Adakah Peluang Usaha Tanpa Modal? Temukan Jawabannya Di sini !!


By on May 24, 2013
adakah peluang usaha tanpa modal temukan jawabannya di sini

Membahas peluang usaha tanpa modal identik dengan memahami dengan benar “pilar-pilar utama” dalam membangun sebuah usaha. Dan menurut hemat saya, pilar utama dalam membangun usaha ada dua. Yang pertama adalah impian, yang kedua adalah sikap. Tanpa keduanya, Anda hanyalah seorang pemimpi.

Apa itu impian dan apa itu sikap? Impian adalah sesuatu yang Anda inginkan dan terus Anda kejar dengan sepenuh tenaga. Sikap adalah semua tindakan dan pikiran Anda dalam meraih impian tersebut. Impian tanpa dibarengi dengan sikap yang baik, sama saja bohong. Sikap yang baik tanpa diiringi dengan impian yang benar, juga nol, tak terarah jadinya.

Impian dengan mimpi berbeda. Mimpi, Anda hanya menginginkan sesuatu tanpa adanya tindakan dan sikap yang positif. Impian, adalah cita-cita Anda dibarengi dengan sikap yang tepat. Lalu, apa kaitannya antara impian dan sikap tadi dengan peluang usaha tanpa modal?

Secara teori bahkan pada prakteknya, peluang usaha tanpa modal hampir mustahil untuk Anda dapatkan. Realistis saja, yang namanya bisnis, sekecil apapun, pasti butuh modal.

Bisnis internet, Anda butuh modal buat beli hosting, beli domain dan beli tetek bengeknya. MLM? Apalagi. Anda harus beli produknya, beli tiket buat datang ke pertemuannya, beli kaset dan bukunya, macam-macam… Usaha tambal ban? Anda harus beli kompresor beserta peralatan bengkelnya. Semua usaha butuh modal!

Tapi secara tidak sadar, titik inilah banyak orang yang terjebak. Dikarenakan hampir setiap orang tahu bahwa usaha itu butuh modal, segala pikiran dan tindakan mereka terobsesi dengan “modal”. Ujung-ujungnya, mereka berpendapat bahwa modal lah penghambat langkah mereka untuk maju.

Dan sepanjang saya bergelut dengan dunia bisnis, saya menemui banyak sekali orang yang bersikap demikian. Terpaku dengan modal hingga akhirnya mereka tidak pernah pergi kemana-mana kecuali hanya duduk di depan garasi mobil mereka.

Pernah suatu saat saya sedang antri untuk isi BBM di SPBU, saya tak sengaja mendengar beberapa karyawan SPBU tersebut asyik berbincang-bincang. Topiknya adalah sebuah peluang usaha.

Salah satu karyawan tersebut mengutarakan kepada teman-temannya bahwa ia sudah punya sebuah ide bisnis yang menguntungkan. Terlihat sepertinya ia sudah bosan jadi karyawan. Dengan semangat berapi-api, ia menjabarkan dengan detail langkah dan rencana-rencana bisnisnya.

Begitu pembicaraan mereka masuk pada topik modal, ia sedikit tertegun dan kemudian berkata, “Nah itu dia. Saya belum punya modal. Nanti lah kalau modal saya sudah banyak, saya baru akan memulai bisnis ini.” See…? Modal dan modal lagi…

Dunia maya pun demikian. Melakukan riset keyword atau kata kunci adalah hal yang biasa bagi para pebisnis online. Bagi yang suka blogging, riset keyword adalah hal yang selalu dilakukan untuk mengetahui topik terhangat tentang apa yang paling dicari oleh para pembaca. Saya pun demikian.

Saat saya mencari kata kunci untuk tema artikel saya yang terbaru, betapa terkejutnya saya !! Kata kunci “tanpa modal, bisnis gratis, usaha tanpa modal, online bisnis tanpa modal, bisnis tanpa modal online, bisnis gratis online dan peluang usaha tanpa modal” ternyata termasuk peringkat pertama daftar pencarian.

Padahal, seperti yang telah saya utarakan di atas, tidak ada bisnis yang tidak mengeluarkan modal. Sekecil apapun bisnis itu! Tidakkah logika dan hati kecil Anda juga berkata demikian?

So, jika Anda ternyata termasuk orang-orang yang terus mencari peluang usaha tanpa modal dan terobsesi dengannya, dengan beribu-ribu maaf saya katakan, mata hati Anda sudah “mati”… Tertutup dengan kabut hitam paling gelap yang muncul dari kalbu Anda sendiri! Dan Anda… tidak akan dan tidak akan pernah menemukan peluang usaha tanpa modal, sampai kapanpun!

Tapi jika Anda termasuk orang-orang yang tidak terfokus dengan kendala modal, tidak pernah “bermasalah” dengan modal, tidak pernah browsing di internet untuk mencari usaha tanpa modal bahkan tidak meyakini bahwa peluang usaha tanpa modal itu ada dengan terus berjuang melawan “badai dan rintangan” yang menerpa bisnis Anda, selamat !! Anda sudah mendapatkan dan menjalani sebuah peluang usaha tanpa modal !! Karena sesungguhnya, peluang usaha tanpa modal itu terletak pada impian dan sikap Anda… 

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

8 Comments

  1. ewp

    June 3, 2013 at 17:46

    lanjuuuuut!!!!

    • Om Nip-Nip

      June 3, 2013 at 19:38

      woh… mas eko tekan keneh… wkwkwkwkwkwk…

  2. eko wahyudi

    December 18, 2014 at 16:38

    sopo kie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *