Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan Versi James De Julio – DAHSYAT !!


By on June 1, 2013
Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan Versi James De Julio - DAHSYAT !!

Masa sudah bergeser… Jaman doeloe, untuk “mempraktekkan ilmu” tentang cara meningkatkan kinerja karyawan, seorang wira usaha membutuhkan kantor. Tapi sekarang, banyak cara meningkatkan kinerja karyawan tanpa menggunakan kantor.

Lalu bagaimana operasional usaha bisa berjalan kalau tanpa kantor? Kan buat meeting, kasih materi produk baru, menyemangati karyawan yang baru melempem atau penjabaran strategi pemasaran baru butuh kantor?

Belum tentu! Ada cara meningkatkan kinerja karyawan model baru yang dahsyat. Pertama, rekrut karyawan Anda secara virtual. Kedua, buka lowongan di internet. Ketiga, tes secara online dan tarik mereka sebagai karyawan Anda secara virtual. Anda bisa mendapatkan semua potensi yang Anda butuhkan tanpa batasan wilayah.

Tapi pertanyaan yang keempat, gimana caranya memperkerjakan karyawan yang orangnya nggak keliatan di depan mata? Ntar kerjanya amburadul! Salah-salah malah banyak keluar biaya yang percuma karena kinerja orang-orang virtual tersebut yang angin-anginan?

Nah, saya sempet baca salah satu artikel dari temen saya yang baca di majalah online bisnis tentang cara meningkatkan kinerja karyawan secara virtual. Eh, masih ingat kan apa yang saya bilang tempo dulu? Anda harus rajin baca majalah bisnis supaya skill dan wawasan Anda terus berkembang? Pasti lupa… Apa justru malah keranjingan baca majalah-majalah bisnis, he..he..he..?

Okay, kali ini saya akan infokan wawancara sebuah majalah online. Inc dengan seorang wira usaha virtual kelas kakap. Namanya James De Julio, pemilik Tongal. Usahanya bergerak pada jasa penyedia video publik untuk kepentingan pemasaran atau publikasi.

Kliennya nggak main-main. Perusahaan kelas kakap macam Coca-Cola, Google, Ford, Lego, NASA dan sebagainya pernah dia tangani. Tongal sendiri memiliki pekerja virtual dari seantero dunia dengan jumlah nggak kurang dari 2000 karyawan. Dan hebatnya, wira usaha Tongal ini hanya menggunakan sebuah ruang sebagi administrasi karena seluruh pekerjaan utama dilakukan di lapangan oleh para karyawan virtualnya.

Ok, saya bagikan saja yah info tentang tips cara meningkatkan kinerja karyawan virtual ini berdasarkan pengalaman beliau. Eniwei, beliau ini sudah menjalankan cara meningkatkan kinerja karyawan virtual sejak tahun 2008 lho. Dan terbukti omsetnya meledak. Jadi saya pikir cara meningkatkan kinerja karyawan ala beliau ini sudah handal, terbukti dan sedikit banyak bisa ditiru. Nah, ini dia tips jitu cara meningkatkan kinerja karyawan ala James De Julio.

  1. Menciptakan suasana kerja yang enjoy.
    Jika Anda mengira upah yang tinggi selalu mampu menjadi motor utama penggerak kinerja karyawan, maka Anda salah. Seperti halnya kantor biasa, suasana yang nyaman, penuh tantangan sekaligus asyik selalu memberi pengaruh positif pada kinerja. Terapkan prinsip serupa pada jiwa wira usaha virtual Anda. Lemparkan tantangan demi tantangan kelapangan dan ciptakan hubungan yang asyik antara Anda dengan karyawan Anda dan antar karyawan itu sendiri.
  2. Berikan kebebasan sekaligus batasan.
    Karyawan yang bekerja dalam dunia virtual adalah mereka yang nyaman dengan kebebasan, bebas untuk menentukan cara kerjanya, bebas memilih konsep dan sebagainya. Tentukan batasan dan lepas karyawan virtual Anda untuk menentukan langkah mereka di lapangan. Proses ada ditangan mereka dan Anda hanya memberi mereka target.
  3. Rekruit karyawan yang sudah pernah bekerja secara online / virtual.
    Mereka yang sudah berpengalaman dengan cara kerja online biasanya sudah tahu cara-cara mensiasati berbagai kendala yang bisa mereka hadapi sebagai pekerja online. Tapi jika situasi memaksa Anda memperkerjakan mereka yang belum berpengalaman dengan kerja virtual, maka rekruitlah mereka yang bekerja bukan sekedar karena alasan ekonomi. Tapi mereka yang memiliki hasrat untuk menemukan sesuatu yang baru dan berbeda, mereka yang memiliki hasrat dengan dunia industri dimana Anda bergerak (silahkan baca artikel saya tentang tips merekrut karyawan).
  4. Berikan penghargaan atas kesinambungan.
    Reward adalah bentuk lain dari penghargaan atas kinerja karyawan. Baik wira usaha konvensional ataupun wira usaha usaha virtual, Anda membutuhkan daya dorong untuk membuat karyawan Anda terus menerus bekerja dalam target. Anda tidak memiliki kuasa untuk mengontrol mereka secara langsung, jadi cara jitu disini adalah memancing mereka dengan reward untuk terus bekerja dalam kesinambungan.

Keempat tips tadi memang hanya gambaran umum. Untuk mengadopsi tips-tips tadi dalam usaha Anda, perlu ada penyesuaian dengan jens usaha Anda. Tapi dengan gambaran umum di atas, setidaknya Anda yang ingin jadi wira usaha virtual punya sebuah pandangan baru bagi manajemen bisnis Anda.

Tapi ngomong-ngomong, saya sudah punya beberapa pekerja virtual lho… Asli nggak bo’ong… Cuman buat menerapkan tips cara meningkatkan kinerja karyawan versi James De Julio perlu waktu kayaknya, ha..ha..ha..

(sumber gambar : www.lowongansoloraya.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. budi

    April 1, 2014 at 16:01

    Alhamdulillah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *