle Kajeng ini. Tapi tidak ada yang mustahil kan?

So harapan saya, minimal dengan membaca cerita ini, optimisme Anda tumbuh untuk mencari ide-ide bisnis modal kecil lainnya. Siapa tahu dengan ide usaha modal kecil Anda, saya akhirnya bilang untuk yang keempat kali… “Wow, koprol lagi…!!”

(sumber gambar : twitter.com/Puzzle)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *