Kisah Wirausaha Sukses Bermodal Hanya 20 Ribu Rupiah !!


By on June 1, 2013
Kisah Wirausaha Sukses Bermodal Hanya 20 Ribu Rupiah !!

Siapa sangka wirausaha sukses ini kini berjaya dengan omset ratusan juta perbulan. Padahal modal awalnya hanya 20 ribu rupiah. Rasanya mustahil ya? Saya juga pas baca nggak percaya. Kaget… Makanya saya muat ulang disini, biar bisa jadi inspirasi bisnis bagi Anda

Namanya Bapak Mochamad Taufiq. Beliau memulai usaha keramik pada tahun 1990. Pada saat itu modalnya hanya 20 ribu saja. Awalnya beliau hanya membeli keramik jadi dari produsen yang ada, lalu dia cat sendiri. Beliau menciptakan positioning yang cukup inovatif di jamannya, yaitu memakai cat kendaraan untuk menghasilkan pewarnaan yang jauh lebih tajam dan lebih menarik.

Ide bisnis kreatif ini beliau dapat ketika melihat warna-warna keramik waktu itu cenderung suram dan makin lama makin pudar. Munculah ide mencari pewarna keramik yang bisa memberi warna lebih kuat dan tahan lama alias awet. Setelah mengamati cat pada kendaraan, beliau iseng mencobanya pada keramik dan ternyata hasilnya jauh lebih bagus.

Dari modal sekecil itu, beliau menawarkan produknya ke konsumen. Ternyata sedikit demi sedikit produk keramik beliau mulai mendapatkan banyak peminat. Kemudian, dalam satu tahun bapak Mochamad Taufiq ini mulai bisa mengumpulkan modal. Saking pengennya mengumpulkan modal yang banyak, beliau rela bekerja 24 jam penuh demi memenuhi permintaan

Dari modal yang ia kumpulkan dalam setahun inilah, beliau mulai full untuk menjajaki dunia keramik dengan memproduksi keramik buatannya sendiri. Awalnya, beliau merekrut karyawan hanya tiga orang. Kemudian beliau berhasil membuka pasar hingga ke Kalimantan dan Sumatra sekaligus.

Lama-kelamaan, beliau menemukan sistem penjualan yang jauh lebih efektif. Daripada menjualnya langsung dan capek untuk promo kesana kesini, beliau memilih menjadi supplier 5 buah toko besar di kawasan pusat keramik Purwakarta. Usaha penjualan langsung pun beliau hentikan.

Ternyata ini bukan ide buruk. Dari cara baru ini, beliau benar-benar menjadi seorang wirausaha sukses di kota Purwakarta. Dalam satu bulan, beliau bisa menghasilkan omset 150 juta rupiah. Dari omset ini, beliau bisa mendapatkan margin dari harga jual produk setidaknya 30%. Anda bisa hitung kan berapa keuntungan beliau dalam satu bulan?

Saat ini, beliau sudah mampu merekrut 25 karyawan. Kebutuhan bahan bakunya hingga 2 ton tanah liat dalam sebulan. Sebenarnya beberapa tahun yang lalu usaha beliau lebih besar dari sekarang. Saat itu beliau sudah memiliki 4 buah pabrik. Tapi karena kondisi keluarga, beliau terpaksa menjual 2 pabriknya.

Tapi yang namanya usaha pasti bukannya tanpa kendala. Seperti sayur tanpa garam. Beliau berulang kali menghadapi banyak rintangan. Mulai dari usaha penjualan, mecari toko yang bersedia menjadi penampung hingga persoalan dengan pemerintah daerah.

Beberapa waktu lalu sempat usaha beliau terbentur dengan masalah tuduhan pengerusakan lingkungan. Tapi setelah beberapa kali pembicaraan dan perbaikan sistem produksinya, usaha beliau kembali mendapat lampu hijau. Yang lebih parah, beliau pernah mendapat beberapa tindakan pemerasan. Wah, repot ya…

Tapi itulah pengusaha. Pantang mundur dan menyerah walau rintangan menghadang. So, bagi Anda yang baru memulai bisnis dan menemui ribuan masalah, jangan pernah berhenti. Terus berinovasi dan berusaha keras. Saya berharap semoga kisah wirausaha sukses ini bisa menginspirasi Anda untuk melahirkan ide-ide bisnis yang bisa membuat Anda bisa menjadi Mochamad Taufiq – Mochamad Taufiq berikutnya.

(sumber gambar : www.ideaonline.co.id)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. Eli Rusmawar

    November 12, 2015 at 01:09

    Untuk seorang wirausaha tidak ada yang mustahil, bahkan jika bermodalkan seribu pun pasti bisa berhasil.

  2. berwirausaha.net

    July 20, 2016 at 17:11

    Saya usaha jual beli hp aja modal 200 bisa untung 300 ribu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *