Kepuasan Konsumen Anda, Jaminan Langgengnya Bisnis Anda


By on June 1, 2013
Kepuasan Konsumen Anda, Jaminan Langgengnya Bisnis Anda

Tahukan Anda bahwa pelanggan diciptakan dari pelayanan yang berkualitas? Dan tahukah Anda bahwa indikator pelayanan yang berkualitas dinilai dari tingkat kepuasan konsumen Anda? Tanpa keberadaan pelanggan, usaha yang Anda bangun tidak akan berarti. It’s true…

Anda bisa lihat, berapa banyak perusahaan yang hancur gara-gara mereka kehilangan konsumen. Di level usaha yang lebih kecil semisal toko kelontong, “rumus” di atas juga berlaku. Banyak warung kelontong atau grosir sembako yang tutup gara-gara mereka tidak menjaga kepuasan konsumen. Mereka tidak paham apa arti pentingnya strategi kepuasan konsumen.

Yang mereka pikirkan adalah, bagaimana barang mereka terjual dan mereka tidak rugi. Contohnya nggak usah ribet-ribet. Kalau Anda misalkan, beli telur di sebuah toko kelontong kemudian Anda mendapati telur tersebut busuk, apa yang Anda lakukan? Atau Anda mau beli camilan tapi yang jual juteknya minta ampun. Apa yang Anda lakukan?

Pelayanan yang berkualitas adalah proses yang terintegrasi mulai dari produksi hingga produk atau jasa Anda tersebut digunakan oleh konsumen. Di sinilah letak kepuasan konsumen diuji. So, perhatikan 3 hal penting di bawah ini tentang bagaimana cara memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

  1. Excellent Product (Produk yang Prima dan Berkualitas)
    Dalam proses pembuatan produk, semua produk diharapkan menjadi produk dambaan pelanggan. Dalam memrosesnyapun, Anda harus selalu mengutamakan keinginan end user (pengguna akhir). Produk yang berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan mereka adalah poin penentu keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Adalah “bullshit” jika produk atau jasa yang Anda produksi tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen. Sebagus apapun pelayanan Anda, mereka tidak akan melakukan repeat order lagi.
  2. Excellent Delivery (Pengantaran yang Prima dan Baik)
    Setelah produk jadi, sistem distribusi yang baik sangat diperlukan. Bagaimana pelanggan Anda dapat dengan mudah mendapatkan produk yang mereka inginkan adalah sebuah hal yang teramat sangat penting. Anda pasti jengkel kan kalau beli produk lewat internet tapi nggak sampai-sampai barangnya? Saya jadi ingat bisnis distributor deterjen saya yang sudah bangkrut. Waktu itu kami mempunyai produk yang lebih bagus dari deterjen yang ada di pasaran. Masalahnya, begitu mereka menginginkan kembali produk kami tersebut, mereka tidak menemukannya di toko tempat mereka biasa membeli kebutuhan rumah tangga. Walhasil, mereka kembali menggunakan detergen lain yang terpasang manis di toko kesayangan mereka…
  3. Excellent Service Mindset (Pola pikir SDM dalam Pelayanan)
    Sumber daya manusia dalam sebuah usaha sangat penting. Usaha yang maju adalah usaha yang mempunyai sumber daya manusia yang handal dan profesional. Contoh kasus, Anda punya SDM berupa tim penjualan, yang merupakan ujung tombak usaha Anda. Bayangkan jika ternyata tim penjualan Anda tersebut tidak mampu menerangkan dengan jelas produk atau jasa. Saat ditanya, mereka hanya bisa bilang ee..uu..aa… duaarrr. Konsumen Anda akan lari, walaupun produk atau jasa Anda sebagus produk Eropa dibungkus dengan kemasan yang sempurna

Jadi, dalam pelayanan yang mengutamakan kepuasan konsumen, pola pikir Anda berperan penting dalam penciptaan pelanggan dan meraih keuntungan. Anda harus membentuk pola pikir Anda bahwa semua bagian dalam sebuah bisnis harus berorientasi kepada pelanggan. Semuanya bertujuan untuk kepuasan konsumen. Mulai dari pembuatan produk, pengantaran, pemasaran hingga produk atau jasa Anda sampai ke tangan konsumen.

Tiga hal terintegrasi di atas tidak dapat dipisahkan dalam dunia usaha. Jika Anda ingin maju dan mampu bersaing dalam dunia usaha, semua elemen di bisnis Anda harus melakukan semua ini dengan benar, sesuai dengan hukum pelayanan. Apa itu?

Yaitu menanam benih yang baik, memelihara serta merawatnya sehingga produk atau jasa Anda adalah produk atau jasa yang benar-benar dicari oleh pelanggan. Ingat, faktor kepuasan konsumen Anda menentukan lama tidaknya bisnis Anda berjalan. Dan bagusnya indikator kepuasan konsumen Anda didapat dari pelayanan yang berkualitas. Sekali kepuasan konsumen Anda kecewakan, seterusnya mereka tidak akan percaya dengan Anda.

(sumber gambar : konsultankarir.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *