5 Jenis Kerja Sampingan yang Cocok Buat Mahasiswa

5 Jenis Kerja Sampingan yang Cocok Buat Mahasiswa

5 Jenis Kerja Sampingan yang Cocok Buat Mahasiswa

Dari dulu sampai sekarang keluhan mahasiswa nggak ganti-ganti, uang saku kurang. Kecuali yang tajir, ho..ho..ho.. Jadinya banyak mahasiswa yang “looking 4 job”, cari kerja sampingan. Apalagi di jaman sekarang. Tuntutan “hidup” jadi mahasiswa tambah berat.

Bukan cuman masalah makanan yang makin mahal. Harga kamar kost, buku hingga biaya kuliah yang “tak terduga” makin meroket. Pokoknya apa-apa sekarang mahal. Jadilah para mahasiswa nyambi jadi karyawan.

Bai the wai… sebenarnya kerja sampingan bukan tema yang pas buat blog dokter bisnis. Maklum, ulasan di sini lebih mengarahkan Anda untuk menjadi seorang wirausahawan. Bukan karyawan. Tapi bukannya tanpa alasan kali ini saya mengulas tema tentang kerja sampingan.

Kerja sampingan khususnya bagi mahasiswa bisa mendidik mereka untuk lebih mandiri dan siap menghadapi “kerasnya kehidupan” setelah lulus kuliah. Selain itu, proses kemandirian saat mahasiswa memutuskan untuk kerja sampingan bisa menjadi langkah awal atau batu loncatan menuju “level yang selanjutnya”… Seorang enterpreneur sejati.

Sukur-sukur mereka tidak berlama-lama menjalani proses kerja sampingan. Langsung memutuskan untuk menjalankan bisnis mahasiswa. Tentunya mereka juga harus meng-upgrade ilmunya dari “ilmu kerja” menjadi “ilmu bisnis”.

Nah, alasan inilah yang membuat saya tergerak untuk menulis artikel tentang kerja sampingan. Dan sekali lagi, saya mengkhususkan kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa…

  1. Kerja di lembaga kursus.
    Kerja sampingan ini tidak perlu jadi guru atau sekolah di jurusan pendidikan. Banyak lembaga-lembaga pendidikan untuk anak SD dan SMP yang membutuhkan tentor untuk mengajar pelajaran-pelajaran tertentu semisal matematika. Modal Anda hanyala kemampuan untuk menjelaskan dengan bahasa yang paling sederhana dan yang terpenting, kesabaran Anda.
  2. Operator warnet.
    Menjamurnya usaha warnet menyebabkan karyawan posisi o
    perator warnet selalu diburu. Kerja sampingan ini juga merupakan pilihan kerja sampingan yang banyak dicari para mahasiswa. Selain fleksibel dan lowongan karyawan yang dibutuhkan kebanyakan untuk mahasiswa, alasan utama memilih kerja sampingan ini adalah “ngenet gratis”. Tidak ada skill khusus untuk tipe pekerjaan sampingan ini. Yang penting Anda jujur, ramah serta tahan ngantuk, ha..ha..ha..
  3. Jadi asisten dosen.
    Bagi Anda yang “merasa” mahasiswa, Anda akan mendaftar kerja sampingan ini dari dosen Anda. Lumayan… selain dapat tambahan uang, Anda juga bisa mengasah ilmu Anda. Dulu saya juga pernah jadi “As-Dos”. Banyak manfaat yang saya dapat saat menjadi “As-Dos”, walaupun ternyata yang saya asistenin ada yamg lebih pintar dari saya, wkwkwkwkwk… Untung dia nggak ngerti jualan di internet. Bisa-bisa dikuasai semua ma dia…
  4. Kerja di perusahaan jasa pengetikan dan terjemahan.
    Buat Anda yang lumayan jago bahasa asing, kerja sampingan di perusahaan jasa penerjemah lumayan menjanjikan. Sekarang banyak banget dosen yang hobi kasih literatur asing sebagai bahan kuliah. Jelas tidak semua mahasiswa piawai dalam bahasa asing, meski cuman bahasa Inggris. Biasanya perusahaan jasa ini juga buka usaha fotocopy sekaligus menerima jasa pengetikan. Jadi Anda bisa sekalian belajar ngetik 10 jari, bukan 11 jari…
  5. Kerja online.
    Daripada koneksi internet Anda habiskan buat maen Facebook, Twitter dan sejenisnya, coba deh Anda pakai untuk hal yang lebih produktif. Anda bisa search di “mbah google” apa saja lowongan kerja sampingan online yang bisa Anda lakukan. Anda akan kaget bahwa di online, jasa seperti penulis lepas, data entry, hingga pay per click sangat banyak dibutuhkan dengan penghasilan yang cukup menggiurkan. Apalagi kalau kemudian Anda memutuskan untuk terjun langsung di bisnis online.

Masih banyak lagi kerja sampingan yang cukup potensial bagi mahasiswa. Mungkin lain waktu bisa kita lanjutkan lagi pembahasan tentang informasi seputar kerja sampingan untuk mahasiswa ini. Dan sekali lagi saya ingatkan, jangan lupa, setelah Anda dapat kerja sampingan, upgrade lah  ilmu Anda dari ilmu kerja menjadi ilmu bisnis.

Jadikan kerja sampingan sebagai batu loncatan Anda untuk menuju seorang enterpreneur sejati. Karena disitulah “pintu awal” yang harus Anda buka untuk mencapai gerbang kesuksesan finansial

(sumber gambar : www.andisetiawan.com)

Advertisement

5 Jenis Kerja Sampingan yang Cocok Buat Mahasiswa

3 Comments

  1. terima kasih gan, jadi punya niat kerja sampingan nih ..

Leave a Comment

5 Jenis Kerja Sampingan yang Cocok Buat Mahasiswa