9 Tips Agar Anda Bisa Efektif Bekerja dari Rumah


By on June 1, 2013
9 Tips Agar Anda Bisa Efektif Bekerja dari Rumah

Belakangan ini saya sering mengulas tentang usaha rumahan, bisnis rumahan, kerja online dari rumah atau bekerja dari rumah. Maklum, tema ini banyak peminatnya, termasuk saya. Lha ini, saya sekarang juga lagi bekerja dari rumah… Ngetik artikel bisnis buat blog saya, ha..ha..ha..

Seperti yang pernah saya bahas di beberapa artikel saya lalu, bisnis yang tipenya bekerja dari rumah ini variannya sangat banyak. Potensinya juga bermacam-macam. Dari yang potensinya hanga sebagai penghasil uang tambahan hingga yang bisa buat Anda jadi jutawan.

Tapi untuk sukses dalam menjalankan pilihan bekerja dari rumah ini, Anda harus mampu bekerja se-efisien saat Anda bekerja dalam kantor, jika Anda saat ini memang masi bekerja. Masalahnya terletak pada suasana yang homy ketika Anda bekerja dari rumah.

Bisa menjadi berkah bagi Anda tapi juga bisa menjadi penghambat buat Anda. Seperti pisau bermata dua. “Kok bisa…?” Bisalah… Suasana nyaman dan relax saat kerja justru akan membunuh etos kerja Anda, membuat Anda terlalu santai dan meninabobokan Anda dari target-target yang telah Anda canangkan.

Nah, menurut majalah bisnis online Inc. ada 9 cara agar Anda bisa efektif saat bekerja dari rumah. Sebenarnya saya sempat menyinggung beberapa tips yang ada hubungannya dengan artikel kali ini. Tapi berhubung informasi majalah Inc. lebih spesifik, jadi gatel lagi buat nge-share. Anda siap? Wokeh, ini dia…

  1. Stop multitasking.
    Konon katanya multitasking ini salah satu kekuatan wanita. Tapi kadang multitasking juga menjadi penyakit para wanita. Garap kerjaan sambil momong anak plus masak nasi, akhirnya pekerjaan intinya jadi prioritas ke sepuluh. Solusinya, fokus pada satu tugas dan lakukan perencanaan harian supaya aktifitas Anda tiap harinya terjadwal dengan baik.
  2. Matikan semua jaringan networking.
    Ini penyakit yang susah ngilanginnya. Ketika Anda sedang berhadapan dengan pekerjaan Anda, mengaktifkan facebook, twitter dan BBM Anda hanya akan membagi-bagi perhatian dan menghilangkan fokus utama Anda. Saran saya, matikan semuanya ketika Anda sedang bekerja dari rumah.
  3. Pakai komputer kerja.
    Maksud dari poin ini adalah jangan berganti-ganti PC atau laptop ketika bekerja. Yang paling sering adalah laptop. Jangan bertukar laptop dengan pasangan atau rekan kerja. Maksimalkan fungsi komputer Anda dengan segala software pendukung. Satu lagi, saat bekerja dengan komputer yang terhubung dengan internet, berhati-hatilah dengan phising.
  4. Minta waktu dengan keluarga.
    Saya pernah membahas masalah ini di artikel sebelumnya. Saya ulangi penekanannya, Anda perlu fokus dalam pekerjaan Anda. Dan bekerja dari rumah di saat keributan karena anak Anda sedang asyik bercanda adalah problem yang sangat berbahaya! Mintalah kepada keluarga agar Anda punya waktu khusus untuk bekerja dari rumah.
  5. Cari waktu yang tepat.
    Masih ada kaitannya dengan poin keempat, dalam satu hari pasti ada waktu dimana keluarga Anda sedang berada dalam kesibukan mereka masing-masing. Pada saat itulah Anda memulai untuk bekerja dari rumah. Ini soal pengaturan waktu dan kedisiplinan. Nggak gampang memang. Tapi Anda harus tetap memecahkannya.
  6. Suasana yang berbeda.
    Kadang berkerja dari rumah terus-menerus bisa membuat Anda “boring”. Adakalanya Anda mencoba suasana berbeda, seperti di taman atau di luar ruangan yang hawanya sejuk. Penyegaran ini bisa membantu Anda untuk me-refresh pikiran Anda dan kembali fokus.
  7. Siapkan ruangan kerja.
    Lagi-lagi ini sudah pernah saya bahas sebelumnya. Ide bekerja dari rumah pada dasarnya adalah wacana agar Anda bisa santai, selalu bersama dengan keluarga Anda dan bisa bekerja kapan saja. Tapi ketika Anda membutuhkan konsentrasi tinggi guna menyelesaikan target-target Anda, maka semua hal itu akan menjauhkan Anda dari efisiensi. Jadi siapkan ruangan atau setidaknya sudut kerja yang nyaman dan jauh dari gangguan. Anda tidak harus setiap saat “mojok” disana. Lakukan hanya ketika Anda butuh waktu untuk konsentrasi.
  8. Mandi dan berpakaian.
    Ini dia salah satu “dongeng nikmat” yang ering didengungkan orang soal bekerja dari rumah. Anda bisa bekerja bahkan ketika Anda masih menggunakan piyama Anda. Masalahnya, kondisi seperti ini justru membuat Anda angin-anginan. Jadi mandi dan berpakaianlah. Hindari nikmatnya “bau kasur”!! Hal itu akan membunuh kinerja Anda.
  9. Buat goal setting.
    Ketika Anda bertemu dengan “big project”, bekerja dari rumah bisa membuat Anda untuk susah untuk tetap fokus dan konstan dalam waktu yang lama. Jadi buatlah goal setting. Anda akan merasa “terkejar-kejar” setiap saat. Goal setting ini yang akan mengganti bos Anda buat menggebrak-gebrak Anda, memberikan Anda spirit kemenangan serta “mengawasi” pekerjaan Anda.

Seperti yang tadi saya katakan, lebih detil kan info tentang kerja di rumah yang saya share kali ini? Silahkan Anda modifikasi 9 tips bekerja dari rumah di atas sesuai dengan situasi dan kondisi Anda. Semoga sukses… ^_^

(sumber gambar : itsmeade.wordpress.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. arif

    October 6, 2013 at 15:10

    alhamdulillah. lagi nyari inspirasi ni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *