Ini Dia 6 Bisnis Mahasiswa yang Bisa Buat Usaha Sampingan


By on May 27, 2013
ini dia 6 bisnis mahasiswa yang bisa buat usaha sampingan

Belakangan ini mahasiswa terlihat semakin kreatif dan cerdik. Minat enterpreneur-nya juga makin tinggi. Banyak bisnis mahasiswa yang bertebaran. Universitas tempat mereka kuliah pun juga nggak mau kalah. Mereka semakin galak menggencarkan dunia kewirausahaan. “Pengusaha masuk kampus”, kayaknya pas buat dijadiin jargon.

Jadi cocok sudah tema artikel saya kali ini, jenis-jenis bisnis mahasiswa. Apa saja bisnis mahasiswa yang “hot prospek”? Silahkan baca hingga tuntas artikel ini… Ok, langsung ke pembahasan.

Bisnis mahasiswa biasanya memiliki karakter yang serupa dengan dunia kerja bagi mahasiswa. Mereka tetap bisa menjalankan bisnis tetapi tidak begitu mengikat waktunya, karena kewajiban utama mereka adalah kuliah.

Selain karakter yang serupa, bisnis mahasiswa juga harus termasuk jenis bisnis yang rendah modal. Atau kalau bisa, bisnis tanpa modal. Karena umumnya, kondisi keuangan mahasiswa cenderung terbatas dan bergantung pada kiriman orang tua.

Selain itu, biasanya bisnis mahasiswa berbentuk kongsi atau kelompok. Cara ini menguntungkan dari dua sisi. Yaitu sisi berbagi tugas, karena mereka rata-rata tidak bisa full time, terbentur dengan jadwal kuliahnya dan sisi permodalan, karena dengan beberapa orang terlibat, mereka bisa patungan.

Meski sifatnya masih sampingan, banyak mahasiswa yang akhirnya menjalankan bisnis mahasiswa nya dengan serius. Mereka tetap agresif dalam merebut pasar. Dan kadang, faktor kemahasiswaannya yang membuat mereka lebih gesit, inovatif, pioner dan biasanya mampu menciptakan hubungan yang kuat dengan konsumen mereka.

Nah, apa saja bisnis mahasiswa yang sesuai dengan karakter seperti yang saya sebutkan di atas? Ini dia…

  1. Counter Pulsa
    Jenis bisnis mahasiswa ini tergolong modal kecil. Perputarannya juga cepat. Jadi keuntungan juga mudah didapat, karena produk dari bisnis mahasiswa jenis ini mudah terjual. Nggak ribet mikir strategi pemasarannya. Cukup bermodal lokasi yang strategis dengan aset berupa HP dan deposit tak lebih dari 3 -5 jutaan, Anda sudah punya usaha counter pulsa yang menguntungkan.
  2. Bisnis Online
    Ini yang paling asyik buat dijalankan oleh para mahasiswa. Cuman dengan buat blog padat artikel, para mahasiswa sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Bisa dari adsense, affiliate marketing bahkan online store dengan dagangan barang “milik tetangga”. Waktunya, fleksibel banget !! Kapan saja dan jam berapa saja mereka mau kerja, bisa… Mau sambil tiduran di kamar kost juga bisa. Yang penting ada laptop plus koneksi internet, jadi dah bisnis online Anda.
  3. Jasa Desain, Sablon dan Percetakan
    Bisnis mahasiswa yang ini ternyata cukup populer lho… Banyak mahasiswa yang tertarik di dunia ini. Mereka bisa dan hobi dengan mendesain poster, baliho, kartu nama hingga cetak nota. Modal yang dikeluarkan juga nggak banyak-banyak amat. Cukup punya 1 ruangan seluas kamar kos standar plus mesin sablon dan 1 unit komputer lengkap dengan printernya, bisnis mahasiswa ini sudah bisa Anda jalankan.
  4. Jual Barang Murah dan Barang Seken
    Dunia mahasiswa biasanya selalu terbiasa dengan duit mepet. Jadi mereka biasa untuk nyari barang atau warung makan yang murah. Jadi jangan heran kalau mereka hapal mana toko yang murah mana toko yang mahal. Selain itu, mereka hobi banget cari “Barkas”… Barang bekas alias barang seken. Ini sebuah nilai lebih yang tidak dimiliki semua orang. Dengan kelebihan itu, mahasiswa bisa jualan barang seken, barang-barang yang langka atau barang-barang dengan harga murah. Jadi jangan salah… salah satu strategi marketing yang paling populer di kalangan pebisnis adalah “memotong jalur distribusi” supaya margin keuntungannya tinggi. Efeknya, harga jual barangnya jadi murah. So, pas banget buat mempraktekan taktik promosi yang jitu. Saya punya teman yang sejak mahasiswa hingga sekarang hobi banget cari barang murah. Untuk beli pulsa saja, dia puterin counter satu Jogja. Gile dah… Sekarang, dia punya bisnis jualan handphone second dan antik yang cukup sukses. Mulai dari handphone nokia “sejuta umat” hingga samsung yang tahan dimasukin ke frezzer dia punya. Lapaknya, cukup di kaskus… ngirit tapi efektif. Mau tahu siapa dia? Namanya cukup membahana dan terkenal buat para agan-agan kaskuser. Andi Men, sang supervisi JSI, ha..ha..ha..
  5. Usaha Laundry
    Nah, kalau bisnis yang ini adalah bisnis mahasiswa “sejuta umat”. Soalnya, usaha ini paling banyak digelutin mahasiswa, bisnis laundry. Kadang si mahasiswa itu sendiri juga sering pakai jasa laundry mereka. Habisnya mereka males nyuci. Kesibukan mahasiswa dengan jadwal kuliah dan organisasi ditambah jadwal kongkow yang membuat mereka kehabisan waktu membuat mereka nggak sempat menjalankan “tugas domestik” mereka, cuci baju. Silahkan Anda hitung, berapa persen mahasiswa yang sempat cuci baju. Jelas pasarnya sangat besar. Bahkan kalau mereka nggak sempat dan nggak punya duit buat nglaundry, mending dipakai side A side B daripada cuci sendiri, wkwkwkwkwkwk…
  6. Outlet Jus Buah
    Yang ini juga banyak peminatnya. Mahasiswa paling doyan jajan.Salah satu yang digemari mahasiswa selain warung indomie telur adalah jus buah. Bikin outlet jus buah nggak begitu ribet. Pesan gerobaknya, sewa tempat kecil di lingkungan yang banyak kost-kostan, jadi dah usaha jus buah. Kalau nggak sempat jaga, cari pegawai yang handal.

Sebenarnya masih banyak tipe bisnis mahasiswa yang berpotensi. Bisa jasa terjemahan, jasa olah data, warung indomie seperti yang saya sebutkan di atas dan sebagainya. Yang terpenting, jangan gampang menyerah, atur waktu dan seriusi bisnis mahasiswa tersebut. Sukur-sukur Anda lulus langsung jadi enterpreneur sejati, nggak nglamar pekerjaan tapi malah membuka lapangan kerja…

(sumber gambar : kabarnesia.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

6 Comments

  1. BisnisUKM.com

    October 2, 2013 at 15:26

    Selain dimanfaatkan sebagai ajang untuk menyalurkan hobi pribadi, merintis bisnis sejak di bangku kuliah bisa memperkuat pondasi usaha yang hendak digeluti.
    Berbekal ilmu pengetahuan di bangku perkuliahan dan daya kreativitas yang dimiliki kalangan mahasiswa, tak ada salahnya bila kini Anda turut membangun perekonomian Indonesia dengan menciptakan peluang bisnis mahasiswa, saatnya kaum muda yang berkarya.
    thanks gan infonya.

  2. r

    October 6, 2013 at 23:02

    mantap infonya

  3. kerja sampingan

    March 30, 2014 at 22:21

    perlu dicoba juga mas untuk belajar bisnis online

  4. sippost

    September 7, 2014 at 17:56

    nice infonya om

  5. Pipin.S

    November 25, 2014 at 18:48

    mksh infonya bermanfaat bgt. tp ada gak bisnis yg modalnya lebih ringan tp keuntungannya besar. mksh 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *